Pelatihan Metode Canva Untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran Yang Kratif Dan Inovatif Bagi Guru Di Smk Bina Wiyata Sragen

Kunto Hamijoyo(1*) , Agus Nugroho(2) , Yoiceta Vanda(3)


(1) Universitas Dharma AUB Surakarta
(2) Universitas Dharma AUB Surakarta
(3) vandayoiceta@gmail.com
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat ini untuk bertujuan memberikan pelatihan pembuatan media pembelajaran dengan metode aplikasi Canva. Aplikasi Canva merupakan suatu tools desain grafis untuk membantu dalam pembuatan desain kreatif yang mudah digunakan. Dalam kegiatan ini, dilaksanakan pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan Canva bagi guru-guru di SMK Bina Wiyata Sragen. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta pelatihan dalam pembuatan media pembelajaran menggunakan Canva. Kegiatan ini terdiri dari 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi dan pelaporan. Tahap pelaksanaan dilakukan dengan metode ceramah interaktif dan praktik. Pemaparan materi dilanjutkan dengan praktik pembuatan media pembelajaran. Kegiatan ini diikuti oleh 42 guru-guru SMK Bina Wiyata Sragen. Setelah pelatihan, semua peserta mampu membuat media pembelajaran. Berdasarkan analisis 1amper, 1amper semua guru setuju menggunakan metode aplikasi Canva dalam pembuatan media pembelajaran. Kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat dan menambah wawasan peserta dalam pembuatan media pembelajaran


Keywords


Pelatihan, aplikasi Canva, Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Arifin, A. N., Ismail, Daud , F., & Azis, A. (2021). Pelatihan Aplikasi Canva Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Technological Knowledge Guru Sekolah Menengah di Kabupaten Gowa

Canva. 2021. Canva Untuk Pendidikan. https://www.canva.com/id_id/pendidikan/

Garris, P. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo UNPAM, 8(2), 79-96.

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 1–18.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.

Tiawan, Musawarman, Sakinah, L., Rahmawati, N., & Salman, H. (2020). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Tingkat SMK di SMKN 1 Gunung Putri Bogor. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 476–480. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.417




DOI: https://doi.org/10.36587/wasananyata.v8i1.1757

Article Metrics

Abstract views: 88 | PDF views: 52

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Wasana Nyata ©  Jurnal Pengabdian Pada MasyarakatWeb AnalyticsView Statistics