Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian SmartphonePada Prestige Phone Di Surakarta

Dian Nur Mastuti(1*) , Jarot Santosa(2) , Guestisa Rosa Mulyana(3)


(1) Universitas Dharma AUB Surakarta
(2) Universitas Dharma AUB Surakarta
(3) Universitas Dharma AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian smartphone pada Prestige Phone di Surakarta. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket secara online pada pelanggan Prestige Phone di Surakarta yang akan menjadi sampel sebanyak 45 responden. Instrumen analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, analisis regresi linear berganda, uji f, uji t, uji koefisien determinasi. Berdasarkan uji yang telah dilakukan secara empiris membuktikan bahwa variabel Kualitas Produk dan Promosi berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian Smartphone pada Prestige Phone di Surakarta. Sedangkan variabel harga berpengaruh negatif terhadap Keputusan Pembelian Smartphone pada Prestige Phone Di Surakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel Kualitas Produk, Harga dan Promosi mampu menjelaskan variabel Keputusan Pembelian sebesar 39,4% dan sisanya sebesar 60,6% dijelaskan oleh variabel lain yang belum diteliti.


Keywords


Kualitas Produk, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Albani Adzmi Fahmi dan Arianto Nurmin, 2015. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian smartphone pada Samsung Store Mall Bintaro Exchange. Jurnal Ilmiah Riset Management.

Arief, Budiyanto, 2021. Pemasaran Jasa Pengertian dan Perkembangan, Cipta Media Nusantara.

Djarwanto dan Subagyo, Pangestu, (2011): Statistik Induktif, Edisi: 4, Yogyakarta: BPFE .

Ghozali, Imam, 2006. Analisis Regresi. Jakarta: Salemba Empat.

Halim Usman, M. Risal, Andis Gunawan, 2015. Pengaruh Kualitas Produk , Harga , Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Samsung Pada Toko Centro Palopo, Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo.

I Putu, Arsana, 2016. Manajemen Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah. Yogyakarta : CV. Budi Utama,

Irfa Rizka, Akbar dkk. 2021. Pengaruh Citra Merk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike pada Mahasiswa Universitas Pamulang, Jurnal Perkusi Vol.1 No.1

John Budiman, Bancin, 2019. Citra Merk dan Word of Mouth Peran dalam Keputusan Pembelian Mobil Nissan Grand Livina. Jakarta : CV. Jakal Media Publishing.

Maria Lapriska Dian Eka Revita, 2018. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung, Managerial – Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen

M. Rizqi Padma Negara, Zaenal dan Arifin, 2021. Perilaku Bisnis, Etika Bisnis dan Perilaku Konsumen, Yogyakarta : CV. Budi Utama

Sugiyono, 2011. Metodologi Penelitian Bisnis, Cetakan Ketujuh, CV. Alpabeta, Bandung

Toto, Aminoto dan Dwi Agustina, 2020. Mahir Statistik dan SPSS, Tasikmalaya : Edu Publisher

Zaenal, Arifin , 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Android Xiomi di Jember pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember. UT-Faculty of Computer Science.

Zulfa, Kamila , 2019. Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung. Managerial-Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen


Article Metrics

Abstract views: 150 | PDF views: 103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



AKTUAL ©  Jurnal of Accounting and Financial