KUALITAS PELAYANAN PRODUK KREDIT MELATI BPR BANK SOLO TERHADAP KEPUASAN PELAYANAN DENGAN MENGGUNAKAN BANKING SERVICE QUALITY UMKM DI KOTA SOLO
(1) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(2) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Kredit Melati merupakan pelayanan perbankan Pemerintah Kota Surakarta yang dikelola BPR Bank Solo untuk mengurangi jumlah rentenir. Sri Sumardiningsih, (2012) menyatakan bahwa Banking Service Quality dapat mengurangi jumlah rentenir di wilayah DIY. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dengan Banking Service Quality sebagai variabel independen. Bahia dan Nintel (2000) menyatakan bahwa keefektifan dan jaminan, akses, keterwujudan, dimensi harga, portofolio jasa, serta kehandalan merupakan hakekat dari Banking Service Quality. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Secara purposive 100 nasabah kredit melati Pasar Jongke, Pasar Kadipolo dan Pasar Singosaren ditetapkan sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui Kuesioner selanjutnya dianalisis dengan Uji linier berganda, Uji t, Uji F, dan Uji R2 . Hasil Uji linier berganda, uji t maupun uji F secara parsial menunjukkan semua variabel berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Sementara itu variabel portofolio jasa merupakan variabel yang paling dominan.  Dari hasil uji R2 diperoleh angka  0,919 artinya 91,9% kepuasan nasabah Kredit Melati dipengaruhi oleh semua variabel dalam penelitian sisanya 8,1% dijelaskan oleh variabel lain diluar model penelitian. Hasil penelitian bermanfaat sebagai referensi bagi institusi dan peneliti. Untuk itu BPR Bank Solo perlu mempertahankan layanan berbasis portofolio jasa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arif, Soffan. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pengelolaan ATM pada PT. SSI Terhadap Kepuasan Nasabah BNI Pasuruan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 1, No. 11. (diakses tanggal 30 Maret 2016)
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Bahia, Kamilia & Jacques Nantel (2000), “A Reliable and Valid Measurement Scale for the Perceived Service Quality of Banks,†International Journal of Bank Marketing,18/2,p.84-91 Bloemer, Josee, Ko de Ruyter & Pascal Peeters (1998), “Investigating Drivers of
Ghozali, Imam. 2001. Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang; BP Undip
Handoko, T.Hani. 2008. Manajemen Pemasaran. Bandung: Angkasa
Harayah M, Dwi.1988. Kegiatan Kas & Teller. Jakarta:Intermedia
Hasibuan. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Sinar Baru Algesindo
Jayanthi, Faisha Reztry. 2014. Analisis Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah (Studi Di Bank Muamalat Cabang Malang), Jurnal Ilmu Ekonomi. Vol. 2, No. 1. (Diakses tanggal 30 Maret 2016)
K. Yin, Robert. 2009. Studi Kasus Masalah Ekonomi. Jakarta: Elex Media Komputindo
Kasmir. 2002. Manajemen Perbankan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Kotler, Philip. 1998. Manajemen Pemasaran. Jakarta: UI Press
Lupiyoadi, Rambat. 2004. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: LP3EM UI. m.detik.com,2010(http://www.suratpembaca.web.id/detail/24348/Terkena_Biaya_Administrasi_Tabungan_Share_Bank_Muamalat_, (diakses tanggal 23 maret 2016)
Mahyuni. 2013. Pengaruh Dimensi-Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan
Bank Muamalat Indonesia Cabang Banjarmasin. Jurnal INTEKNA (edisi khusus). No.3 Desember 2013:249258. (diakses tanggal 19 Maret 2016)
Mas‟ud, Fuad. 2004. Aplikasi Pemasaran. Semarang: BP Undip
Parasuraman, 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta: UI Press
Sagala, Syaiful. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Sinar Baru Algesindo
Sembiring, Esra dan Aditya Wardana 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Teller Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., Kantor Unit Kemang Cabang Bogor. Journal Ekonomi. Diakses tanggal 21 Maret 2016 (www. telkomuniversity.ac.id)
Singarimbun, Masri. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta:Rineka Cipta Sudarsono, Heri.2004. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah.Yogyakarta : Ekonosia. Sugiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Tjiptono, Fandy. 2011. Total Quality Management. Jakarta:
Rineka Cipta Umar, Husein. 2002. Metodologi Riset Sosial. Bandung: Angkasa
Umar, Fakhrudin. 2002. Manajemen Perbankan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Wibisono, G. 2006. Bank Konvensional.Yogyakarta: Kanisius Strategi Meningkatkan Market Share Perbankan Syariah Nasional
www.kompasiana.com, Strategi Meningkatkan Market Share Perbankan Syariah Nasional (diakses tanggal 20 Maret 2016)
Yusi, M. Syahirman. 2012. Strategi diferensiasi: Upaya Menciptakan Kepuasan Nasabah (Studi kasus bank muamalat syari‟ah cabang palembang). Jurnal Kebangsaan. Vol. 1, No. 1. (diakses pada tanggal 30 Maret 2016)
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
©  Journal of Business and Management |  |