Analisis Pengaruh Psikologis Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone OPPO

Fadiyah Fadiyah(1*) , Saptani Rahayu(2)


(1) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa (STIE-AUB) Surakarta
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa (STIE-AUB) Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Analisis Pengaruh Psikologis Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo (Studi Kasus Di Toko Handoko Cell Karanganyar). Penelitian ini menggunakan metode pengambilan data secara primer yaitu menyebar kuesioner dimana populasi dalam penelitian ini adalah pengguna/ konsumen Smartphone Oppo di Toko Handoko Cell Karanganyar. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah populasi sebanyak 502 dan diambil sampel 100 responden. Dari hasil pengujian validitas dan reliabilitas data menunjukkan bahwa seluruh item pertanyaan yang diajukan terbukti valid dan reliabel. Hasil persamaan regresi linier berganda variabel motivasi pembelian, persepsi kualitas dan sikap terhadap merek, berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel motivasi pembelian, persepsi kualitas dan sikap terhadap merek secara parsial berbengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian . Hasil uji F menunjukkan variabel motivasi pembelian, persepsi kualitas dan sikap terhadap merek secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa nilai Adjusted R square sebesar 0,663yang berarti keputusan pembelian Smartphone Oppo mampu dijelaskan dengan variabel motivasi pembelian, persepsi kualitas dan sikap terhadap merek sebesar 66,3% dan sisanya 33,7% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian.


Keywords


motivasi pembelian, persepsi kualitas dan sikap terhadap merek

Full Text:

Untitled

References


Aaker, David A. 1997. Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Mitra Utama.

Aasael .2001.Consumer Behavior. Edisi Keenam. New York : Thomsom Learning

Ahmad Zakaria, N. Rachma,2017. Pengaruh psikologis Konsumen terhadap Pengambilan keputusan Pembelian Handphone Merek Samsung ( Studi Kasus Pada Meteor Cell Malang)

Aprillia,Ragil,Anggriani.2017. Pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi Kualitas Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ponsel Samsung (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Arikunto, S. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Karya.

Ario, Ferdian,Sasongko. Khasanah, Imroatul. 2012. Analisis Pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi Kualitas, Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pc Tablet Ipad (Studi Pada Konsumen Ipad Di Semarang).

Dessyana, Juwita. Cindy. 2013. Store Atmosphere Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Texas Chiken Multimart II. Manado : Jurnal EMBA 845. Vol.1, No.3

Dewi Urip Wahyuni. 2008. Pengaruh Motivasi, Presepsi, dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Honda di Surabaya.

Fariqoh, Hikmaktul. Rahayu, Sri ,Tri,Astuti, S.E., M.M. Analisis Pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi Kualitas, Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pc Tablet Ipad (Studi Pada Konsumen Ipad Di Semarang).

Ghozali, Imam.2009. Aplikas Analisis Dengan SPSS . Edsi Ke 4. Semarang : Badan Penerbt Universitas Diponegoro

Handoko, T. Hani. 2003. Manajemen Edisi 2. Yogyakarta: BPFE

Husein Umar, 2003, Metodologi Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis,Jakarta : PT. Gramedia Pustaka.

Jesica, Monica Reppi1, Altje Tumbel, Rotinsulu Jopie Jorie. 2015. Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas, Motivasi Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Ponsel Iphone Pada Pusat Perbelanjaan Itc Manado Kanuk. 2007. Edisi 10 .Konsep Dasar Psikologis Dan Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Kewirausahaan. Edisi Ke Tujuh. Indeks. Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.

Rio,Mohamad,Karim. 2020. Pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi Kualitas Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung (Studi Pada Pembeli Handphone Samsung Di Kota Semarang)


Article Metrics

Abstract views: 574 | Untitled views: 267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©  Journal of Business and Management