Analisis Sikap Konsumen Akan Citra Merek dan Kualitas Produk Pada Pengkonsumsi Kopi Sachet Indocafe di Kota Jakarta Timur

Adam Wisnu Sefrianto(1*) , Ellena Nurfazria Handayani(2)


(1) Universitas Darma Persada
(2) Universitas Darma Persada
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sikap konsumen terhadap kopi sachet Indocafe. Penelitian ini dilakukan di Kota Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan dengan cara menentukan sampel yaitu estimasi proporsi yang distratifikasikan menjadi sampel sebanyak 100 responden masyarakat yang mengkonsumsi kopi sachet Indocafe di Kota Jakarta Timur. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Fishbein, Diagram Kartesius, dan Diferensial Semantik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap konsumen kopi sachet Indocafe pada setiap atribut menunjukkan hasil yang positif. Atribut tersebut meliputi Brand Image dan Product Quality. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor sikap konsumen terhadap atribut Citra Merek adalah 17,5 yang berarti positif; atribut Product Quality menunjukkan skor 16,8 yang berarti positif.


Keywords


atribut, analisis Fishbein, Diagram Cartesius, Semantik Diferensial

Full Text:

PDF

References


Admin Barantum. (2019, Juli 21). Industri Food & Beverage Paling Siap Memasuki Industri 4.0. Dipetik Mei 2021, dari https://www.barantum.com/blog/bisnis-food-beverage-industri-4/

Astuti, H. J. (2007). Analisis Kepuasan Konsumen (Servqual Model dan Important Performance Analysis Model). Media Ekonomi, 7(1), 29587.

Dhaniel, H. (2017). Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Purchase Intention Kopi Bubuk Instan Indocafe di Kota Payakumbuh. Fakultas Ekonomi. Payakumbuh: Universitas Andalas.

Dirjen IKM. (2017). Peluang Usaha IKM Kopi. Jakarta: Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Hanny, R., & Fahrizal. (2021). Prediction of Online Customer Satisfaction: A Case Study Go-Ride in Jabodetabek. Jurnal Ekonomi & Bisnis JAGADITHA, 8(1), 39-47. doi:10.22225/jj.8.1.2758.39-47

Husain, T., & Hidayati, N. (2021). The Optimize Of Association Rule Method For The Best Book Placement Patterns In Library: A Monthly Trial. TEKNOKOM: Jurnal Teknologi dan Rekayasa Sistem Komputer, 4(2), 53-59. doi:10.31943/teknokom.v4i2.63

Husain, T., & Sani, A. (2020). Kepuasan Pelanggan Toko Online Yang Dipengaruhi Kualitas Produk dan Layanan. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 5(2), 291-296. doi:10.33480/jitk.v5i2.614

Kotler, P., & Keller, K. (2016). Marketing Management (15th Ed.). England: Pearson Education.

Kotler, P., Armstrong, G. M., & Opresnik, M. O. (2017). Principles of Marketing (17th Ed.). United Kingdom: Pearson.

Kurniawan, A. (2018). Dasar-Dasar Marketing. Yogyakarta: Quadrant.

Maghfiroh, Z., & Rosyadi, I. (2015). Penerapan Metode Multivariate Discriminant Analisis Untuk Menilai Tingkat Kebangkrutan Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Food and Beverage Yang Listed Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2012). Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung: Alfabeta.

Mamang, S. E., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Muliasari, R. M., & Rachmina, D. (2017). KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN SIKAP KONSUMEN ROTI MEREK SARI ROTI (Studi Kasus pada Mahasiswa S1 Institut Pertanian Bogor). Forum Agribisnis: Agribusiness Forum, 5(1), 89-104. doi:10.29244/fagb.5.1.89-104

Novitasari, D. (2018). Pelatihan Manajemen Diri untuk Menurunkan Nomophobia pada Mahasiswa. Magister Psikologi Profesi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo: LPPM Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Diambil kembali dari http://lppm.univetbantara.ac.id/data/materi/Buku.pdf

Priansa, D. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Putranto, A. T. (2020). The Effect of Price towards Consumer Satisfaction at the Driving School in CV Tulus Jaya (Head Office). European Exploratory Scientific Journal, 4(2), 13-24.

Rasmikayati, E., Pardian, P., Hapsari, H., Ikhsan, R. M., & Saefudin, B. R. (2017). Kajian Sikap Dan Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Kopi Serta Pendapatnya Terhadap Varian Produk Dan Potensi Kedainya. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 3(2), 117-133. doi:10.25157/ma.v3i2.563

Safitri, A. M. (2019, Juni 20). Masyarakat Indonesia Doyan 'Ngopi', Tapi Apakah Jumlahnya Sudah Aman? (V. Setiawan, Penyunting) Dipetik Mei 2021, dari https://www.honestdocs.id/batas-minum-kopi-sehari-indonesia

Santoso, S. (2015). Menguasai Statistik Multivariat. Jakarta: PT Elex.

Saragih, H., & Husain, T. (2012). Pengaruh Fitur-Fitur Blog terhadap Continuance Intention to Visit Blogs pada Toko Online Multiply. Journal of Computer Information, 1(1), 5-18.

Sarwani, S., & Husain, T. (2021). The Firm's Value Empirical Models in Automotive and Components Subsectors Enterprises: Evidence from Developing Economy. Journal of Governance and Regulation, 10(1), 83-95. doi:10.22495/jgrv10i1art9

Siregar, B. P. (2021, Januari 20). Industri Makanan Minuman Masih Jadi Andalan di 2021. (A. Dinilhaq, Penyunting) Dipetik Mei 2021, dari EkBis / Industri: https://www.wartaekonomi.co.id/read323825/industri-makanan-minuman-masih-jadi-andalan-di-2021

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Evaluasi: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: CV. Alfabeta.

Sumarwan, U. (2015). Perilaku Konsumen. (R. Sikumbang, Penyunt.) Bogor: Ghalia Indonesia.

Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian (Cetakan 1) (II Ed.). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tsai, B.-Y., & Yen, Y.-R. (2009). Post-Adoption Behaviors of E-Bookstore Customers. 9th International Conference on Electronic Business. 25, hal. 209-2016. Macau: SAR China.


Article Metrics

Abstract views: 372 | PDF views: 418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©  Journal of Business and Management