Analisis Perbedaan Kepuasan Konsumen Pada Pengguna E-Commerce Zalora Di Wilayah Kota Bekasi Berdasarkan Nilai Pelanggan Dan Kepercayaan Konsumen

Fernanda Dwi Santosa(1*) , Fauzi Baisyir(2)


(1) Universitas Darma Persada
(2) Universitas Darma Persada
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini secara eksplisit bertujuan untuk menganalisis perbedaan kepuasan konsumen pada pengguna e-Commerce Zalora di wilayah kota Bekasi berdasarkan nilai pelanggan dan kepercayaan konsumen. Jenis penelitian ini dikaitkan dengan pendekatan penelitian analisis kuantitatif. Data berasal dari kuesioner sebagai sumber utama dan studi literatur dari berbagai sumber yang relevan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis diskriminan dengan alat pengolah data menggunakan aplikasi atau software SPSS Ver23. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa variabel Nilai Pelanggan dan Kepercayaan Konsumen berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Variabel Nilai Pelanggan merupakan variabel yang paling esensial (dominan) dibandingkan dengan variabel Kepercayaan Konsumen bagi pengguna e-Commerce Zalora di wilayah kota Bekasi berdasarkan nilai koefisien fungsi diskriminan kanonik.


Keywords


kepuasan konsumen, nilai pelanggan, kepercayaan konsumen, analisis diskriminan

Full Text:

PDF

References


Andira, S. A., Lie, D., Tarigan, P., & Inrawan, A. (2016). Pengaruh Service Excellence Dan Diferensiasi Produk Terhadap Kepuasan Pada Samudra Jaya Art Photo Bridal Komplek Megaland Pematangsiantar. Maker: Jurnal Manajemen, 2(1), 56-66. doi:10.37403/maker.v2i1.38

Anggraini, T. (2017). Analisis Perbandingan Strategi Pemasaran Online dan Offline Pada Toko Alea Pasar Tradisional Modern (PTM) Kota Bengkulu Ditinjau Dari Ekonomi Islam. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Anita, Y. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Persfektif Ekonomi Islam (Studi Pada Bisnis Online Shop: Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan Lazada di Kota Pekanbaru). Program Pascasarjana. Pekanbaru: UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Arcanggih, J. D., Kertahadi, & Riyadi. (2014). Implementasi E-commerce Sebagai Media Promosi Dan Penjualan Secara Elektronik (Studi Kasus Pada Toko Jumbo Cell Bangil). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 14(1), 1-10.

Chrystiantari, M. C., & Suyanto, A. (2020). Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Customer Perceived Value E-Commerce Di Indonesia. Jurnal Mitra Manajemen, 4(2), 215-224. doi:10.52160/ejmm.v4i2.341

Dholakia, R. R., & Uusitalo, O. (2002). Switching to electronic stores: consumer characteristics and the perception of shopping benefits. International Journal of Retail & Distribution Management, 30(1), 459-469. doi:10.1108/09590550210445335

Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM Statistik SPSS 23 (Cetakan VIII). Semarang: BPFE.

Gupron. (2020). Analisis Kepuasan Konsumen Melalui E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Daring Di Aplikasi Bukalapak.com (Studi (Studi Pada Mahasiswa Universitas Batanghari Jambi). Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(1), 337-348. doi:10.38035/jmpis.v1i1.267

Harahap, M. I. (2018). Pengaruh Customer Experience, Customer Value, dan Customer Satisfaction terhadap Customer Loyalty pada Komunitas Sepeda Motor Yamaha Tipe NMAX Medan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Husain, T. (2017). Blog Sebagai Media Interaktif Untuk Memposisikan Toko Online Berdasarkan Urutan Search Engine Optimization (SEO). Jurnal Teknologika, 7(2), 69-76.

Husain, T., Ardhiansyah, M., & Fathudin, D. (2021). Confirmatory Factor Analysis: Model Testing of Financial Ratio's with Decision Support Systems Approach. International Journal of Advances in Applied Sciences (IJAAS), 10(2), 115-121. doi:10.11591/ijaas.v10.i2.pp115-121

Jasfar, F. (2005). Manajemen Jasa. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Jayani, D. H. (2019, Oktober 10). Tren Pengguna E-Commerce Terus Tumbuh. Retrieved Desember 2020, from Statista: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/10/10/tren-pengguna-e-commerce-2017-2023

Khristiana, Y., & Octaviani, A. (2019). Pengaruh Keputusan Pembelian Melalui Online Shopping Pada Mahasiswa STIE AUB Surakarta. EXCELLENT, 6(1), 29-36. doi:10.36587/exc.v6i1.468

Kotler, P., & Keller, K. (2014). Marketing Management (15th Ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kotler, P., Armstrong, G. M., & Opresnik, M. O. (2017). Principles of Marketing (17th Ed.). United Kingdom: Pearson.

Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung: Alfabeta.

Mowen, J. C., & Minor, M. (2012). Perilaku Konsumen (5th Ed.). (D. K. Yahya, Trans.) Jakarta: Erlangga.

Riadi, M. (2020, Pebruari 11). Nilai Pelanggan (Pengertian, Manfaat, Dimensi dan Strategi). Retrieved Desember 2020, from Pemasaran: https://www.kajianpustaka.com/2020/02/nilai-pelanggan-pengertian-manfaat-dimensi-dan-strategi.html

Santoso, B., Sani, A., Husain, T., & Hendri, N. (2021). VPN Site To Site Implementation Using Protocol L2TP And IPSec. TEKNOKOM: Jurnal Teknologi dan Rekayasa Sistem Komputer, 4(1), 30-36. doi:10.31943/teknokom.v4i1.59

Santoso, S. (2015). Menguasai Statistik Multivariat Konsep Dasar dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta: PT Elex Media Komputinda.

Saragih, H., & Husain, T. (2012). Pengaruh Fitur-Fitur Blog terhadap Continuance Intention to Visit Blogs pada Toko Online Multiply. Journal of Computer Information, 1(1), 5-18.

Sudaryana, Y. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kantor Pos Indonesia (Persero) Kota Tangerang. Journal of Management Review, 4(1), 447-455. doi:10.25157/mr.v4i1.2954

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Evaluasi: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: CV. Alfabeta.

Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian (Cetakan 1) (II Ed.). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wati, N. D., Imbayani, I., & Ribek, P. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Brand Image, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Prodia Widyahusada. VALUES, 1(2), 108-119.

Widayati, & Augustinah, F. (2019). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong di Kabupaten Sampang. DIALEKTIKA: Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial, 4(2), 1-20.

ZALORA. (20xx). Tentang Zalora. Retrieved Desember 2020, from https://www.zalora.co.id/about/

www. databoks.katadata.co.id

www. googleplaystore.com

www. iprice.co.id

www.lancangkucing.com


Article Metrics

Abstract views: 416 | PDF views: 373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©  Journal of Business and Management