Pelatihan Penyusunan Paket Wisata Dan Kuliner Di Umbul Sigedhang Dan Umbul Kapilaler

Septi Wulandari(1*) , Antin Okfitasari(2)


(1) Akademi Pariwisata Mandala Bhakti Surakarta
(2) Universitas Duta Bangsa Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Umbul Sigedhang dan Umbul Kapilaler tertelak di Desa Umbulsari, Ponggok, Polanharjo, Kabupaten Klaten. Pengelolaan kedua umbul ini dibawah POKDARWIS yaitu POKJA 5 dan POKJA 6. Selama ini dalam mengelola wisata di kedua umbul ini, pengelola sudah memiliki kebijakan paket wisata maupun penyajian kuliner khas setempat. Paket wisata ini masih sangat sederhana sehingga belum merupakan paket secara komprehensif yang bisa menarik pengunjung. Pengelolaan kuliner yang dikelola oleh UMKM Pawon Kuliner Sigedhang juga belum menyajikan variasi paket menu yang sebenarnya bisa menjadi andalan untuk menarik pengunjung. Tampilan menu yang ala kadarnya, belum adanya harga yang disajikan serta inovasi menu menjadikan wisata kuliner ini kurang menarik pengunjung.

Solusi dari permasalahan tersebut, maka team pelaksana pengabdian masyarakat melakukan serangkaian pelatihan dan diskusi tentang paket wisata dan kuliner. Pelatihan meliputi kegiatan ceramah, simulasi serta praktek bersama dalam menyusun paket wisata dan paket kuliner yang menarik. Pelatihan ini diikuti kurang lebih 19 orang dan berlangsung dengan antusias dari peserta yang mengikuti. Pasca pelatihan, diadakanlah kegiatan monitoring dan evaluasi. Diperoleh hasil yang memuaskan, peserta mulai menerapkan apa yang sudah diperoleh pada saat pelatihan  Paket Wisata dan Kuliner

Keywords


Paket wisata, Paket Kuliner, Pokdarwis, Umbul

Full Text:

PDF

References


Archer, J., Syratt., G. 2003. Manual of Travel Agency Practice. Routledge; 3 edition.

Baltescu, C. 2016. Culinary Experiences as a Key Tourism Attraction. Case Study: Brasov Country. Bulletin of the Transilvania University of Brasov, 9(58), 107-112.

De Vries, H.J., & Go, F.M. 2017. Developing a Common Standard for Authentic Restaurants. Service Industries Journal, 37(15-16), 1008-1028. https://doi.org/10.1080/02642069.2017.137363.

Holloway, J. /c., & Humphreys, C. 2019. The Business of Tourism – J. Christopher Holloway, Claire Humphreys – Google Buku.

Kristina, Suryadi & Sunaryo. 2018. Eksplorasi Potensi Wisata Kuliner Untuk Pengembangan Pariwisata Di Kota Tangerang. Jurnal Khasanah Ilmu, 18-23.

Peraturan Daerah Kabupaten Klaten Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan.

Project, A., & Growth, B. 2015. Guide for The Development of Tourism Packages Based on Artificial Reefs.

Sidali, K.L., & Hemmerling, S. 2014. Developing an Aunthenticity Model of Traditional Food Specialties: Does the self-concept of consumers matter? British Food Journal, 116(11), 1692-1709. https://doi.org/10.1108/BFJ-02-2014-0089.

Smith, S. L. J., & Xiao, H. G.,. 2008. Culinary Tourism Supply Chains: A Preliminary Examination. Journal of Travel Research, 26(3).




DOI: https://doi.org/10.36587/wasananyata.v6i2.1313

Article Metrics

Abstract views: 293 | PDF views: 237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Wasana Nyata ©  Jurnal Pengabdian Pada MasyarakatWeb AnalyticsView Statistics