Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Bien Craft Surakarta
(1) Universitas Dharma AUB Surakarta
(2) Universitas Dharma AUB Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui secara empiris Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk di Bien Craft Surakarta. dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui kuesioner kepada 50 Customer bien craft di Surakarta yang menjadi sampel penelitian. Teknik Pengambilan sampel yang dipakai dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan salah satu metodenya yaitu metode accidental sampling. Teknik analisis dalam penelitian ini terdiri dari pengujian instrumen yang terdiri dari Uji validitas, Uji reliabilitas, Uji asumsi klasik, Analisa regresi linier berganda, Uji t, Uji f, dan Uji R2 (Koefisien Determinasi). Hasil pengujian validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa seluruh item pertanyaan yang diajukan semua valid dan reliabel. Hasil regresi linier berganda variabel kualitas produk, kualitas pelayanan, dan lokasi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hasil uji t variabel kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan kualitas pelayanan dan lokasi secara parsial berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F variabel kualitas produk, kualitas pelayanan, dan lokasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. sedangkan hasil perhitungan koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,419 berarti variabel kualitas produk, kualitas pelayanan dan lokasi mampu mempengaruhi Keputusan pembelian sebesar 41,9% dan sisanya sebesar 58,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ikut dalam penelitian Misalnya Harga, promosi, citra merek, dan lainnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardane, N., Wijaya, N.S.W., Dewi, L.G.L.K. (2017). FAktor-faktor yang mempengaruhhi kualitas kualitas pelayanan pada scoot fast cruises di bali. Jurnal IPTA, 5(1), 1-13.
Bentuk, E. JURNAL KAJIAN BALI.
Cahya, A. D., Sangidah, U., & Rukmana, D. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada UMKM Toko Azam di Kecamatan Rantau Rasau Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Jurnal Mirai Management, 6(1), 70-82
Ekasari, R., & Putri, T. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. IQTISHADequity jurnal MANAJEMEN, 3(2), 266-277.
Fansurizal, F., & Aprianti, K. (2022). Pengaruh harga, kualitas produk dan lokasi terhadap keputusan pembelian. JURNAL MANAJEMEN, 14(2), 487-494.
Ghozali, Imam, 2001, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
……….2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Badan Penerbit UNDIP. Semarang
Gustami, SP. (1992). Filosofi Seni Kriya Tradisional Indonesia dalam Seni: Jurnal Pengetahuan dan Penciptaan Seni. II/01-Januari. Yogyakarta: BP ISI Yogyakarta.
kominfo, k. (2023, may 02). Produk Kreatif dari Indonesia untuk ASEAN. Retrieved from https://asean2023.id/id/news/indonesian- crafts-for-asean.
Kotler, Philip dan Armstrong, Garry. 2008. Prinsip- prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Phillip. & Keller, Kevin Lane. (2016). Manajemen pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.
Nadiya, F. H., & Wahyuningsih, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Fashion 3second Di Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Fashion 3second Di Kota Semarang). In Prosiding Seminar Nasional Unimus (Vol. 3).
Ramadani, M. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembeliandi toko handphone. IQTISHADequity jurnal MANAJEMEN, 1(2).
Sugiyono. (2009). Metode penelitian kuantitatif kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Article Metrics
Abstract views: 105 | PDF views: 78Refbacks
- There are currently no refbacks.
© Journal of Business and Management |