WASANA NYATA, Vol 7, No 1 (2023)

Inovasi Produk Dan Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Home Industry Kroso, Desa Jeruksawit, Kec Gondangrejo Karanganyar

Edi Wibowo, Setyaningsih Sri Utami

Abstract


Jeruk sawit adalah desa yang terletak di Kecamatan Gondang Rejo, Kabupaten Karanganyar. Desa Jeruk sawit tersebut memiliki 12 dusun, salah satunya adalah dusun Kedunggong. Yang merupakan dusun yang dipilih dalam kegiatan pengabdian ini. Lingkungan di wilayah tersebut banyak yang melakukan berbagai macam kegiatan usaha home industry, diantaranya pembuatan anyaman kroso dari sisa-sisa potongan bambu yang tidak terpakai, yang dapat digunakan untuk membungkus buah-buahan yang di jual di pasar, akan tetapi usaha home industry tersebut kurang dioptimalkan, disamping kurang adanya kemampuan dalam mengembangkan usaha, mereka belum mengembangkan cara pemasaran yang efektif agar penjualan meningkat. Pelaku juga belum memikirkan adanya inovasi produk agar tidak hanya mengandalkan satu produk saja, karena dari ptotongan bamboo tersebut dapat digunakan untuk membuat variasi produk yang lain. Tim pengabdian dari Universitas Slamet Riyadi melaksanakan kegiatan pengabdian ini dengan cara melakukan kegiatan pendampingan untuk dapat meningkatkan strategi pemasaran agar dapat meningkatkan penjualan serta perlunya inovasi produk. Hasil kegiatan pengabdian ini adalah meningkatnya penjualan dari adanya strategi pemasaran yang lebih efektif dan adanya inovasi produk, luaran pengabdian ini adalah artikel yang akan dipublikan dalam jurnal pengabdian masyarakat yang terakreditasi.