Peningkatan Kualitas Pembelajaran Online untuk Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa Politeknik Manufaktur Ceper

Joko Istianto(1*) , Suparni Suparni(2) , Tri Daryanto(3)


(1) Politeknik Manufaktur Ceper
(2) Politeknik Manufaktur Ceper
(3) Politeknik Manufaktur Ceper
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendemi Covid 19  ini memiliki dampak yang besar bagi seluruh sektor salah satunya adalah sektor pendidikan dimana sebelum adanya pendemi ini aktivitas kegiatan belajar mengajar tidak bisa dilakukan secara tatap muka. Pengalihan media pembelajaran guna keberlangsungan proses belajar mengajar dimana yang semula dilakukan tatap muka beralih melalui media dalam jaringan (daring). Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara dalam jaringan (daring) berlaku untuk semua tingkat pendidikan. Tantangan terbesar agar motivasi belajar mahasiswa di masa pandemik ini tetap terjaga dengan baik maka peran dosen dan mahasiswa sangat berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa tersebut. Penelitian ini ditunjukka responden yaitu mahasiswa dan alumni yang pernah mengalami perkuliahan secara online. Data dikumpulkan melalui metode survey melalui metode langsung dan melalui Google form.  Kuiseoner yang dikumpulkan sebanyak 115 data yang terisi secara lengkap. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kreativitas pengajar dan pemilihan media sangat mempengaruhi kepuasan mahasiswa di Politeknik Manufaktur Ceper. Temuan ini diharapkan dapat memberikan Insight kepada pemasar sebagai masukkan dalam merancang strategi pengembangan metode pengajaran secara online.


Keywords


Kualitas pembelajaran, kepuasan mahasiswa, Politeknik Manufaktur Ceper

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A. (1991). Managing brand equity: Capitalizing on the value of a brand name. New York Free Press.

Craven dan Piercy (1998), Strategics Marketing 9th Ed, McGraw-Hill,

Cubilo, Sanchez, dan Cervinho (2006), International students’ decision-making process, Emerald Insight, International Journal of Educational Management, Vol. 20 Iss 2 pp. 101 - 115

Hair, J.F., Anderson, R.E., Tatham, R.I, and Black, W.C, (1998), Multivariate Data Analysis, Englewood Cliffs, NJ; Prentice-Hall.

Haryanto, Budhi (2009), Efikasi Diri, Kualitas Pengajaran, Sikap Positif, dan Kinerja Akademis Mahasiswa, Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 16, Nomor 3, Oktober 2009, hlm. 152-161.

Haryanto, Budhi (2015), The Role of Enviromental Knowlegde in Moderating The Consumer Behavioral Processes Toward The Green Product (Survey on The Green Porduct Mind in Indonesia), Lambert Academic Publishing, 2015.

Joseph, M. dan Joseph, B. (2000), Indonesian students' perceptions of choice criteria in the selection of a tertiary institution: strategic implications”, Emerald Insight, International Journal of Educational Management, Vol. 14 Iss 1 pp. 40 - 44.

Kara, dan DeShields (2004), Business Student Satisfaction, Intentions and Retention in Higher Education: An Empirical Investigation, MEQ, Vol 3

Mazzarol dan Soutar (2002), Pull and Push Factors Influencing International Student Destenation Choice, Emerald Insight, International Journal of Educational Management, Vol. 16 Iss 2 pp. 82 - 90.

Misran, et. al (2012), Influencing Factors for Matriculation Students in Selecting University and Program of Study, 3 Procedia - Social and Behavioral Sciences Vol 60, pp 567 – 574

Purwadinata (1967), Psiologi Pendidikan dengan Pendidikan Baru, Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

Setiawan dan Haryanto (2014) The Antacedent Variables of Attitude in Forming Intention to Switching Smartphone (The Survey Study : Samsung Brand in Surakarta), European Journal of Business and Social Sciences, Vol. 3, No. 6 , pp 126-135.

Shah dan Nair (2010) Enrolling in Higher Education: The Perceptions of Stakeholders, Journal of Institutional Research Vol 1, pp 9–15.

Shiffman, Leon G and Kanuk, Leslie, Laser, (2007), Consumer Behavour, Prentice Hall International Inc.

Sidin, hussin dan Soon (2003) An Exploratory Study of Factors Influencing the College Choice Decision of Undergraduate Students in Malaysia, Asia Pacific Management Review Vol 8, pp 259-280

Xia, L., Monroe, K. B., & Cox, J. L. (2004). The Price Is Unfair! A Conceptual Framework of Price Fairness Perceptions. Journal of Marketing, 68 (October):1-15.

Zain, et. al (2013), Factors Influencing Students Decesions in Choosing Private Institutions of Higher Education In Malaysia: A Structural Equation Modelling Approach, Asian Academy of Management Journal, Vol. 18, pp 75–90.

Zeithamal, Valarie (1988) Consumer perseption of Price, Quality and Value: A Means-End Model and Synthesis of Evidence, Journal of Marketing, Vol 52, pp 02 - 22


Article Metrics

Abstract views: 49 | PDF views: 27

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



AKTUAL ©  Jurnal of Accounting and Financial