Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan

Nestia Anggun Febriana(1*) , Dibyo Iskandar(2)


(1) Universitas Dharma AUB Surakarta
(2) Universitas Dharma AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Untuk mendapatkan kepercayaan dari para pemangku kepentingan, perusahaan yang go public harus memiliki pandangan yang positif. Penelitian ini dilakukan untuk melihat hal-hal yang mempengaruhi nilai perusahaan. Melalui bantuan teknik purposive sampling, ditemukan sampel sebanyak 11 perusahaan farmasi yang listing di BEI dan memuat laporan keuangan tahun 2019-2021. Menurut temuan penelitian ini, profitabilitas berpengaruh positif tidak terlalu signifikan terhadap nilai perusahaan, leverage berpengaruh negatif tidak terlalu signifikan, dan ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan. Berdasarkan hasil uji koefisien determinan, variabel penelitian berpengaruh terhadap nilai adjusted R square (R²) yaitu sebesar 0,331 atau 33,1%. Sebaliknya, faktor di luar model penelitian berdampak pada 69,9% populasi.

Keywords


Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Nilai Perusahaan

Full Text:

PDF

References


Detama, G. R., & Laily, N. (2021). PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (PADA PERUSAHAAN FARMASl YANG TERDAFTAR Dl BEI). Sekolah Tinggi IImu Ekonomi Indonesia (STIESI ) Surabaya (Vol. 10, Issue 1).

Jogiyanto. (2014). Teori Portofolio dan AnaIisis lnvestasi. (BPEF (ed.); Kesembilan).

Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan. PT. Raja Grafindo Persada.

Marisha, D., & Sasi, A. (2022). PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN , PROFITABlLlTAS , LEVERAGE , PERUSAHAAN FARMASl YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2016-2020. Jurnal lImu dan Riset Manajemen.11(1), 6.

Riyanto, B. (2010). Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. BPFE.

Sartono, A. (2010). Manajemen Keuangan Teori dan ApIikasi (Edisi 4). BPFE.

www.validnews.id

https://amp.kontan.co.id/


Article Metrics

Abstract views: 86 | PDF views: 120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©  Journal of Business and ManagementÂ