PERAN KINERJA PEMASARAN YANG DIPENGARUHI TINGKAT PENJUALAN DITINJAU DARI ASPEK PRODUK TEMPAT, HARGA, PROMOSI PADA KINERJA PEDAGANG JAJANAN PASAR DESA KARANGPANDAN KABUPATEN KARANGANYAR

Endah Nawangsasi(1*) , Siti Hayati Efi Friantin(2)


(1) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(2) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh produk yang ditinjau secara parsial terhadap kinerja pemasaran, pengaruh harga yang ditinjau secara parsial terhadap kinerja pemasaran, pengaruh tempat secara parsial terhadap kinerja pemasaran, pengaruh promosi secara parsial terhadap kinerja pemasaran, pengaruh harga, produk, promosi dan tempat, tingkat penjualan yang dilakukan dengan cara kolektif terhadap kinerja pemasaran para  pedagang jajanan pasar di Pasar Karangpandan. Penelitian ini mengambil lokasi di Pasar Karangpandan, Desa Karangpandan, Kabupaten Karanganyar. Populasi pada penelitian ini mencakup para pedagang jajanan pasar yang berada di pasar karangpandan. Sampel ini diambil secara proportional random sampling sebanyak 50 pedagang. Data yand didapat oleh peneliti diperoleh dari kuisioner yang disebar dan telah teruji validitas dan reabilitasnya. Untuk menguji hipotesis peneliti menggunakan analisis regresi ganda pada program SPSS. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa pengaruh yang signifikan antara jenis produk, harga, tempat, promosi, tingkat penjualan dengan kinerja pemasaran.


Keywords


jenis produk, harga, tempat, promosi, tingkat penjualan, kinerja pemasaran

Full Text:

Untitled

References


___________. 2001. Peraturan Pemerintah No. 10 tahun 2001. Jakarta :LAN.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta : Rineka Cipta.

As’ad, Mohammad. 1991. Psychologi Industri.Jakarta : Erlangga

Furtwengler, Dale. 2002. Penilaian Kerja, Yogyakarta: Audi offset.

Gujarati, Damodar, terjemahan Sumarno Zain, 1988. Ekonometrika Dasar. Jakarta : LP3ES.

Hadi, Sutrisno. 1994. Metodologi Research.Yogyakarta : Audi Offset.

Haryono, Yusuf, A.C. 2001.Kinerja Perusahaan.Jakarta : Bumi Aksara.

Kolter, Philip, 1997. Principles of Marketing.Englewood Cliffs. New Jersey USA : Prentice Hall Inc.

Kotler, Philip. 2001, Manajemen Pemasaran, Jilid 1 & 2, Prenhallindo, Jakarta

Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasaran Analisa Perencanaan dan Pengendalian. Jakarta : BPFE UI. Edisi Indonesia.

Kotler, Philip, dan Garry Amstrong , 1996 , Prinsip -Prinsip Manajemen dan Pemasaran Jakarta, Erlangga

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Teori dan Praktik.Jakarta : Salemba Empat.

Mangkunagara, Anwar Prabu. 2004. Perllaku Konsumen.Jakarta :Perilaku Konsumen, edisi revisi. PT Rerika Aditama, Bandung.

Nazir, Muhammad. 1983. Metode Penelitian.Jakarta : Ghalia Indonesia.

Nirwana. 2004. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jasa. Malang: Dioma.

Prawirosentono, Suyadl. 1999. Manajemen Sumber Daya Manusla Kebijakan Kinerja Karyawan.Yogyakarta : BPFE

Purnama, Lingga, 2002, Strategic Marketing Plan, Panduan Lengkap dan Praktis Menyusun Rencana Pemasaran yang Strategis dan Efektif,Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Ralph Mros. 1992. Formula untuk Pemasaran yang Berhasil.Jakarta : Bina Rupa.

Ridwan.2003. Skala Pengukuran variabel Penelitian.Bandung : Alfabeta.

Ridwan. 2004. Metode dan Teknik Menyusun Tesis.Cetakan 2.Bandung :CV. Alfabeta.

Solo Pos. Harian.Edisi 2 Januari tahun 2000.

Stanton, WJ. 1998. Manajemen Pemasaran.Jakarta : LP3ES.

Sudjana .1992.Analisa Regresi dan Korelasi.Bandung : Alfabeta

Sujnodiningrat, Gunawan, 2004. Ekonometrika Dasar. Jakarta.

Team.Buku Panduan Kerja PD BPR/BKK.Klaten.


Article Metrics

Abstract views: 610 | Untitled views: 583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



ADVANCE ©  Journal of Accounting