STRATEGI MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU PERDANA INDOSAT OOREDOO MELALUI MARKETING MIX DAN BRAND IMAGE DI KOTA SURAKARTA

Yuliana Andriani(1*) , Nuryati Nuryati(2)


(1) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui signifikasi pengaruh Marketing Mix dan Brand Image Terhadap keputusan pembelian kartu perdana Indosat Ooredoo di kota Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen kartu perdana indosat ooredoo di kota Surakarta  yang jumlahnya tidak diketahui. Sampel diambil pada konsumen kartu perdana indosat ooredoo sebanyak 100 orang dengan metode accidental sampling. Analisis menggunakan Uji Validitas, Reliabilitas, Asumsi Klasik, Uji t, Uji F, dan Koefisien Determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) produk berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian ; (2) harga berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian ; (3) promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ; (4) tempat berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian ; (5) brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ; (6) produk, harga, promosi, tempat dan brand image berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ; (7) koefisien determinasi (R2) didapatkan hasil sebesar 0,307 yang berarti variabel marketing mix dan brand image dapat menjelaskan 30,7% variabel keputusan pembelian, sedangkan sisanya 69,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti seperti brand trust, brand loyalty, perilaku konsumen, kualitas pelayanan, gaya hidup, word of mouth dan lain-lain.

Kata Kunci : marketing mix, brand image, dan keputusan pembelian

Full Text:

Untitled

References


Daftar Pustaka

Ahmad M Ramli. 2019. Jumlah data pelanggan operator seluler. Di ambil dari : https://kominfo.go.id .(17 Mei 2019).

Nur Qolbi. 2019. Pendapatan Kartu Perdana Indosat. Di ambil dari : https://amp.kontan.co.id/news/pendapatan-indosat-ooredoo-isat-mencapai-rp-123-triliun-id-semester-i-2019 . (6 Agustus 2019).

Yudi Hartoyo. 2014. Macam-macam kartu perdana. Di ambil dari: www.indosatooredoo.com .(20 November 2014).

Fandy Tjiptono,1997. Strategi Pemasaran. Edisi 1, Yogyakarta: ANDI

Mc Carthy, E. Jerome dan William D. Perreault,1993. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi 5. Jakarta: Erlangga.

Sriyadi, 1991. Bisnis, Pengantar Ilmu Ekonomi Perusahaan Modern. Semarang: IKIP Semarang Press.

Kotler. Philip dan Amstrong, Gary,1996. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi V, Jilid 2,Jakarta: Intermedia.

Edy Suryadi, Doni Hutomo, 2010, Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Kartu Prabayar IM3 DI kota Pontianak, jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 3 No.1. Erlangga. 2008

Alfian, B 2012. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan pembelian Mobil Toyota Kidjang Inova Pada PT.Hadji Kalla Cabang Polman Makassar: Skripsi Universitas Hassanudin

Sugiyono. (1999). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta

Ummar, Husein, 2003. “Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa”, Cetakan Pertama, Ghalia Indonesia.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarng: Undip Semarang Salatiga Press.

Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Undip: Semarang.


Article Metrics

Abstract views: 533 | Untitled views: 470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©  Journal of Business and Management