Pelatihan Pengembangan Potensi Desa Melalui Sektor Unggulan Ubi Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Desa Tohkuning Kabupaten Karanganyar

Yofhi Septian Panglipurningrum(1*) , Agus Utomo(2) , Lukman Akhmad Imron Pahlawi(3)


(1) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(2) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(3) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini menggunakan prinsip pendampingan, pemberdayaan masyarakat, dimana pengabdi bertindak sebagai fasilitator. Pendampingan adalah suatu kegiatan konsultasi untuk nmemfasilitasi dan memotivasi dengan tujuan menyelesaikan suatu permasalahan yang dihadapi oleh kelompok masyarakat. Pemberdayaan adalah suatu upaya memulihkan atau meningkatkan keberdayaan suatu komunitas utuk mampu berbuat sesuai dengan harkat dan martabat mereka dalam melaksanakan hak-hak dan tanggungjawab mereka sebagai manusia dan warga negara. Kegiatan sosialisasi marketing umkm churros ubi di Desa Tohkuning yang dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2019. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang bagaimana suatu produk dikemas secara baik dan benar, strategi pemasaran produk yang baik dan benar serta  mengetahui sasaran yang akan dituju dari produk churros ubi  tersebut. Dengan adanya kegiatan ini Masyarakat Desa Tohkuning mendapatkan pengetahuan tentang menginovasi produk dan pemasaran produk UMKM. Sehingga dapat menbantu perekonomian masyarakat di Desa Tohkuning.

Keywords


Potensi Desa; Sektor Unggulan; Peningkatan Ekonomi

Full Text:

PDF

References


Al Hidayah, Al Hidayah. 2011. Perencanaan Pengembangan Lahan Tanaman Ubi Jalar (Ipomoea Batatas) Kecamatan Matesih Kabupaten Kranganyar. Skripsi Thesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Klimchuk, Marianne dan Sandra A. Krasovec. 2006. Desain Kemasan. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 1999. Manajemen Pemasaran. Jilid II. Edisi Milenium. Jakarta: Prenhallindo.

Rangkuti, Freddy. 2005. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia.

Simamora, Bilson. 2007. Panduan Riset dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia.

Sutomo, Budi. 2007. Sukses Wirausaha Roti Favorit. Jakarta. Puspa Swara.

Wirakusumah, Emma S. 2005. Menikmati Telur. Jakarta. Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.36587/wasananyata.v4i2.762

Article Metrics

Abstract views: 451 | PDF views: 396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Wasana Nyata ©  Jurnal Pengabdian Pada MasyarakatWeb AnalyticsView Statistics