Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Corporate Social Responsibility (CSR) di dalam Perusahaan Food And Beverage

Lisa Agatha Kartika Rosa(1*) , Andri Octaviani(2)


(1) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(2) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk memberikan bukti empiris pengaruh profitabilias, leverage dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode tahun 2017-2019. Populasi yang digunakan penelitian ini adalah perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2017-2019, populasi dalam penelitian ini 26 perusahaan. Sampel dalam penelitian ini 22 perusahaan  dengan teknik pengambilan sampel metode Purposive Sampling. Data penelitian dianalisis dengan teknik uji analisis regresi linier berganda, uji t dan koefesien determinasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial profitabilitas berpengaruh negatif tetapi signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), leverage berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR).


Keywords


Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR); Profitabilitas; Leverage; Ukuran Perusahaan.

Full Text:

PDF

References


Dewi, Indira Shinta dan Dita Nur Khafi. 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Sosial Responsibility. Jakarta Selatan. Universitas Satya Negara Indonesia.

Rohmah, Dita. 2015. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Sosial Responsibility di Dalam Laporan Sustainability (Studi Empiris pada Perusahaan yang Listing di Bursa Efek Indonesia). Kementrian Agama RI.

Nur, Marzuly dan Denies Priantinah. 2012. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Sosial Responsibility di Indonesia (Studi Empiris pada Perusahaan Berkategori High Profile yang Listing di Bursa Efek Indonesia). Yogyakarta. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Purwandaka, Andi Winalar. 2012. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga, Surabaya.

Rahmayanty, Sri 2015. Pengaruh Size Perusahaan, Kepemilikan Saham Publik, Kepemilikan Saham Asing, Dan Profitabilitas Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr) Pada Perusahaan Food And Beverages Yang Terdaftar Di Bei Pada Tahun 2010-2013. Jom FEKON Vol. 2 No. 2 Oktober 2015.

Riyanto, Bambang. 2001. Dasar- dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogjakarta. BPFE.

Rohmah, Dita. 2015. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Sosial Responsibility di Dalam Laporan Sustainability (Studi Empiris pada Perusahaan yang Listing di Bursa Efek Indonesia). Kementrian Agama RI.

Sari, Nuraini. 2016. Analisis Pengungkapan Corporate Social Responsibility Berdasarkan Global Reporting Initiatives (GRI) : Studi Kasus Perusahaan Tambang Batu Bara Bukit Asam (Persero) Tbk dan Timah (Persero)Tbk. Jurnal Accounting and Finance Departement Faculty of economic and Communicaton, BINUS University.

Sari, Ayu Intan Permata. 2016. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (Stiesia) Surabaya Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi : Volume 5, Nomor 6, Juni 2016.

Simamora, Elyzabeth Missi Laurdika,2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2014. Jom Fekon, Vol. 4 No. 1 (Februari) 2017.


Article Metrics

Abstract views: 540 | PDF views: 499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



ADVANCE ©  Journal of Accounting