Pengaruh Kepuasan Konsumen, Kepercayaan, dan Kualitas Produk Terhadap Word Of Mouth Communication: Studi Pada Produk Sepatu Vans di Surakarta

Richness Kharisma(1*) , Hariyanti Hariyanti(2)


(1) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(2) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Kepuasan Konsumen, Kepercayaan, Kualitas Produk terhadap Word Of Mouth Communication: Studi Pada Produk Sepatu Vans Di Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuisioner terhaadap 100 responden pengguna sepatu Vans di Surakarta yang di peroleh dengan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Berdasarkan hasil olah data menunjukan bahwa uji validitas dan uji reliabilitas terhadap seluruh pertanyaan yang ada terbukti valid dan reliable. Hasil uji asumsi klasik menunjukan bahwa penelitian ini terdistribusi normal serta tidak terjadi adanya multikolinieritas dan heteroskedatisitas. Hasil dari persamaan regresi linier berganda dan uji t menunjukan bahwa variable kepuasan konsumen tidak berpengaruh signifikan, sedangkan variabel kepercayaan dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap WOM Communication. Hasil uji f menunjukan bahwa variabel kepuasan konsumen, kepercayaan, dan kualitas produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap wom communication. Sedangkan berdasarkaan berdasarkan hasil uji koefisien determinasi nilai adjusted r square (Adjust R²) adalah sebesar 0,576.

Keywords


Kepuasan Konsumen; Kepercayaan; Kualitas Produk dan Word Of Mouth Communication

Full Text:

PDF

References


Astuti, S. P. (2016). Modul Praktikum Statistika. Sukoharjo : Tekna.

Augusty Ferdinand. (2006). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Aydin, S., & Ozer, G. (2005). How Switching Costs Affect Subriber Loyality in the Turkish Mobile Phone Market: An Exploratory Study. Journal of Targeting, 14(2), 141-155.

Barreda, A. A., Bilgihan, A., & Kageyama, Y. (2015). The Role of Trust in Creating Positive Word of Mouth and Behavioral Intentions : The Case of Online Social Networks. Journal of Relationship Marketing, 14(1), 16–36. https://doi.org/10.1080/15332667.2015.1006002

Bryant, B. E., & Cha, J. (1996). Crossing The Threshold : Some Customers Are Harder To Please Than Others. Journal of Marketing Research, Vol. 8 No. 4, 20–28.

Buttle, F. A. (1998). Word of Mouth : Understanding and Managing Referral Marketing. Journal of Strategic Marketing, 254, 241–254.

Cengiz, E., & Yayla, H. E. (2007). The Effect of Marketing Mix on positive word of mouth communication : evidence from accounting offices in Turkey. Innovative Marketing, 3(4), 74–86.

Damayana, A. N. (2014). “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Terciptanya Electronic: Word Of Mouth di Media Sosial Twitter (Studi Pada: Telkomsel)”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Jurnal Ilmiah Mahasiswa. Universitas Brawijaya.

Fransiskus, Satrio. 2012. “Kualitas Terhadap Word of Mouth dan Minat Beli Kembali dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi”. Universitas Diponegoro.

Gensler, S., Völckner, F., Liu-Thompkins, Y., & Wiertz, C. (2013). Managing brands in the social media environment. Journal of Interactive Marketing, 27(4), 242–256. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2013.09.004

Haris Faulidi dkk. 2015. “Analisis Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Mahasiswa Terhadap Jurusan Ekonomi Syariah dengan Keinginan untuk Melakukan Word Of Mouth”. Jurnal Studi Ekonomi. IAIN Antasari Banjarmasin.

Harsasi, R. D. (2013). “Pengaruh Perceived Justice Terhadap Kepuasan dan Positive WOM Intention Siswa Pada SMA AB”. Tesis. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Airlangga.

Hurlock Elizabeth, B. (1980). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Hurlock Elizabeth, B. 2004. Developmenral Psychology. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid Satu. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip (2004). Marketing Management, The Millenium Edition. Englewood Cliffs, New Jersey : Prentice Hall.

Kotler, Philip, dan Gary Amstrong. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid Satu. Jakarta: Erlangga.

Kuncoro, M. (2013). Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi. (W. Hardani, Ed.) (4th ed.). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Liao, S., & Chung, Y. (2011). The impacts of brand trust , customer satisfaction , and brand loyalty on word-, (April 2015). https://doi.org/10.1109/IEEM.2010.5674402

Lovelock dan Wright. 2007. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT Indeks.

M. Khoirul Anam. (2010). “Pengaruh Kepuasan, Kualitas, dan Experiential Marketing Terhadap Word of Mouth Situs Jejaring Twitter”.

Malhotra. (2005). Riset Penelitian. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Martin, W. C. (2017). Positive Versus Negative Word-Of-Mouth : Effects On Receivers. Academy of Marketing Studies Journal, 21(2), 1–10.

Mayer, R. C., Davis, J. H., Schoorman, F. D., Mayer, R. C., & Davis, J. H. (1995). An Integrative Model Of Organizational Trust. Academy of Management Journal, 20(3), 709–734.

Mowen dan Minor. (2002). Perilaku Konsumen. Jilid 2 Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Neveen, Awad. and Arik Ragowsky. 2008. Establishing Trust In Electronic Commerce Through Online Word Of Mouth: An Examination Across Genders. Journal Of Management Information Systems / Spring. 24(4), pp: 101–121.

Nielsen. 2020. “Rekomendasi Word-of-Mouth Masih Menjadi Iklan Paling Dipercaya Oleh Konsumen Asia Tenggara”. diakses pada tanggal 12 Juni 2020 dari https://www.nielsen.com/

Peter, J. Paul dan Jery C Olso. 2002. Consumer Behavior and Marketing Strategy Sixth Edition. McGraw-grill Irwin.

Puspasari, Anita. (2014). “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Word Of Mouth Melalui Kepuasan Pelanggan”. Jurnal Ilmu Manajemen. UNESA.

Rahmawati, Y., & Suminar, B. (2014). “Pengaruh Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Word Of Mouth Pada Pelanggan Honda Motor Di Surabaya”. Jurnal Bisnis dan Perbankan. STIE Perbanas Surabaya.

Ranaweera, C and Jaideep, P. 2003. The Influence of Satisfaction, Trust, and Switching Barriers on Customer Retention in a Continuous Purchasing setting.International Journal of Service Industry Management, 14(4), pp: 374-395.

Sallam, M. A. (2016). An Investigation of Corporate Image Effect on WOM COMMUNICATION : The Role of Customer An Investigation of Corporate Image Effect on WOM Communication : The Role of Customer Satisfaction and Trust. International Journal of Business Administration, 7(3), 27–35. https://doi.org/10.5430/ijba.v7n3p27

Saputra, Angga. (2010). “Pengaruh Kepuasan, Kualitas, dan Experiential Marketing Terhadap Word of Mouth Situs Jejaring Facebook”. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro.

Sekaran, Uma. (2006). Metodologi Penelitian untuk Bisnis, Edisi 4 Buku Satu. Jakarta: Salemba Empat.

Sichtmann, Christina. 2007. An Analysis of Antecedents and Consequences of Trust in a Corporate Brand. European Journal of Marketing, 41(10), pp: 999-1015.

Simon, J., Sei Auh., Karen Smalley. (2005). Customer Relationship Dynamics: Service Quality and Customer Loyality in the Context of Varying Levels of Customer Expertise and Switching Costs. Journal of The Academy of Marketing Science, 33(2), 169-183.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta

Swan, J.E., & Nolan, J. (1985). Gaining Customer Trust: A Conceptual Guide for the Salesperson. Journal of Personal Selling and Sales Management, Vol. 5, 39-48.

Utama, M. S. (2016). Aplikasi Analisis Kuantitatif untuk Ekonomi dan Bisnis. Denpasar: CV Sastra Utama.

_____https://www.kaskus.co.id/thread/538ed382c807e7377a8b45d9/sejarah-sepatu-vans-dari-masa-ke-masa/ diakses pada 26 April 2020


Article Metrics

Abstract views: 1086 | PDF views: 795

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©  Journal of Business and Management