ANALYSIS OF SAMSAT SERVICES TO COMPULSORY OF MOTOR VEHICLES TAXPAYERS (Empirical Study In Karanganyar District)

Christiana Putri Ratnasari, Lilis Sulisyani

Abstract


This study aims to analyze the effect of Tax Access, Facilities, Complain Center and Website to Taxpayer Compliance In Karanganyar District. The population in this study are all Motor Vehicle Taxpayers registered in Karanganyar District. Sampling technique using random sampling technique with the number of samples of 100 respondents. Analytical techniques consist of Validity Test, Reliability Test, Multicolinearity Test, Autocorrelation Test, Heteroscedasticity Test, Normality Test, Multiple Linear Analysis, T test, F Test, and Coefficient of Determination. Hypothesis Test Result proves that Access Taxes, Facilities, Complaint Center, and Website have positive and significant impact to Taxpayer Compliance. F test results prove that Tax Access, Facilities, Complaint Center, and Website together have a significant effect on Taxpayer Compliance. The result of determination test (R2) proves that the overall influence given by independent variable to the dependent variable is 31.3% while the rest of 68,7% is influenced by variable or other model not included in this research.

Keyword: Tax Access, Facilities, Complain Center and Website, Taxpayer Compliance


Full Text:

PDF

References


Agung, Gregorius. 2000. Membuat Homepage Interaktif Dengan CGI/Perl, Jakarta, PT. Elex Media Koputindo.

Agung, Kurniawan. 2005. Transformasi Pelayanan Publik, Yogyakarta, Pembaharuan.

Amelia, Stephanie. 2016. Pengaruh Akses Pajak, Fasilitas, Sosialisasi Perpajakan, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. JOM Fekon Vol. 3 No. 1 (Februari) 2016. Pekanbaru, Universitas Riau.

Arianto, Sam, 2012. Sahabat Bersama : Pengertian Fasilitas Belajar, (Online), http://sobatbaru.blogspot.com.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. 2005. Metode Penelitian, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Amirin, Tatang M. 2011. “Populasi dan sampel penelitian 4: Ukuran sampel rumus Slovin.” Tatangmanguny.wordpress.com

Burhanudin, TR. 2009. Pendekatan, Metode, dan Teknik Penelitian Pendidikan, Purwakarta, UPI.

Daradjat, Zakiyah. 1990. Kesehatan Mental. Jakarta, Gunung Agung.

Devano, Sony, dan Rahayu Kurnia. 2006, Perpajakan Konsep,Teori,dan Isu, Kakarta, PT. Kencana.

Fandy, Tjiptono. 2004. Manajemen Jasa, Edisi Pertama. Yogyakarta, Andi Offset.

Gabriel Febri Ndae, Muhammad Saifi, dan Achmad Husaini. 2015. Pengaruh Sistem SAMSAT Corner Terhadap Peningkatan Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (Studi pada SAMSAT Corner Mall Sri Ratu Kediri). Jurnal Administrasi Bisnis - Perpajakan (JAB)|Vol. 4 No. 1 Maret 2015. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

------------------ 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

------------------ 2011. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunadi. 2005. Fungsi Pemeriksaan Terhadap Peningkatan Kepatuhan pajak (Tax Complience, Jurnal Perpajakan Indonesia Vol 4 No.5: 4-9.

Ismawan, Indra. 2000. Memahami Reformasi Perpajakan, Jakarta, PT. Elex Media Komputindo.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 25 Tahun 2004 tentang Indeks Kepuasan Masyarakat.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 63 Tahun 2004 tentang Hakikat Pelayanan Publik.

Lovelock and Wright. 2002. Principles of Service Marketing and Management, 2nd edition, Prentice Hall.

Lukmanul, Hakim dan Uus Musalini. 2004. Cara Mudah Memadukan Web Design dan Web Programming.Jilid I, Jakarta, PT. Elex Media Komputindo.

Mardiasmo. 2011. Perpajakan, Yogyakarta, Andi Offset.

Ni Luh Supadm. 2006. Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Melalui Kualitas Pelayanan. http:// ejournal.unud.ac.id / abstrak / supadmi.pdf. Diunduh 15 Otober 2017.

Ostrom, E. and Schlager, E. 1996. The formation of property rights dalam Suharjito, D. 2009. Devolusi Pengelolaan Hutan di Indonesia: Perbandingan Indonesia dan Philipina. Pemikiran Konseptual. JMHT Vol. XV, (3): 123–130, Desember 2009. ISSN: 2087-0469. Departemen Manajemen Hutan, Fakultas Kehutanan IPB, Bogor, Indonesia.

Peraturan Presiden Republik Indonesia. Nomor 5 Tahun 2015. Tentang Penyelenggaraan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Kendaraan Bermotor.

Republik Indonesia. 2008. Undang – undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Perubahan atas Undang – undang Nomor 34 Tahun 2000 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Jakarta: Sekertariat Negara.

Ribot, J. dan Peluso, N. 2003. A theory of access. Rural Sociology 68: 153–181.

Riskiyatur Rohemah, Nurul Kompyurini dan Emi Rahmawati. 2013. Analisis pengaruh implementasi layanan samsat keliling terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan roda dua, Pamekasan.

Sinambela, Lijan Poltak. 2005. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta, Bumi Aksara.

Suandy, Erly. 2011. Hukum Pajak, Edisi 5, Jakarta, Salemba Empat.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis, Bandung, Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D, Bandung, Alfabeta.

Suryosubroto. 1998. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah, Jakart, PT. Rineksa Cipta.

Widyaningsih, Aristanti. 2011. Hukum Pajak dan Perpajakan, Bandung, Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 18 Tahun 1997 tentang Pajak daerah dan. Retribusi Daerah.

Undang-undang Nomor 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright © by Deputy of Journal and Publications
STIE AUB Surakarta, Central Java, Indonesia
http://www.e-journal.stie-aub.ac.id