Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Natra Tour Dan Travel Di Surakarta
Endah Nawangsasi
(1*)
, Fitriana Lilis Purnami
(2)
(1) Program Studi Akuntansi, STIE AUB Surakarta, Indonesia
(2) Program Studi Akuntansi, STIE AUB Surakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dalam kepenelitian ini adalah guna untuk menganalisis juga membuktikan bahwasanya bobot kualitas pelayanan sebuah jasa travel memliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan para pelanggan Natra Tour & Travel di Surakarta. Lokasi survey adalah Natra Tour & Travel Surakarta yang berlokasi di Banjarsari, Timuran, Jalan Gajah Mada No.68 Surakarta. Populasi yang mengikuti survei ini berjumlah sebanyak 75 orang yang menggunakan Natra Tour & Travel. Penelitian ini menggunakan sampel expedient sampling, i. H. sejumlah 75 orang berdasarkan kebetulan yang datang ke laboratorium instrumen, analisis linier berganda, uji penerimaan klasik, uji F, uji t, dan uji R2. Hasil dari penelitian ini membuktikan regresi bahwa variabel responsiveness (daya tanggap) , assurance (jaminan), empathy (empati), tangible (buktilangsung), dan reliability (keandalan) memiliki peran yang bernilai positif terhadap kepuasan konsumen. Uji F menunjukkan pengaruh signifikan bersama loyalitas nasabah dengan nilai 0,000 < 0,050 dengan Hasil uji R2 menunjukkan bahwa responsiveness (dayatanggap), assurance (jaminan), empathy (empati), tangible (bukti langsung), dan reliability (keandalan) mampu menjelaskan sebesar 85,1% kepada kepuasan konsumen, sisanya 14,9% yang terpengaruh variabel lain di luar penelitian.
Keywords
Kepuasan Konsumen; Assurance; Responsiveness; Tangible; Empathy; Reliability
References
Arikunto. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Aripin. (2015). Upaya Indonesia Dalam Meningkatkan Jumlahkunjungan Wisatawan China Tahun 2010-2015. 3(3).
Astuti, E. (2019). Analisis Kepuasan Pelanggan Atas Kualitas Pelayanan pada Pt Automobil Jaya Mandiri Wuling di Surakarta. Edunomika.
Bitner, M. J. (1996). Services Marketing. Boston: McGrawhill.
Gunawan, A. (2016). Pengaruh Kompensasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Gesit Nusa Tangguh. Jakarta: Jurnal Manajemen Bisnis.
Parluhutan, A. (2017). Analisis Kualitas Layanan Terhadap Peningkatan Volume Penjualan pada CV. Mitra Maulana Jaya. Jurnal Ilmiah Mothonomi.
Tjiptono. (2006). Manajemen Pelayanan Jasa. Yogyakarta: Andy Offset.
Tjiptono. (Yogyakarta). Manajemen Pelayanan Jasa. 2006: Andy Offset.
Article Metrics
Abstract views: 453
| PDF views: 342
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ADVANCE © Journal of Accounting | |