Program Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Dalam Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat Kadokan

Yulian Dwi Nurwanti(1*) , Maya Rosita(2) , Nola Widiyati Chainaris(3) , Siska Indriyani(4) , Tito Sarjono(5) , Welly Dwi Cahya Andryanza(6) , Yoga Dwi Pangestu(7) , Rinto Aditia(8)


(1) Universitas Islam Batik Surakarta
(2) Universitas Islam Batik Surakarta
(3) Universitas Islam Batik Surakarta
(4) Universitas Islam Batik Surakarta
(5) Universitas Islam Batik Surakarta
(6) Universitas Islam Batik Surakarta
(7) Universitas Islam Batik Surakarta
(8) Universitas Islam Batik Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Hasil pendataan dan survei lapangan oleh mahasiswa UNIBA di Desa Kadokan, memiliki UMKM potensial berupa usaha yang menghasilkan suatu produk atau jasa. Namun dalam kegiatan pemasaran pelaku usaha masih melakukan secara konvesional dan dalam pemanfaatan strategi branding juga belum optimal.  Sehingga lingkup pemasaran masih terbatas menjadikan usaha yang dijalankan belum dapat berkembang dengan baik. Kegiatan KKN sebagai bentuk pengabdian masyarakat di Desa Kadokan bertujuan untuk memberikan sumbangsih sosial dari kampus untuk masyarakat sekaligus agar masyarakat memperoleh bantuan pikiran dan tenaga  untuk melaksanakan pengembangan desa dan menyelesaikan permasalahan masyarakat yang ada di desa. Metode yang digunakan metode pendataan UMKM serta partisipasi mitra dengan cara memberikan arahan manfaat sosial media. Turut serta berkontribusi dalam pendataan UMKM yang ada di Desa Kadokan serta membantu pelaku usaha dalam meningkatkan eksistensi Gates Baker sebagai salah satu UMKM yang bergerak di bidang pembuatan dan penjualan kue custom.


Keywords


Desa Kadokan, Pengabdian Masyarakat, Pengembangan UMKM

Full Text:

PDF

References


Angeline, Allister, D., Gunawan, L. L., & Prianto, Y. (2022). Pengembangan UMKM Digital Sebagai Upaya Ketahanan Bisnis Pasca Pandemi COVID-19. SERINA IV UNTAR 2022, 1-8.

Anggraeni, F. D., Hardjanto, I., & Hayat, A. (2020). Pengembangan Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitas Pihak Eksternal dan Potensi Internal. Jurnal Administrasi Publik (JAP), I, 1-10.

Femi Oktaviani, D. R. (2018). Penguatan Produk UMKM "Calief" Melalui Strategi Branding Komunikasi. Jurnal Abdimas BSI.

Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. GROWTH: Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, I, 1-16.

Idayu, R., Husni, M., & Suhandi. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa di Desa Nembol Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang Banten. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, VII, 1-13.

Munsa, Y., & Pinilih, M. (2019). Strategi Pengembangan Digitalisasi UMKM. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers, 1-10.

Nasution, E. Y., & Indria, T. (2021). Digitalisasi UMKM di Masa Pandemi. Proceding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2 (1), 1-9.

Nasution, I. S., & Siregar, E. F. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Aplikasi Ujian dalam Jaringan Berbasis Web bagi Guru SMP Muhammadiyah di Kota Medan. Jurnal Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, III, 1-9.

Oktaviani, F., Sariwaty, Y., Rahmawati, D., NF, A. G., & N, D. R. (2018). Penguatan Produk UMKM "Calief" Melalui Strategi Branding Komunikasi. Jurnal Abdimas BSI, I, 1-7.

Padilah, A. R., Khofifah, A. N., Izzulhaq, E. N., Natasya, S., Nisa, S. N., & Khumaeroh, M. S. (2021). Strategi Pengembangan Umkm melalui Digitalisasi Promosi Produk di Desa Melati Wangi Rw. 08 Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, I, 1-13.

Prasetya, A. J., Laksono, Y. T., & Hidayat, W. (2020). Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Pengembangan Marketing Website dan Desain Kemasan pada UKM Bumi Cipta Sejahtera Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM17), V, 1-7.

Puji, R. A., Kartono, & Rahmadi. (2020). Pengembangan UMKM Melalui Digitalisasi Teknologi dan Integrasi Akses Permodalan. Ethos: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, VIII, 1-9.

Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan Usaha UMKM di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, IV, 1-16.

Sandi, B. S., Muljaningsih, S., & Wahed, M. (2022). Pengembangan Digitalisasi Umkm Masyarakat Kelurahan Tambak Wedi Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, II, 1-7.

Suyadi, Syahdanur, & Suryani, S. (2018). Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Ekonomi KIAT, XXIX, 1-10.

Wijoyo, H. (2020). Digitalisasi UMKM Pasca Pandemi COVID-19 di Riau. Prodi Administrasi Publik UPN Veteran Jawa Timur, 1-194.




DOI: https://doi.org/10.36587/wasananyata.v6i2.1305

Article Metrics

Abstract views: 108 | PDF views: 92

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Wasana Nyata ©  Jurnal Pengabdian Pada MasyarakatWeb AnalyticsView Statistics