Penguatan Usaha Pkk Dalam Pemasaran Vco Melalui Digital Marketplace Dan Dimia.Id

Nani Irma Susanti(1*) , Rina Ani Sapariyah(2) , Yusuf Sutanto(3) , Sumaryanto Sumaryanto(4) , Aris Tri Haryanto(5) , Hartati Dyah Wahyuningsih(6)


(1) Universitas Dharma AUB Surakarta
(2) Universitas Dharma AUB Surakarta
(3) Universitas Dharma AUB Surakarta
(4) Universitas Slamet Riyadi Surakarta
(5) Universitas Dharma AUB Surakarta
(6) Universitas Dharma AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing dan pemasaran Virgin Coconut Oil (VCO) yang diproduksi oleh anggota PKK RT 04 RW 03 Gambirsari, Banjarsari, Surakarta. Program ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari pelatihan pembuatan VCO yang telah diberikan sebelumnya. Permasalahan utama yang dihadapi adalah bagaimana memastikan VCO memiliki peluang pasar dan strategi pemasaran yang efektif agar dapat bersaing di marketplace. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pelatihan berbasis analisis data dan pengolahan informasi, di mana peserta diberikan pemahaman tentang cara mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data pasar menggunakan aplikasi Dimia.id. Dengan metode ini, peserta dapat mengidentifikasi tren pasar, persaingan, serta strategi pemasaran yang tepat. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa permintaan VCO terus meningkat, terutama untuk kebutuhan kesehatan dan perawatan tubuh. Namun, persaingan di marketplace cukup tinggi, sehingga diperlukan strategi pemasaran digital yang optimal. Dengan pendekatan yang berbasis data, anggota PKK dapat memanfaatkan inovasi pengemasan, pemasaran digital, dan media sosial untuk meningkatkan daya saing produk. Kegiatan ini memberikan manfaat langsung bagi peserta dengan meningkatkan literasi digital dan keterampilan pemasaran berbasis data. Dengan strategi yang tepat, produk VCO dari PKK Gambirsari masih berpelung untuk berkembang dan bersaing di pasar digital.


Keywords


Pengabdian kepada masyarakat, Virgin Coconut Oil, pemasaran digital, daya saing, Dimia.id.

Full Text:

PDF

References


Alifah, Y. (2023). Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif: Membuat Belajar Menjadi Lebih Menyenangkan! Tak Terlihat. https://takterlihat.com/metode-pembelajaran-kreatif-dan-inovatif/?form=MG0AV3

Hakim, L., Abdullah, I., & Sa’adah, N. (2021). Karakteristik Budaya Organisasi: Sebuah Studi Kualitatif terhadap Pengusaha Batik Muslim Laweyan Surakarta. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Jurnal Ini Sudah Migrasi), 6(2), 1–24.

Mela, E., & Bintang, D. S. (2021). Virgin Coconut Oil (VCO): Production, Advantages, and Potential Utilization in Various Food Products. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pertanian, 40(2), 103. https://doi.org/10.21082/jp3.v40n2.2021.p103-110

Paputungan, M. (2021). Optimasi Penggunaan Starter dengan Metode Pancingan dan Fermentasi Berbantuan Bakteri Saccharomyces cerevisiae untuk Optimalisasi Pemisahan Lemak, Protein dan Air pada Pembuatan VCO. Jambura Journal of Chemistry, 3(1), 57–68. https://doi.org/10.34312/jambchem.v3i1.10467

Pradipta, M. (2021). Potensi Wisata Kuliner Kota Surakarta dan Strategi Mengembangkan Wisata Kuliner Kota Surakarta. Jurnal Pariwisata Indonesia, 17(1), 37–47.

Sinduningrum, E., Hasan, F. N., Dzikrillah, A. R., Rossianiz, A. B., Febriawan, D., & Irawati, I. (2022). Peningkatan Kemampuan Data Analytic Melalui Pelatihan Asean Data Science Explorers Menggunakan Sap Analytic Cloud. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 1708. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.10734

Sumaryanto, S., & Widajanti, E. (2023). MSME Marketing Performance during the COVID-19 Pandemic: The Role of Empowered Interaction Capability. Journal of Economics, Business, & Accountancy Ventura, 25(3), 382–397. https://doi.org/10.14414/jebav.v25i3.2799

Yohandini, H., Kimia, J., Matematika, F., Alam, P., Sriwijaya, U., Yohandini, H., Utara, G., & Indralaya, K. (2020). INOVASI KERIPIK BERBAHAN BAKU KELAPA SEBAGAI PELUANG INNOVATION OF CHIPS WITH COCONUT RAW MATERIALS AS A BUSINESS Desa Tebing Gerinting merupakan Desa Tebing Gerinting Utara dengan dari tamat SD sampai SMA . mata pencaharian penduduk sangat panen yang men. 4(2).

https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/peluang-pasar-virgin-coconut-oil-vco

https://bbs.binus.ac.id/business-creation/2021/03/bisnis-kelapa/

https://radarjember.jawapos.com/sinergi/791115619/peluang-pengembangan-produk-agribisnis-olahan-kelapa-indonesia

https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/panduan-lengkap-membuat-riset-produk-di-marketplace-6-strategi-sukses-untuk-penjual-online

https://blog.myorbit.id/produktivitas/cara-bersaing-di-marketplace-online-dan-tingkatkan-penjualan

https://digimind.id/pentingnya-riset-produk-untuk-membantu-meningkatkan-penjualan/




DOI: https://doi.org/10.36587/wasananyata.v8i2.1846

Article Metrics

Abstract views: 43 | PDF views: 15

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Wasana Nyata ©  Jurnal Pengabdian Pada MasyarakatWeb AnalyticsView Statistics