Analisis Pengaruh Perputaran Modal Kerja Dan Laba Bersih Terhadap Harga Saham

Penti Nuraeni(1*) , Siarwi Siarwi(2)


(1) Universitas Pamulang
(2) Universitas Pamulang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis atau menguji pengaruh Perputaran Modal kerja dan laba Bersih Terhadap harga Saham pada perusahaan sektor Infrastruktur, Utilitas dan Transportasi yang terdaftar di BEI tahun 2017-2021. Di dalam penelitian ini terdapat dua variabel independen yaitu Perputaran Modal kerja dan Laba bersih, serta satu variabel dependen yaitu Harga saham. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Jumlah populasi yang ditemukan dalam penelitian ini adalah tujuh puluh Sembilan perusahaan dengan jumlah sampel sebanyak tiga belas perusahaan yang memenuhi kriteria. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan. Analisis yang digunakan yaitu analisis regresi data panel untuk melihat pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen baik secara bersama-sama maupun secara individu. Kemudian melakukan pengujian analisis regresi data panel mengguanakan software E-Views 12. Pengujian hipotesis menggunakan uji kelayakan model uji F (simultan) dan uji t (parsial). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa : secara parsial Perputaran Modal Kerja () tidak berpengaruh signifikan terhadap Harga saham, secara parsial laba Bersih () berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham, dan secara simultan (bersama-sama) perputaran Modal kerja  ( )  dan laba Bersih () berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham (Y).


Keywords


Perputaran Modal Kerja, Laba Bersih dan Harga Saham

Full Text:

PDF

References


Alya, F. C. (2020). Pengaruh Perputaran Modal Kerja dan Perputaran Kas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indoneisa. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yayasan Keluarga Pahlawan Negara. Retrieved from http://repository.stieykpn.ac.id

Andriyanti, S., & Ritonga, F. (2020). Pengaruh Arus Kas dan Laba Bersih Terhadap Harga Saham (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018). Bandung: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN - Indonesia Mandiri, http://epub.imandiri.id.

Andriyanti, S., & Ritonga, F. (2020). Pengaruh Arus Kas dan Laba Bersih Terhadap Harga Saham (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018). Bandung: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN - Indonesia Mandiri, http://epub.imandiri.id.

Ardilla, I., & Ayu Azhari, D. (2021). Pengaruh Laba Bersih Dan Arus Kas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) (Doctoral dissertation, UMSU).

Arieska D. Nawangwulan, V. I. (2018). Pengaruh Total Revenue dan Laba Bersih Terhadap Harga Saham (Studi pada perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI). Jurnal Riset Akuntansi Going Concern, 13(3), 40-41.

Arista, Belah, & Oetomo, H. W. (2017). Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Aset, Dan Profitabilitas Terhadap Harga saham. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM) 6.10.

bps.go.id (2022,07 Februari) Ekonomi Indonesia Triwulan IV 2021Tumbuh 5.02 persen (y-on-y). Diakses pada 14 Agustus 2022, dari

https://www.bps.go.id/pressrelease/2022/02/07/1911/ekonomi-indonesia triwulan-iv-2021-tumbuh-5-02-persen--y-on-y-.html

Chaery, A. R. F. (2019). Analisis Pengaruh Faktor Internal Perusahaan Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Ilmiah Akuntansi Universitas Pamulang, 7(2), 128-136.

Darmadji dan Fakhrudin. 2012. Pasar Modal Indonesia. Edisi Ketiga. Salemba Empat, Jakarta.

Fahmi, I. (2014). Perilaku Organisasi: Teori, Aplikasi, dan Kasus.

Iman, M. F. N., & Norsita, M. (2022). Pengaruh laba bersih, current rasio dan arus kas terhadap harga saham perusahaan food and beverages. AKUNTABEL, 19(2), 393-398.

Setiawan, I. (2016). Pengaruh Modal kerja Terhadap Rentabilitas pada PT. ades Waters Indonesia Tbk. Jakarta selama Periode 2022-2009. Jurnal Ilmiah Akuntansi Universitas pamulang, 4 (1).

Setyardiani, Wahyu, D., & Fuadati, S. R. (2017). Pengaruh DER, Profitabilitas dan Perputaran Modal Kerja Terhadap Harga Saham. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 6.7.

Silalahi, L., & Sembiring, S. (2020). Pengaruh Laba Bersih, Total Arus Kas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sektor Asuransi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017. 6(1), 47-50.

Sunardi, & Holiawati. (2016). Pengaruh Corporate Governance Perception Index (CGPI) dan Opini Audit Terhadap Harga Saham (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di The Indonesian Institute for Corporate Governance Tahun 2009-2013) . Jurnal Ilmiah Akuntansi Universitas Pamulang, 833.

Working Capital Turnover Ratio: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan dan Contohnya . (2021).


Article Metrics

Abstract views: 388 | PDF views: 265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



ADVANCE ©  Journal of Accounting