Penggunaan Akun Virtual Trading Dalam Edukasi Pasar Modal

Nugroho Wisnu Murti(1*) , Saptani Rahayu(2) , Indriyana Widyastuti(3)


(1) STIE AUB Surakarta
(2) STIE AUB Surakarta
(3) STIE AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini fokus pada edukasi pengelolaan keuangan dalam diversifikasi investasi di pasar modal pada komunitas pengusaha mikro dan kecil di wilayah Surakarta (Solo) dan sekitarnya. Urgensi kegiatan ini mendasarkan pada dua pertimbangan yaitu 1) kurangnya pemahaman diversifikasi investasi di pasar modal pada komunitas tersebut; 2) momentum tepat untuk berdiskusi tentang topik ini mengingat pasar modal Indonesia sedang mengalami restrukturisasi setelah masa pandemic covid-19. Kegiatan dilakukan secara daring yang diawali dengan materi dari perwakilan Bursa Efek Indonesia, dilanjutkan dengan simulasi transaksi jual-beli saham oleh tim PKM serta diskusi. Hasil menarik kegiatan ini adalah metode simulasi transaksi dengan akun virtual yang dinilai mampu memberikan pemahaman secara lebih mudah tentang mekanisme transaksi jual beli saham meskipun untuk individu awalnya yang sama sekali belum pernah mengetahui tentang saham. Meskipun kegiatan ini secara insidental dilakukan hanya 1 kali, tetapi outcome kegiatan ini dapat dicapai dengan indikator pembuatan rekening dana nasabah (RDN)

Keywords


pasar modal, simulasi, pengabdian kepada masyarakat, EMKM

Full Text:

PDF

References


Aditama, R. R., & Nurkhin, A. (2020). Pengaruh Pelatihan Pasar Modal Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Di Pasar Modal Dengan Pengetahuan Investasi Dan Manfaat Investasi Sebagai Variabel Intervening. Business and Accounting Education Journal, 1(1), 27–42.

Andari, A. T., & Setianingsih, N. A. (2017). Pelatihan Pasar Modal Menggunakan Analisis Fundamental dan Teknikal di Kelurahan Tinalan Kota Kediri. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat INDEKS (Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Terintegrasi), 2(1).

Aspirandi, R. M., & Oktavian, D. D. (2019). Pelatihan Pasar Modal Syariah Pada SMK Al Hasan Panti Jember. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 5(1), 66–71.

Badriatin, T., Rinandiyana, L. R., & Sudiarti, S. (2020). Pelatihan Investasi Sejak Dini Melalui Pasar Modal Pada Mahasiswa Baru Politeknik Triguna Tasikmalaya. JCES (Journal of Character Education Society), 3(1), 8–16.

Cahyani, D. I., Diana, N., & Mawardi, M. C. (2020). Analisis Strategi Sosialisasi Pasar Modal Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Berinvestasi Di Pasar Modal (Studi Pada Mahasiswa Di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 9(10), 94–103.

Dewi, P. (2020). Pengaruh Edukasi Pasar Modal Terhadap Persepsi Risiko Dan Minat Berinvestasi Masyarakat. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 12(1), 129–138.

Isbanah, Y., Musdholifah, Hartono, U., & Budiono. (2017). Pelatihan Pasar Modal dan Trading Stock sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Guru-Guru Ekonomi SMA di Surabaya. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Ismail, J. (2020). Edukasi Dan Motivasi Menjadi Investor Di Pasar Modal Syariah (Studi Kasus Galeri Investasi Syariah Iain Sultan AMAI). BALANCA: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(2).

Listyani, T. T., Rois, M., & Prihati, S. (2019). Analisis Pengaruh Pengetahuan Investasi, Pelatihan Pasar Modal, Modal Investasi Minimal Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Di Pasar Modal (Studi Pada PT Phintraco Sekuritas Branch Office semarang). Jurnal Aktual Akuntansi Keuangan Bisnis Terapan (AKUN BISNIS), 2(1), 49–70.

Mawardi, M., & Lemiyana, L. (2020). Edukasi Pasar Modal Syariah untuk Menumbuhkan Minat Investasi bagi Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 529–537.

Merawati, L. K., & Putra, I. P. M. J. S. (2015). Kemampuan pelatihan pasar modal memoderasi pengaruh pengetahuan investasi dan penghasilan pada minat berinvestasi mahasiswa. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 10(2), 108–118.

Oktavia, S. A., Mu’ayanah, R., & Hana, K. F. (2020). Pengaruh Edukasi, Manfaat, Rekomendasi Pasar Modal Syariah Terhadap Minat Berinvestasi Mahasiswa Febi Iain Kudus. BanKu: Jurnal Perbankan Dan Keuangan, 1(2), 75–84.

Putra, I., & Supadmi, N. L. (2019). Pengaruh Pelatihan Pasar Modal, Persepsi Mahasiswa, Modal Minimal dan Hubungan Pertemanan pada Minat Berinvestasi. E-Jurnal Akuntansi, 27(2).

Sandri, S. H., Samsiah, S., & Bakaruddin. (2018). Edukasi Pasar Modal Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Untukmu Negeri, 2(1), 1–4.

Septiani, D., Martono, A., Ferdiansyah, & Karlina, L. (2020). Pengenalan Manajemen Investasi Dan Pasar Modal Bagi Siswa/I Dan Guru Akuntansi SMK Bintang Nusantara. JURNAL KUAT: Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 2(1), 58–63.

Wardhani, D. P., & Widyaningrum, P. W. (2020). Edukasi Dan Pelatihan Investasi Pasar Modal Indonesia Di Kelurahan Sukorejo. BUDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 100–108.

Wibowo, A., & Purwohandoko. (2019). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Kebijakan Modal Minimal Investasi, Dan Pelatihan Pasar Modal Terhadap Minat Investasi (Studi Kasus Mahasiswa FE Unesa Yang Terdaftar Di Galeri Investasi FE UNESA). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 7(1), 192–201.




DOI: https://doi.org/10.36587/wasananyata.v5i2.1081

Article Metrics

Abstract views: 397 | PDF views: 254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Wasana Nyata ©  Jurnal Pengabdian Pada MasyarakatWeb AnalyticsView Statistics