Analisis Service Quality Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Jalan Dengan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Intervening Di Klinik Pratama Medistra Kranggean Ngeblak Tawangmangu
(1) Universitas Dharma AUB Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui, menguji secara empiris dan menganalisis tangible, reliability, responsiveness, assesmens dan empathy terhadap kepuasam dan loyalitas pasien rawat jalan di Klinik Pratama Medistra Kranggean Ngeblak Tawangmangu.
Tehnik analisis dalam penelitian ini adalah analisis regresi bergerak uji instrumen, uji linieritas dan uji hipotesis yang meliputi uji regresi, berganda, uji parsial (uji t) uji koefisiensi regresi (uji f) dan analisa koefisien determinasi (R2) dengan pengumpulan data dengan koesioner dan sampel yang digunakan 80 pasien rawat inap di Klinik Pratama Medistra Kranggean Ngeblak Tawangmangu.
Hasil uji menunjukkan tangible, reliability, responsiveness, dan kepuasan hipotesisnya terbuat karena signifikansi uji lebih baik dan 0,05, sedangkan assosience dan empathy tidak terbukti hipotesis karena keduanya terkait signifikansi lebih baik dari 0,05.
Hasil koefisiensi determinasi menunjukkan bahwa nilai R2 sebuah 81,4% yang berarti variabelitas variabel depende yang dapat dijelaskan oleh variabilitas oriental independent sebesar 8,14%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustiono 2016, Jurnal Eksplorasi Penelitian Tentang Pengaruh Kualitas Pelayanan (tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty) terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien Rawat Inap di rumah Sakit ST. Elisabeth Semarang.
Amstrong, Gary & Philip Kotler 2012. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid I Mindaro. Penerbit Palindo. Jakarta.
Arikunto Suharsini 2014, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta Rineka Cipta.
Ghazali, Iman (2009) Applikasi Analisisi Multivanati dengan SPSS. Semarang Badan Penerbit: Undip Semarang
Harjono (2018) Hasil Penelitian Yang Berjudul Analisis Kepuasan Peserta Askekin di Puskesmas Delanggu.
Irawan 2010. Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta Alex Media Komputindo.
Kolter (2008) Marketing Manajemen, Analisis, Planing Implementasions and Central. Edisi 9 Pratice Holl USA.
Lovelock dan Wright (2013) Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Bahasa Indonesia Penerbit Indeks Jakarta.
Lufiyoadi, Rambat 2013. Manajemen Pemasaran Jasa.
Parasurahman Rangkuti (2002), Mesuring costumer Satisfaction Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Ridwan. 2009. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian, Cetakan Ketiga Alfabeta Bandung.
Sarwono. 2013. Statistik. Penerbit PT. Pustaka Binawa Prasendo Jakarta.
Sekaran 2010. Research Methode For Bussiness a Skill Buildry Approcah Singapura. John Willy.
Sekaran, Uma (2000) Research Methode For Business A Skill Building Appach. Thrd Edition New York, John Willy.
Sugiyono. 2015. Statistik untuk Penelitian. Alfabeta Bandung.
Suharyadi (2014) Statistik Untuk Ekonomi dan Keuangan. Modern Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandri (2016), Service Quality Satisfaction, Yogyakarta Andi Offset.
Munijaya, Gede. 2011. Manejemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta. EG.
Widayu (2013), Metode Penelitian Pemasaran, Malang, UMM.
Article Metrics
Abstract views: 104 | PDF views: 84Refbacks
- There are currently no refbacks.
AKTUAL © Jurnal of Accounting and Financial |