Meningkatkan Keputusan Pembelian Konsumen Shopee Melalui Electronic Word Of Mouth, Celebrity Endorser, Dan Brand Image Pada Generasi Z Di Surakarta

Imatias Tutik(1*) , Endah Nawangsasi(2) , Denny Mahendra(3)


(1) Universitas Dharma AUB Surakarta
(2) Universitas Dharma AUB Surakarta
(3) Universitas Dharma AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


PenelitianinimemilikitujuanyaituuntukmenganalisisperanElectronicWordofMouth,CelebrityEndorser, dan BrandImagedalammeningkatkankeputusanpembeliankonsumenShopeedi Surakarta.Penyebarankuesioner kepadamasyarakatSurakartayangpernahmelakukan transaksi di aplikasi Shopeesebanyakduakaliataulebih danberusiaantara15-24 tahun.Sampel diperolehdengan teknikpurposivesampling.Penarikansampel menggunakanrumusLemeshowsehinggadidapatkan100oranguntukmenjadiresponden.Penelitianinimemakai teknikanalisisregresilinierberganda.Hasil analisisregresilinierbergandamenyatakanbahwasecaraparsial ElectronicWordofMouth,Celebrity Endorser,danBrandImageberpengaruhpositifdansignifikan terhadap keputusanpembelian.

Keywords


Electronic Word of Mouth, Celebrity Endorser, Brand Image, Keputusan Pembelian.

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A., & Biel, A. L. (1996). Brand Equity & Advertising.

Amrullah, M. F. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, dan Electronic Word of Mouth terhadap Pembelian Pada Pengguna E-Commerce Shopee di Indonesia. Journal of Economics, Business& Entrepreneurship.

Anggi Tri Utami, J. E. (2021). Peran Citra Merek, Celebrity Endorser, Kualitas Produk Dalam Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis.

David, K., & Newstron, J. (2000). Perilaku dalam Organisasi (Edisi Ketujuh ed.). Jakarta: Erlangga.

Hennig-Thurau, T., Gwinner, K., Walsh, G., & Gremler, D. (2003). Electronic Word of Mouth: Motives for and Consequences of Reading Customer Articulations on the internet. International Journal of Electronic Commerce/Winter.4, 51-74.

I Gusti Ngurah Satria Wijaya, N. W. (2022).

Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E- Wom), Persepsi Risiko, Kepercayaan Pelanggan, dan Keputusan Pembelian E- Commerce Tokopedia. E-Jurnal Manajemen.

Nugroho, I. D., & Sarah, S. (2021). Pengaruh Brand Image dan Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Busana Muslim Merek MaliQa). JURNAL INDONESIA MEMBANGUN.

Prihatini, R. R. (2019). Pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Perceived Risk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Tokopedia. Jurnal Administrasi Bisnis.

Prihatna, H. (2015). Kiat Praktis Menjadi Webmaster Profesional. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Royan, F. (2005). Marketing Selebritis, Selebritis dalam Iklan dan Strategi Selebriti Memasarkan Diri Sendiri. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Santoso, G., & Triwijayanti, A. (2018). Gaya Pengambilan Keputusan Pembelian Pakaian Secara Online pada Generasi Z Indonesia. Jur. Ilm. Kel. & Kons.

Schiffman, L. G., Kanuk, L. L., & Wisenblit, J. (2014). Consumer Behavior. London.

Sumarwan, U. (2004). Perilaku Konsumen Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Tjiptono, F. (2011). Strategi Pemasaran. Edisi 3 .Yogyakarta: ANDI.

Wang, F., & Hariandja, E. S. (2016). The Influence of Brand Ambassador on Brand Image and Consumer Purchasing Decision: A Case of Tous Les Jours Indonesia. International Conference on Entrepreneurship.


Article Metrics

Abstract views: 136 | PDF views: 119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©  Journal of Business and ManagementÂ