Marketing Berbasis Digital Pengurus Kelompok Spp & Uep Penerima Manfaat Upk Pdb Dapm Desa Keden Kecamatan Kalijambe

Heriyanta Budi Utama(1*) , Nani Irma Susanti(2) , Adi Penawan(3) , Hartawan Hartawan(4) , Sumaryanto Sumaryanto(5)


(1) Universitas Dharma AUB Surakarta
(2) Universitas Dharma AUB Surakarta
(3) Universitas Dharma AUB Surakarta
(4) Universitas Dharma AUB Surakarta
(5) Universitas Slamet Riyadi Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan KAMIS 31 AGUSTUS 2023 dengan judul “Peningkatan Kapasitas Marketing Berbasis Digital Pengurus Kelompok SPP & BEP Penerima Manfaat UPK PDB DAPM Desa Keden Kecamatan Kalijambe" bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pemasaran berbasis digital bagi kelompok SPP & BEP dan penerima manfaat UPK PDB DAPM di desa Keden Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen. Kegiatan ini melibatkan pelatihan, pendampingan, serta monitoring dan evaluasi untuk meningkatkan pemahaman dan ketrampilan peserta/pengurus kelompok dalam meningkatkan pemasaran digital. Manfaat pengabdian kepada masyarakat, seperti peningkatan keterampilan dan pengetahuan masyarakat, peningkatan daya saing dan kesempatan ekonomi, pengembangan kemampuan mahasiswa dan dosen, serta mendorong pengembangan wilayah dan kewirausahaan. Diharapkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat dan para pelaku pengabdian. Materi Marketing digital yang diberikan tentang Strategi digital marketing, e-commerce, dan teknologi fintech.


Keywords


Strategi digital marketing, e-commerce, dan teknologi fintech, Pengurus Kelompok SPP & BEP Penerima Manfaat UPK PDB DAPM

Full Text:

PDF

References


Firman, A. (2023). PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN TECHNOPRENEURSHIP TERHADAP KINERJA UMKM MELALUI INOVASI LAYANAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SEKTOR PERCETAKAN DI KOTA MAKASSAR. Jurnal Magister Manajemen Nobel Indonesia, 4(5), 924-938Firdausi, I. N., & Farida, S. N. (2023). Pentingnya Klasifikasi Customer Sebelum Melakukan Perancangan Strategi Digital Marketing. Jurnal Nusantara Berbakti, 1(3), 01-09.

Hidayatika, A., Karyanto, K., Sarkowi, M., Darmawan, I., & Mulyasari, R. Similiarity_Pelatihan Olimpiade Kebumian Bagi Guru Pembimbing Olimpiade Kebumian Di SMAN 2 Kota Bandar Lampung.

Jalal, A., Al Mubarak, M., & Durani, F. (2023). Financial technology (fintech). In Artificial Intelligence and Transforming Digital Marketing (pp. 525-536). Cham: Springer Nature Switzerland. Jaya, I., & Nisar, N. (2023). INOVASI PEMASARAN UMKM TAHU DI DESA KALIREJO LAMPUNG TENGAH MENGGUNAKAN E–COMMERCE. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(8), 5943-5948.

Putri, T. B. (2023). IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING PADA PRODUK UMKM DESA KUTAMUKTI KECAMATAN KUTAWALUYA. ABDIMA JURNAL PENGABDIAN MAHASISWA, 2(2), 4464-4474.

Panda, M., & Mishra, A. (2022). Digital marketing. See discussions, stats, and author profiles for this publication at: https://www. researchgate. net/publication/358646409.

Rachmadewi, I. P., Firdaus, A., Qurtubi, Q., Sutrisno, W., & Basumerda, C. (2021). Analisis strategi digital marketing pada toko online usaha kecil menengah. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 7(2), 121-128.

Suwitho, S., Palupi, D. P. D., Iswara, U. S., & Setyabudi, T. G. (2023). PELATIHAN ETIKA BISNIS, MANAJEMEN PEMASARAN DAN PEMBUKUAN SEDERHANA BAGI UMKM DI SWK TAMAN BUNGKUL. Jurnal Kreativitas dan Inovasi (Jurnal Kreanova), 3(1), 30-35.

Talosig, E. (2022). Improving Digital Marketing for Attracting the Target Customer Segments.

Urbanus, Y. J., & Dharsana, I. M. P. Preparation and Obstacles of Notary Position in Facing the Society 5.0 Era on Making of Notary Deeds.




DOI: https://doi.org/10.36587/wasananyata.v8i1.1761

Article Metrics

Abstract views: 185 | PDF views: 94

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Wasana Nyata ©  Jurnal Pengabdian Pada MasyarakatWeb AnalyticsView Statistics