PERAN E-TILANG, SOSIALISASI PERPAJAKAN, KUALITAS PELAYANAN, KESADARAN WAJIB PAJAK DALAM MENINGKATKAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR
(1) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(2) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan, Kualitas Pelayanan,dan E-Tilang terhadap Kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor pada Kantor bersama Samsat Kota Surakarta. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 100 responden dari Wajib Pajak Kendaraan bermotor Kota Surakarta. Data yang digunakan dalam menganalisis penelitian ini diperoleh dari data primer menggunakan kuesioner dengan teknik pengambilan sampel metode insidental sampling.Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji autokorelasi, uji multikolinieritas, uji heteroskesdastisitas), analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2.Hasil penelitian menunjukan bahwa Kesadaran Wajib Pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor, Sosialisasi Perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor, Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor, E-Tilang berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. Hasil uji R2 menunjukan bahwa keterlibatan Kesadaran wajib pajak , Sosialisasi Perpajakan, Kualitas Pelayanan, dan E-Tilang berpengaruh sebesar 35.3% terhadap Kepatuhan Kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. sedangkan sisanya yaitu 64,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini yaitu akuntabilitas ,sanksi pajak dan sebagainya.
Kata kunci : Kesadaran wajib pajak, sosialisasi perpajakan, kualitas pelayanan, e-tilang
Full Text:
UntitledReferences
DAFTAR PUSTAKA
Barus, S. A. (2016). Pengaruh Akses Pajak, Fasilitas, Sosialisasi Perpajakan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor , 1.
Bhaswata, Nayaka. 2009. Gambaran Tingkat Pengetahuan Keselamatan Transportasi Bus Kuning UI Pada Mahasiswa Sarjana Regular Angkatan Tahun 2005 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (Skripsi). Depok : FKM UI
Cahyadi, I Made Wahyu., dan Jati, I Ketut. 2016. Pengaruh Kesadaran, Sosialisasi, Akuntabilitas Pelayanan Publik dan Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.16.3. September: 2342-237
Carolina, Veronica (2009). Pengetahuan Pajak. Jakarta: Salemba Empat.
Dharma, G. P. (2014). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan, Kualitas Pelayanan Pada Kepatuhan Wajib Pajak, 1.
Diatnyani, IA. 2010. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Dan Biaya Kepatuhan Pajak Pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Barat. Skripsi Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Udayana
Dr. Fatchan Achyani, S. W. (2017). pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Pengetahuan Perpajakan, Sanksi Pajak Dan Pph Final (Implementasi Pp Nomer 46 Tahun 2013) Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Empiris pada Wajib Pajak yang terdaftar di KPP Pratama Surakarta), 1.
Evi Susilawati, Ketut. 2010. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak, Sanksi Perpajakna, dan Akuntabilitas Pelayanan Publik Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Bersama Samsat Singaraja. Skripsi. Sarjana Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Udayana Denpasar.
Gunadi. 2005. Akuntansi Pajak. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Widiasarana.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Universitas Diponegoro Semarang.
Ghozali, Imam dan Anis Chariri, 2007. Teori Akuntansi. Badan Penerbit Undip: Semarang.
Hendarsyah, Deni. 2009. Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Kualitas Pelayanan, dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Pada KPP Pratama Mampang Prapatan Jakarta). Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta.
Halim, Abdul, Icuk Rangga Bawono, dan Amin Dara. 2014. Perpajakan: Konsep, Aplikasi, Contoh, dan Studi Kasus. Edisi 2. Jakarta : Penerbit Salemba.
I Made Wahyu Cahyadi, I. K. (2016). Pengaruh Kesadaran, Sosialisasi, Akuntabilitas Pelayanan Publik Dan Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor, 1.
Irsan, Y. M. (2018). Perspektif Penerapan E-Tilang Dengan Menggunakan Rekaman Cctv (Clossed Circuit Television), 1.
Indriyani, Putu Arika., dan Sukatha, I Made. 2014. Tanggung Jawab Moral , Kesadaran Wajib Pajak Dan Kualitas Pelayanan Pada Kepatuhan 10PelaporanWajib Pajak Badan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 7.2 (2014): 431-443
Ketut Evi Susilawati, K. B. (2013). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak, Sanksi Perpajakan Dan Akuntabilitas Pelayanan Publik Pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor , 1.
Kusuma, Kartika Candra. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Pemahaman Peraturan Perpajakan Serta Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Membayar Pajak Tahun 2014. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta Fakultas Ekonomi
Mardiasmo. 2009. Perpajakan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Nazir, Nazmel. 2010. “Pengaruh Pengetahuan Pajak dan Sistem AdministrasiPerpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Survei Atas WP-OP PBB di KPP Pratama Jakarta Pasar Kebo)”. Jurnal Informasi, Perpajakan, Akuntansi dan Keuangan Publik, Vol.5 No.2. Hal. 85-100
Puspa Arum, Harjanti. 2012. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak,Pelayanan Fiskus, Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Kegiatan Usaha Dan Pekerjaan Bebas (Studi di Wilayah KPP Pratama Cilacap). Skripsi Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.
Pancawati dan Nila Yulianawati. 2011. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Membayar Pajak. Jurnal Dinamika Keuangan Dan Perbankan, 3(1):p:126-142.
Siti Kurnia Rahayu. 2010. Perpajakan Indonesia: Konsep dan Aspek Formal. Yogyakarta. Graha Ilmu.
Ummah, M. (2017). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan, Kualitas Pelayanan Pada Kepatuhan Wajib Pajak , 1.
Waluyo. 2011. Perpajakan Indonesia, Edisi 10, Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.
Article Metrics
Abstract views: 1947 | Untitled views: 1720Refbacks
- There are currently no refbacks.
ADVANCE © Journal of Accounting |