Pengaruh Brand Image Atas Keputusan Pembelian Pada Pengguna Smartphone Produk Samsung Di Wilayah Jakarta Timur

Ellena Nurfazria Handayani(1*)


(1) Universitas Darma Persada
(*) Corresponding Author

Abstract


Kehadiran sistem Android pada produk smartphone belakangan ini mengalami perkembangan yang semakin pesat. Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk mengetahui brand image dari keputusan pembelian pada produk smartphone Samsung. Subyek penelitian ini melibatkan pengguna produk smartphone Samsung di wilayah Jakarta Timur. Jenis penelitian ini adalah kausalitas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data penelitian berasal dari sumber primer dengan kuesioner/kuesioner. Sampel penelitian ditentukan 100 responden yang merupakan pengguna produk smartphone Samsung yang berdomisili di wilayah Jakarta Timur. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan citra merek terhadap keputusan pembelian pengguna smartphone produk Samsung dengan kontribusi sebesar 85,3 persen.brand image, keputusan pembelian

Keywords


brand image, keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A., Budiarto, W., & Indrawati, M. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kepercayaan Pelanggan Pada PT PAL Indonesia (Persero) Surabaya Melalui Keputusan Pembelian. Jurnal Manajerial Bisnis, 1(2), 112-124.

Amraeni, A. (2019). Pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Laptop Asus Pada Mahasiswa Progran Studi Manajemen Universitas Negeri Makassar. Fakultas Ekonomi, Manajemen. Makassar: UNM.

Da Silva, A. R. (2015). Model-Driven Engineering: A Survey Supported by the Unified Conceptual Model. Computer Languages, Systems & Structures, 43, 139-155.

Dholakia, R. R., & Uusitalo, O. (2002). Switching to electronic stores: consumer characteristics and the perception of shopping benefits. International Journal of Retail & Distribution Management, 30(1), 459-469.

Handayani, E. N., & Balqiah, T. (2012). Analisis Peran Program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Membangun Corporate Reputation, Brand Equity, dan Social Equity Brand: Studi Kasus pada Merek Lifebuoy Produk dari PT. Unilever. Program Pascasarjana Universitas Indonesia, Magister Manajemen. Jakarta: Universitas Indonesia.

Husain, T. (2019). An Analysis of Modeling Audit Quality Measurement Based on Decision Support Systems (DSS). European Journal of Scientific Exploration, 2(6), 1-9.

Kadafi B, M. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pompa Merek Grundfos Pada PT. Raja Indo Di Makassar. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Manajemen. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Khuong, M., & Tran, N. H. (2018). The Impacts of Product Packaging Elements on Brand Image and Purchase Intention—An Empirical Study of Phuc Long's Packaged Tea Products. International Journal of Trade, Economics and Finance, 9(1), 8-13.

Kotler, P., & Keller, K. (2018). Marketing Management (15th Ed.). England: Pearson Education.

Kotler, P., Armstrong, G. M., & Opresnik, M. O. (2017). Principles of Marketing (17th Ed.). United Kingdom: Pearson.

Limakrisna, N., & Purba, T. P. (2019). Manajemen Pemasaran : Teori Dan Aplikasi Dalam Bisnis Di Indonesia (3rd Ed.). Jakarta: Mitra Wacana Media.

Manap, A. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran (1st Ed.). Jakarta: Mitra Wacana Media.

Pradana, D., Hudayah, S., & Rahmawati. (2018). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Motor. KINERJA, 14(1), 16-23.

Sahrir, A., Bua, H., & Sukotjo, E. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran dan Word of Mouth (WOM) terhadap Minat Beli Ulang. Jurnal Manajemen Bisnis Organisasi, 3(2), 126-127.

Sanusi, A. (2011). Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Saragih, H., & Husain, T. (2012). Pengaruh Fitur-Fitur Blog terhadap Continuance Intention to Visit Blogs pada Toko Online Multiply. Journal of Computer Information, 1(1), 5-18.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2010). Consumer Behavior (10 ed.). USA: Pearson Education.

Singarimbun, M., & Effendi, S. (1995). Metoda Penelitian Survey. Jakarta: LP3S.

Sterie, W. G., Massie, J., & Soepono, D. (2019). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk PT. Telesindo Shop Sebagai Distributor Utama Telkomsel Di Manado). Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3), 3139-3148.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Evaluasi: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: CV. Alfabeta.


Article Metrics

Abstract views: 122 | PDF views: 91

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©  Journal of Business and Management