PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ISLAM BATIK SURAKARTA
(1) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa
(*) Corresponding Author
Abstract
Setiap negara memiliki program pendidikan yang menjadi pijakan penciptaan generasi penerus yang handal, cerdas dan memiliki integritas pada bangsanya. Pendidikan merupakan faktor pendukung yang menerangi peranan penting di segala sektor. Mahasiswa sebagai pelaku pendidikan senantiasa menjunjung nilai integritas dengan memilih universitas yang kompatible. Keputusan memilih oleh mahasiswa dipengaruhi oleh strategi bauran pemasaran yang terdiri dari; produk, harga, promosi, tempat, proses, orang, dan pelayanan. Permasalahan dalam penelitian ini antara lain: sejauhmana pengaruh strategi bauran pemasaran yang terdiri dari; produk, harga, promosi, tempat, proses, orang, dan pelayanan terhadap keputusan mahasiswa memilih Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta, dan sejauh mana pengaruh status akreditasi terhadap keputusan mahasiswa memilih Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta. Berdasarkan nilai standardized coefficient diketahui secara parsial bahwa variabel pelayanan memiliki pengaruh positif (7,916) dan lebih dominan dibandingkan dengan variabel lain (produk, harga, promosi, tempat, orang, dan proses). Melalui teknik regresi linier sederhana dapat diketahui bahwa status akreditsi mampu menjelaskan 24.4 % terhadap keputusan mahasiswa. Kesimpulan dari penelitian ini secara serempak strategi bauran pemasaran yang terdiri dari; produk, harga, promosi, tempat, orang, proses, dan pelayanan berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta. Status akreditasi berpengaruh terhadap keputusan Mahasiswa memilih Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta.
Kata kunci : Bauran Pemasaran, dan Keputusan Memilih.
Full Text:
PDFReferences
BUKU
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Cetakan Kedelapan. Rineka Cipta : Jakarta.
Churchill, Gilbert A. Jr., 2002, Dasar-Dasar Riset Pemasaran, Penerbit Erlangga: Jakarta.
Djarwanto, 1996, Mengenal Beberapa Uji Statistik Dalam Penelitian, Penerbit Liberty: Yogyakarta.
Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.2003.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem PendidikanNasional. Jakarta: Medya Duta.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro : Jakarta.
Harahap, Novita. 2004. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan mahasiswa Dalam Menempuh Pendidikan Pada Politeknik LP3I Medan. Tesis Pascasarjana Universitas Jawa tengah Medan (tidak dipublikasikan).
Jasfar, Farida. 2005.Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.
Jewel, L.N dan Siegall, March. 1998. Psikologi Industri Organisasi Modern. Diterjemahkan oleh : A. Hadyana Pudjaatmaka dan Meitasari, Edisi Kedua. Jakarta: Penerbit Arcan.
Kotler, Philip. 2000. Marketing. Penerjemah: Herujati Purwoko, Jilid 1, Cetakan Ketiga. Jakarta: Erlangga
___________. 2003. Principles of Marketing, Eight Edition. New York: Prenhalindo.
____________., dan Gary, Armstrong. 2004. Dasar-Dasar Pemasaran. Ditermahkan oleh: Alexander Sindoro, Jilid 1 Edisi Kesembilan. Jakarta: PT. Indeks.
Lamb, Charles W. Jr., Joseph F. Hair, Jr. dan Carl McDaniel. 2002. Marketing, 6th Edition. South Western: Thompson Learning.
___________. 2001. Pemasaran. Alih Bahasa David Octarevia, Jilid 2 Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktek, Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2005. Prilaku Konsumen. Bandung: Rineka Aditama.
Nitisemito, Alex. 1999. Manajemen Suatu Pengantar. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nazir, Moh. 2003.Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Payne, Andrian. 2001. The Essence Of Service Marketing. Diterjemahkan oleh : Fandy Tjiptono, Edisi Pertama. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Purnama, Lingga. 2001. Strategic Marketing Plan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Prastito, Arif. 2004.Cara Mudah Mengatasi Masalah Statistik dan Rancangan Percobaan dengan SPSS 12. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Santoso, Singgih. 2002. Mengolah Data Statistik Secara Profesional. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Setiadi, Nugroho J. 2003. Prilaku Konsumen: Konsep dan Implikasinya untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran.Jakarta: Prenada Media.
Sastradipoera, Komaruddin. 2003. Manajemen Marketing: Suatu Pendekatan Ramuan Marketing. Bandung: Penerbit Kappa-Sigma.
Simamora, Bilson. 2001. Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif dan Profitable. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sunarto. 2004. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi Kedua. Jakarta: Penerbit AMUS dan UST Press.
Schiffman, Leon G., dan Lesslie, Lazar Kanuk.1994. Consumer Behaviour. New Jersey: Prentice-Hall Inc.
Sekaran. 1992. Research Methods For Business : Askill-Building Aproach, Second Edition. New York: John Wiley & Sonc Inc.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Kesembilan Bandung: Alfabeta. Suliyanto. 2005.Analisis Data Dalam Aplikasi Pemasaran.Bogor: Ghalia Indonesia.
Singarimbun dan Effendi. 1995. Metode Penelitian Survei. Cetakan Kedua. Jakarta: PT Pustaka LP3ES Indonesia.
Stanton, William. J. 1996. Prinsip Pemasaran. Alih Bahasa Alexander Sindoro. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Umar, Husein. 2005. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Yazid. 2003. Pemasaran Jasa : Konsep dan Implementasi, Edisi Kedua. Yogyakarta:Penerbit Ekonisia Fakultas Ekonomi UII.
Zeithaml, Valarie A., and Mary Jo, Bitner. 2001. Service Marketing: Integrating Customer Focus Across The Firm, Third Edition. North America.
Website
BAN-PT. 2006. Pedoman Umum Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi. http://www.brawijaya.ac.id/d/9_Publication/download/buku 1. Pdf (12 Juli2008).
Harjanto. 2004.Pengaruh Lingkungan Individu Mahasiswa dan Kinerja Bauran Pemasaran Terhadap Proses Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Serta Implikasinya Pada Nilai Jasa Pendidikan : Studi Kasus pada Perguruan Tinggi swasta Komputer di DKI Jakarta.http://www.dmb.fe.unpad.ac.id.Harjanto.Pdf (17 Mei 2008).
Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 1998 Tentang Akreditasi Program Studi pada Perguruan Tinggi Untuk Program Sarjana. http://www.brawijaya.ac.id/d/9/publication/dawnload/buku 3. Pdf. (12 Juli 2008).
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2005 Tentang Badan Akreditasi Nasional. http://kjm.ugm.ac.id/web/index.php?option=com_docman&task=doc_view&gid :179&.itemid=yy. (14 Juli 2008)
Jurnal
Elliot, Kevin., dan Margaret A. Healy. 2001. Key Factor Influencing StudentSatisfaction Related to Recruitment and Retention, Journal of Marketing forHigher Education. Volume 10 Number 4.
Article Metrics
Abstract views: 415 | PDF views: 376Refbacks
- There are currently no refbacks.
ADVANCE © Journal of Accounting |