Pelatihan Strategi Pemasaran Digital Pada Siswa Smk Pembangunan Nasional Sukoharjo (Pendekatan Sistem Bisnis Dropship)

Irwan Christanto Edy(1*) , Setyani Sri Haryanti(2) , Heriyanta Budi Utama(3) , Basuki Sri Rahayu(4)


(1) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(2) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(3) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(4) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengangguran merupakan permasalahan sosial yang membutuhkan penanganan yang serius. Salah satu solusi mengatasi pengangguran adalah program membangun bisnis sendiri. Program pembelajaran bisnis yang merupakan upaya membangun bisnis lebih baik dimulai dari jenjang pendidikan formal. Pendidikan karakter bisnis sangat tepat dialokasikan pada jenjang SMK, karena lulusan SMK merupakan lulusan yang produktif dan dapat dipersiapkan kerja di masyarakat. Pengabdian pada masyarakat tentang membangun bisnis bagi siswa SMK ini bertujuan untuk memberikan pendidikan karakter bisnis khususnya bisnis online sistem dropship  dengan memberikan pengetahuan dan ketrampilan. Pendidikan bisnis dan bisnis perlu tokoh panutan supaya pendidikan bisnis lebih optimal. Metode dengan melibatkan tokoh panutan (role model) merupakan pendekatan pendidikan bisnis yang melibatkan tokoh panutan pebisnis yang sudah berhasil dalam membangun bisnis online dengan sistem dropship. Tokoh panutan ini diharapkan mampu menjadi motivator yang kuat untuk menumbuhkan minat dan motivasi siswa untuk berbisnis sesuai dengan bidang kompetensi. Metode pengabdian pada masyarakat dengan memberikan (1)ceramah/penyuluhan, 2)pelatihan dan, 3)pendampingan bisnis. Dalam kegiatan ini Tim pelaksana bermitra dengan SMK Pembangunan Nasional  Sukoharjo. Kegiatan diharapkan akan meningkat pengetahuan, minat, siswa untuk berbisnis.

Keywords


Bisnis Online, Siswa, Tokoh Panutan, Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Agency, Beranda. 2012. Dropshipping: Cara Mudah Bisnis Online, Elex Media Komputindo: Jakarta.. Hal 7

Ahmad Syafi’I, 2003. Bisnis Dropshipping dan Reseller, (Jakarta: PT Alex Media Kuoputindo,), h.7

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. (hlm 141) Jakarta: Raja Grafindo (Rajawali Press).

Briggs, R. & Hollis, N., 1997. Advertising on the Web: Is there response before clickthrough. Journal of Advertising Research, 37(1), pp. 33-45.

Buchari, Alma, 2014. “Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa”. Bandung : CV. Alfabeta. Denis MC Quail, 1996. Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar, (Cet IV, PT.GeloraAksara Pratama,), h 4

Derry Iswidharmanjaya, Dropshipping Cara Mudah Bisnis Online, (Jakarta: PTbElex Media Komputindo, 2012), h. 5.

Feri Sulianta, Terobosan Berjualan Online ala Dropshipping (Yogyakarta: Penerbit Andi, 2014), h. 2.

Hasan, Ali, 2013, Marketing, Cetakan Pertama, Media Pressdindo Yogyakarta J.R. Raco, Metode Penelitian Kulaitatif (Jakarta: PT Grasindo, 2010), hlm. 7.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2009. Manajemen Pemasaran (Jakarta: PT Indeks,), 68.

Kotler, Philip. dan Garry Armstrong. 2010. Dasar-dasar Pemasaran. Edisi Kesembilan, Jilid 2, PT. Indeks : Jakarta

Mauren Anindya, “Pahami Untung-Rugi Menjalankan Bisnis Dropship”, artikel diakses pada 29 Januari 2019 dari http://netpreneur.co.id/

Moleong, Lexy, 2007,Metodologi Penelitian Kualitatif,, (Bandung: Remaja Rosdakarya), hal.11

Muhammad Arifn Badri, “Jual Beli sistem Dripshipping”, dalam Majalah AlFurqon, No. 156 Ed. 9 Th ke-14_1436H/2015M

Mujiyana & Elissa, I. 2013. Analisis Faktorfaktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Via Internet pada Toko Online. J@TI Undip, VIII (3):143152




DOI: https://doi.org/10.36587/wasananyata.v6i1.1224

Article Metrics

Abstract views: 332 | PDF views: 172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Wasana Nyata ©  Jurnal Pengabdian Pada MasyarakatWeb AnalyticsView Statistics