Canva Magic Studio: Desain Konten Media Sosial Santri Pondok Pesantren Al Ikhsan
(1) Universitas Bina Sarana Informatika PSDKU Surakarta
(2) Universitas Bina Sarana Informatika PSDKU Surakarta
(3) Universitas Bina Sarana Informatika PSDKU Surakarta
(4) Universitas Bina Sarana Informatika PSDKU Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Media sosial adalah pelantar digital yang memfasilitasi pengguna saling berinteraksi atau membagikan konten berupa tulisan, foto, video, dan merupakan pelantar digital yang menyediakan fasilitas untuk melakukan aktivitas sosial bagi setiap pengguna. Media sosial merupakan perkembangan teknologi berbasis internet yang memungkinkan pengguna berinteraksi secara langsung dalam beberapa bentuk. Canva, sebagai bagian dari teknologi, merupakan alternatif kemudahan dalam mendesain, yang bisa diolah dengan mudah, cepat dan menarik. Canva Magic Studio bisa dipakai mengolah video, membuat presentasi, edit gambar atau transformasi, yang merapkan semua efek untuk menyempurnakan teks atau bentuk, membuat elemen dan tekstur dengan cepat, atau memicu beragam ide kreatif. Generasi muda yang gemar media sosial perlu di perkenalkan Canva Magic Studio sehingga akan dapat mengelola medianya menjadi lebih menarik. Kreativitas akan terbantu dengan adanya Canva Magic Studio, suatu aplikasi menarik dan termasuk aplikasi dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence). Dari permasalahan tersebut, maka kami dari Universitas Bina Sarana Informatika memberikan beberapa solusi yakni (1) memperkenalkan teknologi yang menarik untuk media sosial yang Canva Magic Studio, (2) mendorong generasi muda untuk belajar dan menggunakan Canva Magic Studio, dan (3) memberikan pelatihan penggunaan Canva Magic Studio.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrilawati Winda, Faisal, Hikmawati. Pengaruh Media Sosial Terhadap Kreativitas Siswa SD Negeri Kompleks IKIP Kota Makassar, Eprints Universitas Negeri Makasar. 2020
Ibrahim, Mochamad Maulana, Rahmat Edi Irawan. Pengaruh Konten Media Sosial Terhadap Sumber Informasi Pandemi Covid-19. Jurnal Representamen Vol 7 No. 02 Oktober 2021. https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/representamen/article/view/5727/4009
Lubis, M. Sobron Yamin. Implementasi Artificial Intelligence Pada System Manufaktur Terpadu. SEMNASTEK UISU 2021: 1-7
Mahmudah, Siti Muslichatul, Muthia Rahayu. Pengelolaan Konten Media Sosial Korporat Pada Instagram Sebuah Pusat Perbelanjaan. Jurnal Komunikasi Nusantara E-ISSN. 2685-7650 Vol. 2 No. 1 (2020), pp 1-9. https://jkn.unitri.ac.id/index.php/jkn/article/download/39/26/
Fricticarani, A., Hayati, A., R, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). STRATEGI PENDIDIKAN UNTUK SUKSES DI ERA TEKNOLOGI 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56–68. https://doi.org/10.52060/pti.v4i1.1173
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2): 317– 327. http://dx.doi.org/10.23887/jjpe.v12i2.30179
Rohma, Ani dan Sholihah, Ummu. (2021). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva Materi Bangun Ruang Limas. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung Vol. 9 No. 3, 2021. DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v9i3.pp292-306
DOI: https://doi.org/10.36587/wasananyata.v8i1.1771
Article Metrics
Abstract views: 61 | PDF views: 37Refbacks
- There are currently no refbacks.
Wasana Nyata © Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat | View Statistics |