Pengaruh Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Membeli Mie Instan Merek Indomie di Desa Kemiri Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar

Dyah Ramadhani(1*) , Yofhi Septian Panglipurningrum(2)


(1) STIE AUB Surakarta
(2) STIE AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, harga dan promosi terhadap keputusan membeli mie instan merek indomie di Desa Kemiri Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat Desa Kemiri Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar dengan jumlah 2,958 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis dalam penelitian ini terdiri dari pengujian instrumen, uji asumsi klasik, regresi linier berganda. Berdasarkan hasil persamaan regresi dapat disimpulkan bahwa variabel produk, harga dan promosi berpengaruh positif terhadap keputusan membeli. Hasil uji t dapat disimpulkan bahwa produk, harga dan promosi tidak semua variabel ini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan membeli. Variabel produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli, sedangkan variabel promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli. Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel produk, harga dan promosi secara bersama – sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli.

Hasil  uji  koefisien  determinasi  R2   variabel  produk,  harga  dan  promosi  mampu  mempengaruhi  variabel

keputusan  membeli  mie  instan  merek  indomie  sebesar  48,4%  sedangkan  sisanya  51,6%  dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.


Keywords


Keputusan Membeli, Produk, Harga dan Promosi

Full Text:

Untitled

References


Abdurrahman, F. B., Altje, L.T., & Jopie, J.R. (2016). Analisis Kualitas Produk, Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Telkomsel 4G LTE Di Manado (Studi Kasus : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Di Universitas Sam Ratulangi). Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (EMBA), Vol. 4, No. 4. Hal: 1209-1219.

Ari Budi Astuti. 2014. Pengaruh Harga, Tempat, Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Warung Makan Bung Jonthit Batu Jamus Karanganyar. Skripsi. STIE AUB Surakarta.

Asri, Marwan. 2003. Marketing. Yogyakarta: AMP YKP

Christy, J. G., Jantje, S., & Sjendry, L. (2017).

Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan X-TRAIL Pada PT. Wahana Wirawan Manado. Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (EMBA), Vol. 5, No.

Hal: 2221-2229.

Dyah Pitasari. 2012. Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Air Minum Dalam Kemasan “AQUA†Botol

ml Di Kelurahan Jeron Kecamatan Nogosari Kabupaten Boyolali). Skripsi. STIE AUB Surakarta.

Edy Cahyono. 2018. Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Oppo Di Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Bisnis Manajemen dan Akuntansi (JBMA), Vol. 5, No. 1. Hal: 61-75.

Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Peneliti Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jilid 1&2. Jakarta: Prehalindo.

Kotler, Philip & Gary Armstrong. 2001. Prinsip- prinsip pemasaran. Edisi kedua belas. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Edisi 11. PT Indeks Kelompok. Jakarta:

Gramedia. Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2007.

Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1.

Jakarta: Indeks Prentice Hall

Nadya Vreda Melati. 2013. Pengaruh Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Membeli Smartphone Samsung (Pada Mahasiswa S1-Manajemen STIE AUB Surakarta). Skripsi. STIE AUB Surakarta.

Schiffman, Leon dan Leslie Lazar Kanuk. 2008.

Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Cetakan

Keempat. Jakarta: PT. Indeks

Setiadi, Nugroho. 2010. Perilaku Konsumen : Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Setiaji, Bambang. 2008. Cara Mudah Analisis Kuantitatif Dilengkapi Dengan Tutorial SPSS. Surakarta: Al-Es’af University Press.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Edisi Kedua. Bandung: Alfabeta.

Suryani, Tatik. 2008. Perilaku Konsumen, Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Swastha, Basu & Hani Handoko. 2000. Manajemen Pemasaran : Analisa Perilaku Konsumen. Edisi pertama. Yogyakarta: BPFE.

Swastha, Basu. 2005. Manajemen Penjualan. Yogyakarta: BPFE.

Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andy Offset.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Andy Offset.

Tjiptono, Fandy. 2012. Prinsip-Prinsip Total Quality Service (TQS). Yogyakarta: Andy Offset.

Umar, Husein. 2003. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Umar, Husein. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Edisi Kedua. Cetakan 12. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wanda, S. P., Bernhard, T., & Hendra, T. (2017).

Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Produk, Promosi dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Vixion (Studi Kasus Pada Konsumen Pengguna Di Amurang). Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (EMBA), Vol. 5, No. 2. Hal:

-2321.


Article Metrics

Abstract views: 889 | Untitled views: 743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



AKTUAL ©  Jurnal of Accounting and FinancialÂ