Persepsi Kebermanfaatan, Kemudahan, Dan Risiko Terhadap Sistem Pembayaran Shopeepay (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Di Surakarta)

Yunike Saputro(1*) , Rina Ani Sapariyah(2)


(1) Universitas Dharma AUB Surakarta
(2) Universitas Dharma AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai signifikasi pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Kemudahan, dan Risiko terhadap Sistem Pembayaran Shopeepay pada mahasiswa akuntansi di Kota Surakarta. Populasi pada penelitian ini mahasiswa akuntansi di Kota Surakarta. Metode pengumpulan sampel merupakan purposive sampling, sehingga sampel yang memenuhi kriteria 93 responden. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuisioner kepada responden. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji instrument, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis.

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Persepsi Kebermanfaatan, Kemudahan, dan Risiko memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Sistem Pembayaran Shopeepay. Hasil uji R2 menunjukkan bahwa Persepsi Kebermanfaatan, Kemudahan, dan Risiko memiliki pengaruh sebesar 77,2% terhadap Sistem Pembayaran Shopeepay, dan sisanya sebesar 22,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini.


Keywords


Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko, Sistem Pembayaran Shopeepay.

Full Text:

PDF

References


Brahanta, G. P., & Wardhani, N. I. K. (2021). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Kemudahan, Risiko Terhadap Minat Menggunakan Ulang Shopeepay Di Surabaya. 7(2), 89–96.

Hidayanti, N. A. A. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Shopeepay Sebagai Alat Transaksi. https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/36615/17312300.pdf?sequence=1

Indonesia, B. (2020). Apa itu Uang Elektronik. Bank Indonesia. https://www.bi.go.id/id/edukasi/Pages/Apa-itu-Uang-Elektronik.aspx

Mawardani, F., & Dwijayanti, R. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Promosi Cashback Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Menggunakan Dompet Digital Shopeepay Pada Aplikasi Shopee. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1455–1463.

Rifka, I. (2021). Pengertian dan Jenis Uang Elektronik. Kompas.Com. https://money.kompas.com/read/2021/12/04/121142026/pengertian-dan-jenis-uang-elektronik

Riyadi, H. (2022). Apa itu Shopee? Keunggulan Apa Saja yang Dimiliki oleh Shopee? Nesabamedia. https://www.nesabamedia.com/apa-itu-shopee/

Shafira, N. A. (2017). Kata kunci : Persepsi Kebermanfaatan , Persepsi Kemudahan , Penggunaan Sistem Keywords : Perceived Usefulness , Perceived Ease of Use , System Use . Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Sistem Pembayaran Shopee Payment (Shopee Pay), 1–12.

Sulfina, S., Yuliniar, Y., & Aziz, A. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Untuk Menggunakan Uang Elektronik (Shopeepay). Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 17(2), 105. https://doi.org/10.21460/jrak.2021.172.401


Article Metrics

Abstract views: 91 | PDF views: 55

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



AKTUAL ©  Jurnal of Accounting and Financial