Optimalisasi Pemasaran Usaha Mikro Kecil di Masa Pandemi Covid 19

Bowo Winarno(1*) , Tri Atmojo Kusmayadi(2) , Diari Indriati(3) , Titin Sri Martini(4) , Putranto Hadi Utomo(5)


(1) Universitas Sebelas Maret, Surakarta
(2) Universitas Sebelas Maret, Surakarta
(3) Universitas Sebelas Maret, Surakarta
(4) Universitas Sebelas Maret, Surakarta
(5) Universitas Sebelas Maret, Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Pandemi Covid-19 yang terjadi pada tahun 2020 memukul perekonomian banyak orang, khususnya UKM di wilayah Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo. Masalah yang dihadapi para pelaku UKM adalah menurunnya penghasilan mereka di masa pandemi ini. Tujuan pengabdian dengan topik optimalisasi pemasaran usaha mikro kecil di masa pandemic covid 19 adalah untuk meningkatkan pendapatan para pelaku UKM dengan menerapkan protocol Kesehatan. Metode pengabdian dilakukan dengan melakukan pelatihan memasarkan produk lewat social media dan pendampingan secara berkala. Dalam pemasaran online, media online memiliki beberapa peran penting termasuk branding, promosi yang efektif. Pendampingan diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam pemasaran produk UKM. Hasil pendampingan tersebut adalah pertama, para pelaku UKM dalam menjual produknya menerapkan protocol Kesehatan sehingga para konsumen merasa nyaman dan aman, hasil pengabdian kedua adalah para pelaku UKM  bisa memasarkan produknya lewat social media, sehingga produknya lebih di ketahui masyarakat luas.


Keywords


media online, promosi UKM

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2021. Ekonomi Indonesia 2020 Turun Sebesar 2,07 Persen. https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/02/05/1811/ ekonomi-indonesia-2020-turun-sebesar-2-07-persen--c-to-c-.html, diakses 18 Nopember 2021.

Pasaribu, R. 2020. Optimalisasi Media Online Sebagai Solusi Promosi Pemasaran Umkm Di Semarang Pada Masa Pandemi Covid-19. 1(1), 33-44. doi:10.24167/jkm.v1i1.2848

Zuraya, N. 2020. Kemenkominfo harapkan UMKM manfaatkan pasar digital. https://republika.co.id/berita/q561cd383/kemenkominfo-harapkan-umkm-manfaatkan-pasardigital, diakses 18 Nopember 2021.

Winarno, B dan Arfawi, N. Optimalisasi Media Online Sebagai Solusi Pemasaran UMKM Di Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Di Masa Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar UNIMUS vol 4, 2021.




DOI: https://doi.org/10.36587/wasananyata.v6i2.1300

Article Metrics

Abstract views: 196 | PDF views: 128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Wasana Nyata ©  Jurnal Pengabdian Pada MasyarakatWeb AnalyticsView Statistics