Strategi Promosi Pariwisata Sendang Beji Di Kebakkramat Sebagai Penguat Ekonomi Masyarakat

Tri Nurdyastuti(1*) , Suroto Suroto(2) , Lukman Ahmad Imron P(3) , Mulyadi Mulyadi(4) , Siti Fatonah(5)


(1) Universitas Dharma AUB Surakarta
(2) Universitas Dharma AUB Surakarta
(3) Universitas Dharma AUB Surakarta
(4) Universitas Dharma AUB Surakarta
(5) Universitas Dharma AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Sendang Beji merupakan ruang terbuka hijau dan terdapat mata air. Sendang Beji telah dialihfungsikan menjadi lokasi wisata lokal untuk meningkatkan potensi ekonomi dengan menggandeng UMKM setempat. Dengan diresmikannya mata air Beji sebagai lokasi wisata akan banyak dikunjungi warga dan dapat menggerakan perekonomian masyarakat setempat. Pariwisata merupakan sektor yang menggerakkan kemajuan ekonomi. Pariwisata agar dapat dikenal oleh masyarakat luas membutuhkan strategi promosi yang tepat. Tim pengabdian kepada masyarakat telah melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan judul “Strategi Promosi Wisata Sendang Beji di Kebakkramat Sebagai Penguat Ekonomi Masyarakatâ€. Kegiatan pengabdian ini berupa pendampingan, diskusi dan ceramah tentang pentingnya strategi promosi dalam memperkenalkan lokasi wisata lokal. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa wawasan pengelola mata air Beji (BUMDes Tri Manunggal Karsa) tentang pentingnya strategi promosi pariwisata sudah mulai berkembang, sudah terbentuk pola pikir pengelola untuk memanfaatkan teknologi sebagai jembatan promosi pariwisata Strategi yang dilakukan adalah adanya keinginan pengelola mata air Beji menjadi agen promosi wisata Sendang Beji dengan membentuk kelompok sadar wisata

Keywords


Sendang Beji, Strategi Promosi, BUMDes

Full Text:

PDF

References


Dwi H, C. (2015). Strategi Pemasaran Obyek Wisata Daerah Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Mancanegara (Studi Pada Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kota Batu). 3(2), 1689–1699.

Hidayah, nurdin dkk. (2021). Strategi Pemasaran Media Sosial Destinasi Pariwisata Menggunakan Pendekatan SOSTAC. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas Dan Perjalanan, 5(2), 57–75. https://doi.org/10.34013/jk.v5i2.408

Https://buffer.com/resources/, M. (2017). https://buffer.com/resources/. Lua,Alfred.

Https://databoks.katadata.co.id/. (2022). Pengguna TikTok Terus Bertambah sampai Kuartal I 2022.

https://kebakkramat.karanganyarkab.go.id. (2022). Peresmian Sendang Wisata Beji Desa Kemiri. https://kebakkramat.karanganyarkab.go.id/2022/01/17/peresmian-sendang-wisata-beji-desa-kemiri-2/

Kotler. (2002). Manajemen Pemasaran (2 (ed.)). Salemba Empat.

Prastiyanti, D. P., & Yulianto, Y. (2019). Media Promosi Pada Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 2(2), 174–184. https://doi.org/10.17509/jithor.v2i2.20993

Priyatno, D. (2010). Cara Kilat Belajar Ananlisis Data. ANDI.

Purnawati, L. (2021). PEMBENTUKAN KELOMPOK SADAR WISATA ( POKDARWIS ) DAN PENGEMBANGAN WISATA DI PANTAI GEMAH. XIV(02), 293–307.

Radji, D. L., & Kasim, S. (2020). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Delizza Pizza Kota Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4(1), 17. https://doi.org/10.37905/aksara.4.1.17-26.2018




DOI: https://doi.org/10.36587/wasananyata.v6i2.1302

Article Metrics

Abstract views: 355 | PDF views: 224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Wasana Nyata ©  Jurnal Pengabdian Pada MasyarakatWeb AnalyticsView Statistics