Pengaruh Kualitas Produk, Lokasi, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Study Kasus Pada Nasabah Debitur UPK PDB-DAPM Kalijambe Kabupaten Sragen)
(1) Universitas Dharma AUB Surakarta
(2) Universitas Dharma AUB Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui secara empiris pengaruh Kualitas Produk, Lokasi, Kualitas Pelayanan Dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan (Study Kasus Pada Nasabah Debitur UPK PDB-DAPM Kalijambe Kabupaten Sragen). Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui kuesioner kepada 75 Nasabah Debitur UPK PDB-DAPM Kalijambe Kabupaten Sragen yang menjadi sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel yang dipakai dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan salah satu metodenya yaitu metode accidental sampling. Teknik analisis dalam penelitian ini terdiri dari pengujian instrument yang terdiri dari Uji validitas, Uji reliabilitas, Uji asumsi klasik, Analisis regresi linier berganda, Uji t, Uji F, dan Uji R2 (Koefisien Determinasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validitas dan reliabilitas terhadap seluruh item pernyataan yang diajukan terbukti valid dan reliable. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa penelitian ini terdistribusi secara normal, tidak terjadi multikolinieritas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan autokorelasi pada model regresi. Hasil uji t menunjukkan bahwa Kualitas Produk, Lokasi dan Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan atau Nasabah Debitur UPK PDB-DAPM Kalijambe Kabupaten Sragen. Sedangkan Kualitas Pelayanan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Kepuasan Pelangan, hal ini ditunjukkan dengan nilai f signifikansi sebesar 0,000. Sedangkan hasil uji R2 (Koefisien Determinasi) diperoleh nilai Adjusted R square sebesar 0,521 artinya variabel Kualitas Produk, Lokasi, Kualitas Pelayanan dan Promosi di UPK PDB-DAPM Kalijambe Kabupaten Sragen koefisien determinasinya 52,1%. Sedangkan sisanya 47,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ikut dalam penelitian misalnya kepercayaan, brand image, keputusan pembelian, reputasi merk dan lainnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
HAERIAH, H. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, dan Image Terhadap Kepuasan Debitur Bank Sultra. JIM (Jurnal Ilmu Manajemen), 4(1), 54-67.
Kotler, P. (2007). Manajemen Pemasaran, Jilid 2.
Muslimin, U., & Umar, F. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT Bank Perkreditan Rakyatpataru Laba Cabang Parepare. Jurnal Ilmiah Manajemen & Kewirausahaan, 8(3), 262-274.
Ningtyas, F., & Rachmad, B. (2011). Pengaruh kepercayaan, komitmen, komunikasi, penanganan masalah dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah Bank Muamalat di Surabaya. Journal of Business & Banking, 1(1), 51-60.
Rumiyati, R., & Syafarudin, A. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan, bauran pemasaran, terhadap kepuasan nasabah bank era covid-19. Insight Management Journal, 1(2), 32-42.
Riono, S. B. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Kredit, Prosedur Pemberian Kredit, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Koperasi Simpan Pinjam. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan, 1(3), 375-386.
Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.
Article Metrics
Abstract views: 38 | PDF views: 29Refbacks
- There are currently no refbacks.
AKTUAL © Jurnal of Accounting and Financial |