Pemberdayaan Koperasi Siswa SMK Pembangunan Nasional Sukoharjo Dalam Rangka Optimalisasi Potensi Daerah yang Dapat Digunakan Untuk Membangun Kemandirian Ekonomi

Irwan Christanto Edy(1*) , Shandy Marsono(2) , Heriyanta Budi Utama(3)


(1) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(2) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(3) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Koperasi merupakan badan usaha yang berlandaskan demokrasi ekonomi yang tujuan utamanya untuk meningkatkan kesejahteraan anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat adil dan makmur berlandaskan Pancasila “dan Undang-undang dasar 1945. Koperasi Sekolah merupakan “Titik Masuk Menguasai “Lingkaran Setan” Pengangguran dan Kewirausahaan (Priambodo, 2006).  Koperasi sekolah sebagai penunjang program pembangunan pemerintah di sektor perekonomian, melalui program pendidikan koperasi di sekolah, menumbuhkan koperasi sekolah dan kesadaran berkoperasi di kalangan siswa, membina rasa tanggung jawab, disiplin dan juga koperasi sekolah dijadikan sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan siswa terutama kebutuhan peralatan sekolah. Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) merupakan program kegiatan perguruan tinggi untuk meningkatkan kapabilitas lembaga/institusi/ perusahaan dalam mengatasi permasalahan di masyarakat. PKM bagi siswa SMK ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, membangun sikap mental, memberikan ketrampilan dan pendampingan koperasi siswa. Koperasi siswa merupakan salah satu pendidikan karakter kewirausahaan. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM ini dengan memberikan pelatihan dan pendampingan pada siswa SMK. Dalam kegiatan PPM ini Tim pelaksana bermitra dengan SMK Pembangunan Nasional Sukoharjo Jawa Tengah. Kegiatan yang memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan yang dilakukan dengan (1) memberikan penyuluhan dan pelatihan tentang koperasi. Ukuran keberhasilan dari kegiatan PPM ini dapat dilihat dari : (1) tingkat pemahaman dan skill dalam berorganisasi, (2)optimalisasi koperasi siswa, (3) Kehadiran peserta kegiatan PKM ini. Temuan dari PKM ini adalah model koperasi siswa yang mampu menjadi wadah pendidikan karakter.

Keywords


Koperasi; Siswa; Pelatihan; Pendampingan; SMK

Full Text:

PDF

References


Arifin Sitio dan Tamba Halomoan, Koperasi: Teori dan Praktik, Erlangga, Jakarta, 2001.

G. Kartasapoetra, et.all., Koperasi Indonesia Yang Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, PT Rineka Cipta, Jakarta, 1991.

Edilius, Sudarsono. Koperasi dalam Teori & Praktik. cet. 5. Jakarta : Rineka Cipta. 2010.

Firdaus, M. dan Agus Edhi. Perkoperasian : Sejarah, Teori & Praktek. cet.2. Bogor : Ghalia Indonesia. 2004

Mulyo, J. H. (2007). Revitalisasi Ekonomi Kerakyatan Melalui Pemberdayaan Gerakan Koperasi (http:// io.ppi.- jepang.org/article)

Rahadja, Sutantya. Hukum Koperasi Indonesia. Ed.1. Cet.3. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. 2005.

Soedarsono Hadisapoetra, Pokok-Pokok Pikiran Pengembangan Koperasi di Indonesia, CV. Sapta Caraka, Jakarta, 1986.

Sukidjo. (2008). Membangun Citra Koperasi. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. 5(2), 193- 203.

Undang-Undang No. 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian.

Priambodo. (2006). Koperasi Sekolah: Titik Masuk Menguasai “Lingkaran Setan” Pengangguran dan Kewirausahaan. Jurnal Infokop. No.28 Tahun XXII. 2006 Jakarta: Dekopin

Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2015 tentang Usaha Simpan Pinjam oleh Koperasi




DOI: https://doi.org/10.36587/wasananyata.v4i2.747

Article Metrics

Abstract views: 137 | PDF views: 106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Wasana Nyata ©  Jurnal Pengabdian Pada MasyarakatWeb AnalyticsView Statistics