PENINGKATAN STRUKTUR AKTIVA DAN PENGARUHNYA TERHADAP STRUKTUR MODAL

Debyani Miftaqul Zanah(1*) , Yenni Khristiana(2)


(1) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(2) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian memberikan bukti faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal pada perusahaan food and beverage yang terdaftar di BEI. Objek penelitian terdiri dari keuangan tahunan laporan perusahaan di BEI periode 2017-2019, dengan populasi 30 perusahaan food and beverage. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, diperoleh sampel 12 perusahaan. Jenis data menggunakan data sekunder tahun 2017-2019. Pengolahan data menggunakan analisis regresi berganda. Penelitian membuktikan bahwa struktur aktiva dan profitabilitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap struktur modal, resiko bisnis memiliki pengaruh negatif namun signifikan terhadap struktur modal, dan pertumbuhan penjualan memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap struktur modal.


Keywords


Struktur Modal, Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas, Struktur Aktiva, dan Resiko Bisnis.

Full Text:

Untitled

References


Bhawa, I. B. M. D., & Dewi, M. R. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Profitabilitas, Dan Risiko Bisnis Terhadap Struktur Modal Perusahaan Farmasi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(7), 255265.

Dewiningrat, A. I., & Mustanda, I. K. (2018). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan, Dan Struktur Aset Terhadap Struktur Modal. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(7), 246016. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v07.i07.p02

Nanda, D. W., & Retnani, E. D. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional dan Risiko Bisnis terhadap Struktur Modal. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, 6(3), 945–962. http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/597120

Prastika, C. D., & Sudaryanti, D. S. (2019). Pengaruh Struktur Aktiva dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal. 11(01), 12–24.

Premawati, I. G. A. S., & Darma, G. S. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, Struktur Aktiva, Dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal (Penelitian Dibursa Efek Indonesia Periode 2011-2015). Jurnal Ilmiah Akuntasni & Bisnis, 2(2), 272–286.

Sartono, A. (2010). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi Edisi 4. Yogyakarta: BPFE.

Sawitri, N. P. Y. R., & Lestari, P. V. (2015). Pengaruh Risiko Bisnis, Ukuran Perusahaan Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Struktur Modal. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(5), 241587.

Sudana, I. M. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktek . Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Van Horne, J. C., & Wachowicz, J. M. (2009). Foundamentals of Financial Manajemen : Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan Buku 1 Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.

https://kemenperin.go.id/artikel/20298/Industri-Makanan-dan-Minuman-Jadi-Sektor-Kampiun-

www.idx.co.id


Article Metrics

Abstract views: 152 | Untitled views: 149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



ADVANCE ©  Journal of Accounting