Pelatihan Kreativitas Kewirausahaan pada Kelompok UMKM di Kampung Minapadi Kelurahan Nusukan Kecamatan Banjarsari Surakarta

Endah Nawangsasi(1*) , Denny Mahendra(2) , Yusuf Sutanto(3)


(1) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(2) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(3) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Kreativitas dalam pengelolaan usaha sangat diperlukan untuk memperoleh peluang pada situasi pandemik Covid-19 saat ini. Persaingan usaha di sektor mikro, kecil ,dan menengah sudah tidak terbendung lagi. Sisi legalitas melalui format pembuatan Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Surat Ijin Tempat Usaha adalah salah satu syarat bagi suatu pengusaha UMKM untuk menumbuhkan kepercayaan konsumen bagi produk atau jasa yang dikelolanya. Metode pengabdian masyarakat yang dipakai dalam program  ini adalah pelatihan  pembuatan SIUP dan SITU,serta membangun mental positif untuk menumbuhkan kreativitas dalam memanfaatkan peluang di situasi pandemik ini.Teknik pelatihan dengan melakukan sinergi mitra yang terdiri dari masyarakat di Kelurahan Nusukan (PKK), Bank Sampah Kelurahan Nusukan, Kader BKKBN, Tim Teknis Kreatif Kelurahan Nusukan.Tujuan akhir dari pengabdian masyarakat ini adalah menciptakan kesadaran mengenai aspek legalitas usaha serta memotivasi  kreativitas dalam pengembangan kewrirausahaan sehingga produk dan jasa  dapat dipasarkan dengan media online.Hasil pengabdian ternyztz membawa dampak pada meningkatnya pemahaman aspek legalitas usaha serta mental positif masyarakat dalam memannfaatkan peluang pada situasi pandemik ini dengan kreativitas produk melalui daur ulang sampah plastik.

Keywords


Kreativitas Wirausaha; Aspek LegalitasUsaha; Mental Positif

Full Text:

PDF

References


Azizah, S. N. 2013. Pengaruh Motivasi Usaha dan Kemampuan Usaha dalam Meningkatkan Keberhasilan Usaha Pada Usaha Mikro Pedagang Sate di Desa Candiwulan Kecamatan Adimulyo Kebumen. Jurnal Fokus Bisnis, 12(01)

Farida, E., & Widayanti, R. 2015. Analisis Pengaruh Motivasi, Kemampuan Kerja dan Jiwa Wirausaha terhadap Keberhasilan Usaha pada Sentra Kripik Tempe Sanan Malang. Jurnal Akuntansi, Bisnis, dan Manajemen, 22(01)

Nordiana, E. 2014. Peran Jejaring Sosial Sebagai Media Peningkat Minat Berwirausaha Mahasiswa Untuk Berbisnis Online (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi Universitas Brawijaya)

Nugraha, A., & Wahyuhastuti, N. 2017. Start Up Digital Business: Sebagai Solusi Penggerak Wirausaha Muda. Jurnal Nusamba, 2(01)

Nursito, S., & Nugroho. 2013. Analisis Pengaruh Interaksi Pengetahuan Kewirausahaan dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Kewirausahaan. Kiat BISNIS, 05(03)

Pradiani, T. 2017. Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. JIBEKA, 11(02)

Purnama, C., & Suyanto. 2010. Motivasi dan Kemampuan Usaha dalam Meningkatkan Keberhasilan Usaha Industri Kecil (Studi Pada Industri Kecil Sepatu di Jawa Timur). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 12(02)

Srirejeki, K. 2016. Analysis Of The Use Of Social Media To Empower Small Micro Medium Enterprise (SMEs). Jurnal Masyarakat Telematika dan Informasi, 7(01)

Susrini. 2017. Peran Media Sosial di Era Modern. UI Press

Widyastuti, D. A., & Nuswantoro, R. 2016. Literasi Digital Pada Perempuan Pelaku Usaha Produktif Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal ASPIKOM, 3(01)

Yusriadi. 2018. Manajemen Perubahan dalam Reformasi Birokrasi menuju Information Technology (IT). Jurnal Mitra Manajemen.




DOI: https://doi.org/10.36587/wasananyata.v4i2.740

Article Metrics

Abstract views: 561 | PDF views: 309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Wasana Nyata ©  Jurnal Pengabdian Pada MasyarakatWeb AnalyticsView Statistics