PENGEMBANGAN PENINGKATAN KUALITAS PEMBUATAN LAPORAN KEUANGAN SEDERHANA HOME INDUSTRY DI LINGKUNGAN KECAMATAN MATESIH KARANGANYAR

Yosephine Angelina Yulia(1*) , Andri Octaviani(2) , Hanif Safika(3)


(1) STIE AUB Surakarta
(2) STIE AUB Surakarta
(3) STIE AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Kabupaten Karanganyar merupakan tempat UMKM yang berkembang. Persebaran skala usaha UMKM di Kabupaten Karanganyar bervariasi dengan rata-rata usia usaha selama 11 tahun. Terdapat sekitar 37 persen UMKM berskala mikro, 32 persen berskala kecil dan 31 persen berskala menengah. Jika dilihat dari aspek pengembangan usaha, secara umum hanya sekitar 17 persen UMKM yang tidak memiliki hambatan berusaha. Beberapa jenis hambatan berusaha tersebut antara lain yaitu: hambatan persaingan (persaingan klaster, persaingan domestik dan persaingan luar negeri), penyelundupan, kebjakan ekonomi, kebijakan harga, penguasaan teknologi, permodalan dan manajerial. Pada kenyataanya praktek kegiatan UKM selalu berjalan tanpa mengandalkan informasi keuangan yang disusun secara tertib dan teratur. Banyak UMKM yang dapat berjalan normal tanpa dukungan informasi keuangan yang memadai. Pelatihan pembuatan laporan keuangan sederhana sangat penting sekali untuk dikuasai terutama sekali tentang cara perhitungannya. Apalagi jika UMKM membutuhkan modal dari Bank, jika UMKM sudah mempunyai laporan keuangan sederhana maka pihak Bank akan lebih mempermudah proses peminjaman dana untuk modal. Selain itu ada banyak kasus usaha kecil yang salah dalam membuat laporan keuangan secara sederhana. Karena seyogyanya dalam membangun usaha, penjual dituntut untuk mampu menghitung dan membuat laporan keuangan untuk usahanya sendiri guna mengetahui secara persis pendapatan yang diterima dan biaya yang dikeluarkan.

Kata kunci: kewirausahaan, UMKM, laporan keuangan sederhana

Full Text:

PDF

References


Hairunisya, Nanis., Subiyantoro, Hari. (2016). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Laporan Keuangan Kepada Pengusaha UMKMdi Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungangung. J-Adimas Volume 4, No 2, Desember 2016 : 31-41.

Layyinaturrobaniyah & Zusnita, Wa Ode. (2017). Pendampingan Pengelolaan KeuanganUsaha Mikro Di Desa Purwodadi Barat Dan Pasirbungkur Kabupaten Subang. Pekbis Jurnal, Vol.9 N0. 2, Juli 2017.

Santoso, Urip., Widyarini, Maria. (2013). Pelatihan Pencatatan Keuangan UMKM-Fashion di Kota Cimahi (Kasus UMKM Sweet Batik). Lembaga Penelitan dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Katolik Parahyangan 2013.




DOI: https://doi.org/10.36587/wasananyata.v3i1.464

Article Metrics

Abstract views: 263 | PDF views: 234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Wasana Nyata ©  Jurnal Pengabdian Pada MasyarakatWeb AnalyticsView Statistics