Pengaruh Produk, Citra dan Pelayanan Terhadap Keputusan Membeli Di Susu Segar “Abu Zahra” Surakarta

Suparni Suparni(1*) , BRM. Suryo Triyono(2)


(1) Politeknik Manufaktur Ceper
(2) Universitas Dharma AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, citra dan pelayanan terhadap keputusan pembelian di Susu Segar “Abu Zahra” Surakarta Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk atau obat di Susu Segar “Abu Zahra” Surakarta. Sampel sebanyak 100 pembeli pelanggan. Teknik analisis dalam penelitian ini terdiri dari alat uji, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji t, uji f, dan uji R². Berdasarkan hasil persamaan regresi dapat disimpulkan bahwa variabel produk, citra dan pelayanan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hasil uji t dapat disimpulkan bahwa variabel produk dan pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan untuk variabel citra berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel produk, citra dan pelayanan berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian secara simultan. Hasil uji koefisien determinasi R² sebesar 0,454 yang berarti bahwa variabel produk, citra dan pelayanan mampu mempengaruhi variabel keputusan pembelian di Susu Segar “Abu Zahra” Surakarta dengan variabel lain di luar penelitian


Keywords


Keputusan Pembelian, Produk, Citra, Pelayanan

Full Text:

PDF

References


Alreza Anan Hafidzi. 2013. “Pengaruh Kelengkapan Produk dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembeli (Studi Kasus pada Swalayan Bravo di Bojonegoro)”. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Arafat. 2006. Penyusunan Skala Psikologis, Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Cetakan Kedua Belas (Edisi Revisi V), Jakarta. PT. Rineka Cipta

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta. Rineka Cipta

Eliya Septiawati. 2017. Analisis Pengaruh Pelayanan, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Toko Batik Keris Nonongan Surakarta

Ester Y. Bulele. 2016. Analisis Pengaruh Citra Toko, Kualitas Pelayanan dan Ketersediaan Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Buku Gramedia Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Volume 16 No. 03, 2016

Gaspersz, Vincent. 2007. Manajemen Kualitas dalam Industri Jasa. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama

Kotler Philip. 2014. Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan Implementasi dan Pengendalian, Terjemahan dari buku asli Marketing Management Volume I dan Volume II oleh Adi Zakaria Afift, Penerbit Lembaga penerbit FE UI

Kotler, Philip dan Keller, Kevin L. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid I. Edisi ketiga belas. Erlangga. Jakarta

Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran Indonesia. Edisi pertama. Salemba Empat. Jakarta

Kotler, Philip.2000. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jilid 1&2. Prehalindo. Jakarta

Maria Retno Budi Astuti dan Supriyono. “Analisis Persepsi yang Mempengaruhi Keputusan Pembeli di Cetro Paragon Solo”. Jurnal Bhirawa, Vol. 2, No. 2, Desember 2015

Nadya Vreda Melati. 2017. Pengaruh Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Membeli Smartphone Samsung (Pada Mahasiswa S1 Manajemen STIE AUB Surakarta). Skripsi. STIE AUB Surakarta

Nembah F Hartimbul Ginting. 2011. Manajemen Pemasaran. Cetakan I. CV. Yrama Widya

Oliver, Richard L. 2007. Cognitive, Affective, and attribute of the satisfaction response. Jurnal of Customer Reseach. Vol 20, 418-430

Patar Gunawan. 2009. Analisis Pengaruh Citra Toko Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Supermarket Mandiri Simpang Bahagia Medan. Skripsi. Universitas Sumatra Utara

Pradana Jaka Purnama. 2011. Analisis Pengaruh Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Toko Murah di Sukoharjo). Skripsi. Universitas Diponegoro

Raharjani, Jeni. 2005. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Pasar Swalayan Sebagai Tempat Berbelanja (Studi Kasus Pada Pasar Swalayan di Kawasan Seputar Simpang Lima Semarang). Dalam Jurnal Studi Manajemen & Organisasi, Vol. 2 No. 1 Hal 1-15

Santoso P.B. dan Ashari. 2005, Analisis Statistik dengan Microsft Exel & SPSS, Yogyakarta. Penerbit Andi

Setiadi, Nugroho. 2003. Perilaku Konsumen. Edisi Revisi. Kencana

Singarimbun, M. dan Effendi, Sofian. 1995. Metode Penelitian Suravai, Jakarta. LP3ES

Sitinjak, Durianto, Sugiarto, dan Yunarto, Holy icun. 2014. Model Matriks Konsumen Untuk Menciptakan Superior Customer Value, Penerbit Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Sugiyono. 2012. Prosedur Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta, cv

Swastha, Basu dan Irawan. 2002. Manajemen Pemasaran Modern. Penerbit Liberty. Yogyakarta

Tjiptono, Fandy, & Chandra, Gregorius. 2015. Service, Quality & Satisfaction, Penerbit Andi. Yogyakarta

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi ketiga. Andy Offset. Yogyakarta


Article Metrics

Abstract views: 189 | PDF views: 91

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©  Journal of Business and Management