Pengaruh Green Marketing, Brand Awareness Dan Price Terhadap Purchase Intention Tupperware

Suparni Suparni(1*) , Tri Daryanto(2)


(1) Politeknik Ceper, Klaten
(2) Politeknik Ceper, Klaten
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh green marketing, brand  awareness dan price terhadap purchase intention tupperware .  Penelitian  ini  dilakukan  dengan  metode kuesioner terhadap 100 responden  konsumen  yang diperoleh dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sample. Hasil persamaan koefisien regresi linier berganda bahwa variabel  green  marketing,  brand  awareness  dan  price   berpengaruh  positif terhadap purchase intention tupperware.  Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel green marketing dan brand awareness   berpengaruh  positif  dan  signifikan  terhadap   purchase  intention tupperware, sedangkan variabel price berpengaruh positif namun  tidak  signifikan  pada  konsumen  pengguna  tupperware. Hasil uji F menunjukkan bahwa  terdapat pengaruh yang signifikan antara green marketing, brand awareness dan price secara  serempak terhadap purchase intention tupperware. Sedangkan, hasil uji R2 (koefisien  determinasi) diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,547 artinya variabel green marketing,  brand awareness dan price memberikan konstribusi sebesar 54,7% terhadap           purchase intention       tupperware, sedangkan sisanya sebesar 45,3% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel yang diteliti misalnya seperti kualitas produk, citra merek, promosi dan lain-lain


Keywords


Pengaruh Green Marketing, Brand Awareness Dan Price Terhadap Purchase Intention

Full Text:

PDF

References


Rangkuti, Freddy. 2004. The Power of Brands: Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek + Analisis Kasus dengan SPSS. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Assael, H. 2004. Consumers Behavior and Marketing Action, Kent. Publishing Company, Baston Massachusset, AS

D'Souza, C., Taghian, M., Lamb, P., and Peretiatkos, R. 2006. "Green Products and Corporate Strategy: An Empirical Investigation". Society and Business Review. Vol. 1 Iss: 2, 144 – 157.

Hawkins, Del I. and David L. Mothershaugh. 2010. Consumer Behavior Building Marketing Strategy. 11th ed. New York: McGrawHill.

Jogiyanto. 2000. Analisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan terstruktur teori dan praktis aplikasi bisnis. Andi. Yogyakarta.

Kotler, Plilip & Amstrong, Gary. 2005. Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: Pehalindo

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2008. Manajemen Pemasaran, Jilid 1,Penerbit Erlangga. Jakarta

Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencama. Rangkuti, Freddy. 2004. The Power of Brands: Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek + Analisis Kasus dengan SPSS. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rao, Purba. 1996. Measuring Consumer Perceptions Though Factor Analysis. The Asian Manager.february-march.pp28-32.

Simamora, Bilson. 2001. Remarketing For Bussiness Recovery. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Swastha, Basu dan Irawan. 2001. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty

Swastha, Basu DH. 2005. Asas-asas marketing. Yogyakarta: Liberty

Tjiptono, Fandy. 2006. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi.


Article Metrics

Abstract views: 431 | PDF views: 408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©  Journal of Business and Management