Pengaruh Dimensi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM Di Batik EnzaSurakarta

Harnita Mega Yuliana(1*) , Saptani Rahayu(2) , Haryanti Haryanti(3)


(1) Universitas Dharma AUB Surakarta
(2) Universitas Dharma AUB Surakarta
(3) Universitas Dharma AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Keputusan Pembelian konsumen adalah hasil dari strategi pemasaran yang berpengaruh dari perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dimensi promosi terhadap keputusan pembelian konsumen membeli produk umkm di Batik Enza Surakarta. Dimensi Promosi disini berfokus pada beberapa bentuk promosi yaitu promosi digital, word of mouth, dan promosi penjualan. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Convenience Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan kebetulan saja, anggota populasi yang ditemui peneliti dan bersedia menjadi responden dijadikan sampel. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Metode analisis yang digunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian uji secara parsial menunjukkan bahwa Promosi Digital berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Word of Mouth berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Promosi Penjualan berpengaruh tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Dan uji simultan menunjukkan bahwa Promosi Digital (X1), Word of Mouth (X2), dan Promosi Penjualan (X3) secara simultan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Berdasarkan penelitian ini, diperoleh nilai Adjusted R Square pada variabel Promosi Digital, Word of Mouth, dan Promosi Penjualan mampu mepengaruhi Keputusan Pembelian sebesar 61,7% dan sisanya sebesar 38,3% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Misalnya kualitas produk, lokasi yang strategis, kualitas pelayanan, dan lain-lain yang tidak dapat dijelaskan dalam penelitian ini.


Keywords


dimensi promosi, promosi digital, word of mouth, promosi penjualan, keputusan pembelian.

Full Text:

PDF

References


Agnia Primasasti. 2023. Perkembangan UMKM di Kota Solo dan Dukungan Pemerintah. Diambil dari: https://surakarta.go.id/?p=293 97 (11 Juli 2023)

Agnia Primasasti. 2022. Sejarah Batik di Kota Surakarta. Diambil dari: https://surakarta.go.id/?p=267 80 (2 Oktober 2022)

Akbar, S. S., & Darmaputra, M. F. (2022). Pengaruh Periklanan, Publisitas Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen UMKM Ikan Asap Demak). EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 10(S1), 177-184.

Amir, F. (2023). PENGARUH PEMASARAN DIGITAL, PERSEPSI HARGA DAN EKUITASMEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN KOPI KENANGAN PADA MAHASISWA FEB UNAS (Doctoral dissertation, Universitas Nasional).

Ardiani, E., & Sugiyanto, S. (2020). PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIAN WANITA ONLINE DENGAN MEDIA SOSIAL MELALUI MINAT BELI (STUDI KASUS DI WILAYAH CAKUNG, JAKARTA TIMUR DAN KEBON JERUK, JAKARTA BARAT). JCA of Economics and Business, 1(02).

Asosiasi Digital Marketing Indonesia. 2019. 10 Jenis Digital Marketing Yang Wajib Kamu Ketahui! – Asosiasi Digital marketing. Diambil dari: https://digimind.id/10-jenis- digital-marketing-yang-wajib- kamu-ketahui/ (19 Desember 2019)

ASTRIA, R. (2022). PENGARUH PROMOSI, BRAND IMAGE, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO ONLINE SHOPEE (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Bekasi).

Cecep Supardi. 2022. Hiburan, Unsur Penting Menarik Pelanggan di Momen Festival Belanja. Diambil dari: https://marketing.co.id/strateg i-pemasaran-brand-hiburan- unsur-penting-menarik- pelanggan/ (12 Juli 2022)

Cinthya. 2023. Promosi Penjualan: Dasar, Jenis dan Strategi untuk Promosi yang Sukses. Diambil dari: https://accurate.id/marketing- manajemen/promosi- penjualan/ (20 Januari 2023)

Fatimah, B. S. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo. Marketgram Journal; Vol. 1 No. 1 (2023): Marketgram Journal (MJ); 11 - 20 ; 2963-2382.

Fatimah, N. (2020). Pengaruh Media Sosial, Electronic Word Of Mouth, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli (Studi Pada Toko Poeniko Batik Di Pekalongan). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Gamal Thabroni. 2022. Word of Mouth Marketing: Pengertian, Dimensi, Prinsip, Cara, dsb. Diambil dari: https://serupa.id/word-of- mouth-marketing-pengertian- dimensi-prinsip-cara-dsb/ (11 Oktober 2022)

Gamal Thabroni. 2022. Sales Promotion (Promosi Penjualan): Pengertian, Alat Indikator, dsb. Diambil dari: https://serupa.id/sales- promotion-promosi- penjualan-pengertian-alat- indikator-dsb/ (14 Oktober 2022)

Gunawan, I. (2016). Metode penelitian kuantitatif. Retrieved June, 7, 2017.

Herawati, H., & Muslikah, M. (2019). Pengaruh Promosi Dan Desain Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Sariayu Putih Langsat. Kinerja, 2(01),17-35.

Kartika Laksita. 2023. Bentuk-bentuk media promosi. Diambil dari: https://www.pinhome.id/blog/ bentuk-bentuk-promosi/ (13 April 2023)

Khoziyah, S., & Lubis, E. E. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Followers Online Shop Instagram@ KPopConnection. Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS), 10(1),39-50.

Kumala, F. O. N., & Fageh, A. (2022). Pengaruh diskon terhadap keputusan pembelian kosmetik halal dengan minat beli sebagai variabel intervening. Jurnal Ecodemica, 6(1), 1-11.

Kumparan.com. 2022. Analisis Regresi Linear Berganda: Pengertian, Rumus, dan Contoh Kasusnya. Diambil dari: https://kumparan.com/berita- hari-ini/analisis-regresi-linier- berganda-pengertian-rumus- dan-contoh-kasusnya- 1xS5JvrNPAY/full (6 Februari 2022)

Kurniawan, D. (2008). Regresi linier. Lombok, V. V., & Samadi, R. L. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Emina (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 953-964.

Muparoh, W. A. (2022). Pengaruh Strategi Promosi Produk Melalui Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Unit Usaha Makanan Geprek Bensu Cabang Kota Rangkasbitung di Masa Pandemi Covid 19) (Doctoral dissertation, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten).

Pamungkas, B. A., & Zuhroh, S. (2016). Pengaruh promosi di media sosial dan word of mouth terhadap keputusan pembelian (Studi kasus pada Kedai Bontacos, Jombang). Jurnal komunikasi, 10(2), 144-158.

Putra, E. W., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2016). Pengaruh diskon terhadap minat beli serta dampaknya pada keputusan pembelian (Study pada konsumen yang membeli produk diskon di Matahari Department Store Pasar Besar Malang) (Doctoral dissertation,Brawijaya University).

Ricki. 2023. Macam-macam Metode Analisis Data Kuantitatif. Diambil dari: https://britter.id/alat-analisis- kuantitatif/ (10 Agustus 2023)

Skripsi Tesis. 2018. Pembahasan Lengkap Teori Strategi Promosi menurut Para Ahli dan Contoh Tesis Strategi Promosi. Diambil dari: https://idtesis.com/pembahasan- lengkap-teori-strategi-promosi- menurut-para-ahli-dan-contoh- tesis-strategi-promosi/ (14 Desember 2018)

Wahyu. 2023. Uji Asumsi Klasik Dalam Penelitian dan Jeni- jenisnya. Diambil dari: https://madenginer.com/uji- asumsi-klasik/ (23 September 2023)

Wahyuningsih, F. (2018). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cilupba Shop Palembang (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH).

Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti, S. (2015). Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Widodo, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Molivia Cafe (Studi Kasus Pada Konsumen Molivia Cafe, Jalan HM Joni, Teladan Timur, AKota Medan). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951-952.


Article Metrics

Abstract views: 62 | PDF views: 13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©  Journal of Business and ManagementÂ