Pemberdayaan Masyarakat Pada UMKM Kerupuk Jari HM di Dusun Ngablak, Desa Kadirejo, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang

Cantika Nandira Rizky(1*) , Mariyani Ika Lestari(2) , Aldiya Najmi Shafa Harwada(3) , Ruth Apriliyanti(4) , Mada Adi Wibowo(5)


(1) STIE AMA Salatiga
(2) STIE AMA Salatiga
(3) STIE AMA Salatiga
(4) STIE AMA Salatiga
(5) STIE AMA Salatiga
(*) Corresponding Author

Abstract


Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) merupakan dasar perekonomian Indonesia yang butuh memperoleh perhatian dikarenakan bisa menyerap tenaga kerja serta mengurangi pengangguran ditengah persaingan terhadap pekerjaan sektor formal. Pemberdayaan UMKM menjadi opsi strategis guna menaikkan pendapatan kelompok masyarakat  berpenghasilan rendah, didalam rangka mengurangi gap pendapatan dan juga kemiskinan melalui peningkatan kapasitas usaha dan juga keterampilan pengelolaan usaha.

Kegiatan kuliah praktek pemberdayaan masyarakat (KPPM) ini dilakukan di UMKM Kerupuk Jari HM milik Ibu Sri Wahyuni yang berlokasi di Dusun Ngablak, Desa Kadirejo, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang. Metode pengabdian ini dilakukan dengan 3  tahapan yang dilakukan bersama dengan DPL dan pemilik UMKM seperti: persiapan, analisis dan identifikasi masalah, serta implementasinya.

Hasil dari kegiatan kuliah praktek pemberdayaan masyarakat (KPPM) dapat berjalan dengan baik meskipun dalam waktu singkat. Diharapkan agar anggota kelompok 10 dapat mengambil ilmu selama kegiatan ini berlangsung dan semoga bermanfaatan untuk kami kedepannya.


Full Text:

PDF

References


Hidayat, Asep., et., all (2022). Peran UMKM (Usaha, Mikro, Kecil, Menengah) dalam Pembangunan Ekonomi Nasional. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(6), 6707-6714

Kotler, Philip. (1997). Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Impelentasi dan Kontrol. Jakarta: PT Prenhallindo, 52.

Kumala, Naila Adien. & L. Dyah Purwita Wardani SWW. (2022). Optimalisasi Produk Camilan dengan Manajemen Produk dan Pemasaran melalui Media Sosial. Jember. Aptekmas. 5(1).

Wibowo, Mada Adi, Muhamad Irfani, & Putri Wantika Suwandi. (2023). Strategi Pengembangan Pemasaran dan Pemanfaatan Digital Marketing pada UMKM “Gethuk P2 Ngaglik”. Salatiga. Wasana Nyata. 7(1).




DOI: https://doi.org/10.36587/wasananyata.v8i1.1753

Article Metrics

Abstract views: 60 | PDF views: 29

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Wasana Nyata ©  Jurnal Pengabdian Pada MasyarakatWeb AnalyticsView Statistics