Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja, Kompensasi, Dan Budaya Organisasi Terhadap Komitmen Kerja Pegawai Institut Teknologi Sains Dan Kesehatan (ITS) PKU Muhammadiyah Surakarta

Ayu Putri Lestari(1*) , Endah Nawangsasi(2)


(1) STIE AUB Surakarta
(2) STIE AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengetahui pengaruh lingkungan kerja, motivasi, kompensasi dan budaya organisasi terhadap work engagement pegawai ITS PKU Muhammadiyah Surakarta. Survei ini menggunakan survei kuantitatif. Metode pengambilan sampel untuk penelitian ini adalah sampel jenuh. Sumber data survei ini menggunakan data primer dari kuesioner yang disebarkan secara online kepada responden yang terdaftar sebagai pegawai ITS PKU Hammadiyah Surakarta dengan jumlah sampel 74. Hasil survei ini menunjukkan bahwa motivasi berpengaruh positif dan dapat diabaikan terhadap keterikatan kerja karyawan, lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterikatan kerja karyawan, dan kompensasi berpengaruh negatif dan dapat diabaikan terhadap keterikatan kerja karyawan. dilakukan dan dampak negatif dan dapat diabaikan dari budaya perusahaan. Efek positif. Namun, itu tidak memiliki dampak yang signifikan pada keterlibatan. Hasil R Squared Adjusted menunjukkan bahwa penelitian ini memiliki dampak sebesar 0,591. Artinya motivasi, lingkungan kerja, kompensasi, dan budaya organisasi dapat mempengaruhi work engagement 59.1 karyawan. Sisanya 40,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dipertimbangkan dalam penelitian ini

Keywords


Motivasi, Lingkungan Kerja, Kompensasi, Budaya Organisasi, Komitmen Kerja

Full Text:

PDF

References


Harun, Samsuddin. (2018). Kinerja Karyawan Indomedia Pustaka. Sidorejo.

Nevlin, Anin Dhita Noor, Lila Miryam Purba, Indra Windriani. (2018). The Relationship between Achievement Motivation and Employee Commitment in Bank Bri Persero TBK Branch of Sisingamangaraja.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Badriyah, Mila. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi (10 ed.). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Bhatti, K.K. (2011). Influence of Employee Compensationon Organizational Commitment and Job Satisfaction: A Case Study of Educational Sector of. International Journal of Business and Social Science,, 2(8):25-32.

Busro, Muhammad. (2018). Teori-teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenada Media Group.

Dewi, Mertyani Sari. (2020). Kompensasi, Budaya Organisasi, Dan Lingkungan Kerja Pada Komitmen Organisasi Dan Implikasinya Pada Kinerja Pengelola Anggaran.

Dwi Rahayu, A., & Bambang Mahargiono, P. (n.d.). PENGARUH MOTIVASI KERJA, LINGKUNGAN KERJA, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN KARYAWAN.

Farida, Ida Syarifah, Muhammad Iqbal, & Agustina Kurniasih. (2016). PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KOMITMEN ORGANISASITERHADAP MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (8 ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gusti, I., Ketut, A., Dewi, R., Bagus, I., & Surya, K. (2017). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN ORGANIZATIONAL SILENCE PADA PT. PLN (PERSERO) RAYON DENPASAR.

Hanafi, Chairul, Abadi Sanosra. (2018). PENGARUH MOTIVASI KERJA, IKLIM ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DAN KINERJA DOSEN PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI IKIP PGRI JEMBER.

Hanaysha, Jalal . (2016). Testing the Effects of Employee engagement, Work Environment, and Organizational Learning on Organizational Commitment .

Hartatik, I. P. (2014). BUKU PRAKTIS MENGEMBANGKAN SDM. Jogjakarta: Laksana.

Hasibuan, M. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Juliandi, Azuar. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Medan: M 2000.

Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Depok: Rajawali.

Khair, H. (2017). Manajemen Kompensasi. Medan: Madenatera.

Khair, H., Bismala, L., Arianty, N., & Pratami, L. (2016). Manajemen Strategi (1st ed.). Medan: UMSU PRESS.

Khoiri, M. M. (2010). Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Motivasi Kerja Pegawai Perpustakaan Di Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi.

Kusmaryani, R. (2011). Komitmen Pekerjaan Sebagai Guru Bimbingan dan Konseling Pada Mahasiswa BK FIP UNY. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 1-16.

Logahan, Jerry Marcellinus, Sherley Marcheline Aesaria . (2014). BUDAYA ORGANISASI DAN KETERLIBATAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI BERDAMPAK PADA KINERJA KARYAWAN PADA BTN – CIPUTAT.

Luthans, F. (2011). Organizational behavior (12 ed.). New York: The Mc Graw Hill Companies.

Mangkunegara A. P. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Martini, Ni Nyoman Putu, Nugroho Edi Santoso. (2021). Dampak Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Komitmen.

Nawab, S. and Bhatti, K.K. (2011). Influence of employee compensation on. International Journal of Business and Social Science, 2(8): 25-32.

Nurcahyo, R. J. (2015). Keterkaitan Visi, Misi Dan Values Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Kulit “Dwi Jaya” . Khasanah Ilmu,, 6(2), 78–85.

Nurhayati. (2018). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI PADA KARYAWAN PTPN III KEBUN RAMBUTAN TEBING TINGGI.

Richard L Daft. (2011). Era Baru Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Rivai, Veithzal. dan Mulyadi, Deddy. (2012). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi (3 ed.). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Robbins & Coutler. (2012). Manajemen. Jakarta: Indeks.

Robbins, S., & Judge, T. (2016). Organizational Behavior (17th ed.). New York: Pearson Education.

Schein, E. (2010). Organizational Culture and Leadership. Jossey Bass.

Sedarmayanti. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama.

Siagian, Sondang P. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Stillo, S. (2011). The Role of Salary as a Motivating Strategy for Increasing the Quality and the Stability of the Public Administration in Albania. International Journal of Economic Perspectives, 5.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia (Cetakan Pertama ed.). Jakarta: PT Caps.

Sutrisno, Edy. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Kedelapan ed.). Jakarta: Prenada Media Group.

Suwarto. (2010). Perilaku Keorganisasian. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya.

Terry, George R. (2011). Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Torang, S. (2012). Metode Riset Struktur & Perilaku Organisasi. Bandung: Alfabeta.

Umar, Husein. (2010). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wagner, John A & John R Hollenbek. (2010). Organizational Behavior: Securing Competitive Advantage. Routledge.

Wiguna, I. G., & Surya, I. B. (2017). PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN TURNOVER INTENTION PADA AGENT PRU MEGAS.

Wulantika, Lita. (2012). Knowledge Management dalam meningkatkan inovasi dan kinerja bisnis. Jurnal Ilmiah Unikom, Vol. No.2.

Yusuf, Ria Mardiana, Darman Syarif. (2018). Komitmen Organisasi : Definisi, (Vol. 2). Makassar: CV Nas Media Pustaka.


Article Metrics

Abstract views: 247 | PDF views: 200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



AKTUAL ©  Jurnal of Accounting and Financial