Strategi Peningkatan Penjualan Kopi Arabica Jenawi Desa Anggrasmanis, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah

Parama Satwika Ramadhan(1*) , Nani Irma Susanti(2)


(1) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(2) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa strategi peningkatan penjualan Kopi Arabica Jenawi di Kabupaten Karanganyar dengan variabel kualitas produk, harga, dan saluran distribusi. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan sampel 60 responden. Kuesioner sebagai instrumen untuk  mengumpulkan data. Analisa data menggunakan SWOT yaitu matrik space, matriks EFAS, matriks IFAS dan matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  matrik SWOT, kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dapat saling mengatasi masalah. Kekuatan dalam peluang dapat mengatasi, meminimaliskan, dan menghindari ancaman serta kelemahan. Analisis kurva matriks space Kopi Arabica Jenawi menunjukkan angka agresif 0,17 dan 0,25 yang menunjukkan bahwa Kopi Arabica Jenawi memiliki peluang untuk meningkatkan penjualan melalui pasar global. Penelitian ini secara akademis dan praktis dapat bermanfaat sebagai referensi bagi peneliti maupun petani dalam meningkatkan strategi penjualan. Untuk itu para petani harus terus meningkatkan kualitas maupun kuantitas, konsisten dalam menetapkan harga, serta membuka saluran distribusi yang luas bagi Kopi Arabica Jenawi.

Keywords


Kualitas Produk; Harga; Saluran Distribusi

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta. Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Assauri, Sofyan, 1999. Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi Revisi, LPFE-UI, Jakarta.

Bambang Riyanto, Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan, Yayasan Badan Penerbit Gadjah mada, Edisi 4, Yogyakarta. 2001.

Basu Swastha. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liber. Aaker, David A. 2013. Manajemen Pemasaran Strategi. Edisi kedelapan. Salemba Empat. Jakarta. Aaker,

David A. 2013. Manajemen Pemasaran Strategi. Edisi kedelapan. Salemba Empat. Jakarta.

David dan Fred R. Manajemen Strategi: Konsep-konsep, (Jakarta: INDEKS Kelompok Gramedia, 2006). David, Fred R. 2002. Manajemen Strategis: Konsep. Jakarta: Prenhallindo.

Fandy Tjiptono. 2006. Manajemen Jasa. Edisi Pertama . Yogyakarta : Andi

Fred R. David, 2009, Manajemen Strategis. Salemba Empat Jakarta.

Freddy Rangkuti, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,2017.

Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gitosudarmo, Indriyo. 1994. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE.

Herlambang, Susatyo. 2014. Basic Marketing (Dasar-dasar Marketing) Cara Mudah Memahami Ilmu Pemasaran. Yogyakarta : Gosyeng Publishing. Jakarta : PT. Indeks.

Jogiyanto H.M, 2004. Analisis dan Desain Sistem Informasi, Edisi Kedua,Yogyakarta

Kolter, Philip and Gary Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Armstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga. Kotler, Philip dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.

Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Jakarta: PT. Prehallindo.

Kotler,Philip.1997, Manajemen Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia jilid satu. Jakarta: Prentice Hall. Malhotra, Naresh K. 2006. Riset Pemasaran : Pendekatan Terapan Jilid 2.

Philip Kolter, 2005 , Manajemen Pemasaran, Jilid I dan II, PT. Indeks, Jakarta.

Philip Kotler, 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta

Pudji Rahardjo 2012. Tanaman kopi. Penebar Swadaya. Jakarta.

Rambat, Lupiyoadi, dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta; Salemba Empat

Rangkuti, Freddy. 2005. Riset Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. Rukmana, H. R. 2014. Untung Selangit dari Agribisnis Kopi. Lily Publisher, Jakarta Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang. 2015. Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Cetakan Pertama).

Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service). Yodhi purwoko 2006. Jurnal Analisis strategi kopi arabica bergendaal.


Article Metrics

Abstract views: 388 | PDF views: 312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©  Journal of Business and ManagementÂ