MODEL KONSEPTUAL FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN BERWIRAUSAHA (PENDEKATAN ROLE MODEL THEORY)

Murni Sulistyowati(1*) , Indriyana Widyastuti(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Model peran (Role Model), merupakan faktor yang berpengaruh dalam menjelaskan keputusan berwirausaha. Namun, seberapa besar pengaruh model peran terhadap keputusan wirausaha dalam konteks pembelajaran belum banyak diteliti. Penelitian  ini merupkan kajian empiris bertujuan melihat pengaruh  peran model dalam mempengaruhi keputusan berwirausaha bagi calon wirausaha baru yaitu mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian eksplanatory, yang menggambarkan hubungan kausalitas. Studi kami berdasarkan data yang diperoleh dengan kuesioner diisi oleh mahasiswa sebagai calon wirausahawan dengan sampel 100 orang. Pengolahan data dan analisis untuk menguji model secara kuantitatif dengan alat analisis SEM-PLS. Hasil penelitian bahwa 1) Goodness of fit model relatif masih kecil sebesar 13,4% (R-Square sebesar 0,134) yang menunjukan bahwa faktor yang tidak diteliti lebih besar memberi pengaruh pada keputusan wirausaha. 2) Pengaruh model peran terhadap keputusan berwirausaha melalui pembelajaran dengan dukungan merupakan pengaruh yang paling dominan. Dari hasil analisis data, temuan model, menyatakan bahwa model peran berpengaruh signifikan terhadap keputusan berwirausaha dengan dimediasi pembelajaran dengan dukungan artinya bahwa keputusan berwirausaha sangat dipengaruhi oleh model peran jika didukung oleh berbagai pihak seperti keluarga, pemerintah, pelaku usaha dan yang lain. Tanpa dukungan dari berbagai pihak tersebut model peran belum cukup untuk memberi pengaruh terhadap keputusan berwirausaha.

Keyword  : Role Model, Keputusan Wirausaha


Full Text:

PDF

References


Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50, 179-211.

Basow, S and Howe, K. (1980). Role-model influence: Effects of sex and sex-role attitude in college students.

Blanchflower, D. and Oswald, A. (1998). What makes an entrepreneur? Journal of Labor Economics, 16, 26-60.

Davidsson, P. and Honig, B. (2003).The role of social and human capital among nascent entrepreneurs. Journalof Business Venturing 18(3), 301-331.

Gibson, D.E. (2003). Developing the professional self-concept: role model construals in early, middle, and late career stages. Organization Science, 14(5), 591-610.

Gibson, D.E. (2004). Role models in career development: New directions for theory and research. Journal ofVocational Behavior, 65, 134-156.

Returns to cognitive and social ability: Entrepreneurs versus employees. Journal of Economics and Management Strategy, 19(4), 947-989.

Minniti, M. (2005). Entrepreneurship and network externalities. Journal of Economic Behavior and Organization,57(1), 1-27.

Mueller, P. (2006). Entrepreneurship in the region: Breeding ground for nascent entrepreneurs? Small Business Economics.27, 41-58.

Nauta, M. and Kokaly, M. (2001). Assessing role model influences on students' academic and vocational decisions. Journal of Career Assessment 9 (1), 81-99.

Scherer, R., Adams, J., Carley, S. and Wiebe, F. (1989). Role model performance effects on development of entrepreneurial career preferences. Entrepreneurship Theory and Practice 13 (3), 53-71.

Wright, S., Wong, A. and Newill, C. (1997).The impact of role models on medical students. Journal of General Internal Medicine 12, 53-5




DOI: https://doi.org/10.36587/probank.v2i1.129

Article Metrics

Abstract views: 260 | PDF views: 266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 
©  ProBank: Jurnal Ekonomi dan Perbankan
View Probank Stats