Inovasi Produk Dan Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Home Industry Kroso, Desa Jeruksawit, Kec Gondangrejo Karanganyar
(1) Universitas Slamet Riyadi Surakarta
(2) Universitas Slamet Riyadi Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Jeruk sawit adalah desa yang terletak di Kecamatan Gondang Rejo, Kabupaten Karanganyar. Desa Jeruk sawit tersebut memiliki 12 dusun, salah satunya adalah dusun Kedunggong. Yang merupakan dusun yang dipilih dalam kegiatan pengabdian ini. Lingkungan di wilayah tersebut banyak yang melakukan berbagai macam kegiatan usaha home industry, diantaranya pembuatan anyaman kroso dari sisa-sisa potongan bambu yang tidak terpakai, yang dapat digunakan untuk membungkus buah-buahan yang di jual di pasar, akan tetapi usaha home industry tersebut kurang dioptimalkan, disamping kurang adanya kemampuan dalam mengembangkan usaha, mereka belum mengembangkan cara pemasaran yang efektif agar penjualan meningkat. Pelaku juga belum memikirkan adanya inovasi produk agar tidak hanya mengandalkan satu produk saja, karena dari ptotongan bamboo tersebut dapat digunakan untuk membuat variasi produk yang lain. Tim pengabdian dari Universitas Slamet Riyadi melaksanakan kegiatan pengabdian ini dengan cara melakukan kegiatan pendampingan untuk dapat meningkatkan strategi pemasaran agar dapat meningkatkan penjualan serta perlunya inovasi produk. Hasil kegiatan pengabdian ini adalah meningkatnya penjualan dari adanya strategi pemasaran yang lebih efektif dan adanya inovasi produk, luaran pengabdian ini adalah artikel yang akan dipublikan dalam jurnal pengabdian masyarakat yang terakreditasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Chusnul Rofiah.2020 Pelatihanan Peningkatan Inovasi Produk UKM Di Desa Jatigedong. EKOBIS ABDIMAS. Volume 1, Nomor 2, Desember, 2020
Harni dan Nurjannah. 2022.Pendampingan Peningkatan Pemasaran melalui Strategi Labeling Produ Pada Home Industry (Beppa Laiyya) di Desa Lamatti Riaja Kecamatan Bulupoddo. Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis
Hermansyah, dkk.2023. PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN, INOVASI PRODUK KREATIF DAN ORIENTASI PASAR UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN UMKM TEKAT TIGA DARA. J-PIS, Vol 2, No 1 Januari 2023, Hal 72-76
Mustamim, dkk.2020. Inovasi dan Strategi Pemasaran Produk Industri Kecil di Era New Normal. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT BIDANG EKONOMI Vol. 1, No. 1, Desember 2020 Hal. 20 – 22
Putri Fitria Soleha dan Agus Supriono.2022. Capaian Hasil Inovasi Produk dan Digital Marketing Usaha Rengginang di Rowoindah – Jember. Abdi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Volume 4 Nomor 1 2022, pp 53-59
DOI: https://doi.org/10.36587/wasananyata.v7i1.1461
Article Metrics
Abstract views: 244 | PDF views: 111Refbacks
- There are currently no refbacks.
Wasana Nyata © Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat | View Statistics |