PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGAMBIL KREDIT

Dodik Achmadi(1*) , Yenni Khristiana(2)


(1) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(2) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lokasi, pelayanan, jaminan dan tingkat suku bunga terhadap keputusan nasabah dalam mengambil kredit di BPR Adipura Santosa. Penelitian dilakukan pada tahun 2020. Penelitian menggunakan data primer dengan metode pengambilan data berupa kuesioner. Populasi penelitian ini adalah nasabah BPR Adipura sejumlah 8.537 orang. Penentuan sampel menggunakan rumus slovin dan ditentukan sebanyak 100 orang nasabah yang akan mengajukan kredit modal usaha. Teknik pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda, uji f, uji t dan analisis koefisien determinasi (R2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pengambilan kredit (2) Pelayanan berpengaruh potitif dan signifikan terhadap keputusan kredit (3) Jaminan kredit berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pengambilan kredit  (4) Tingkat suku bunga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan kredit (5) Uji F menunjukan lokasi, pelayanan, jaminan kredit dan tingkat suku bunga secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pengambilan kredit  (6) Uji R2  menunjukkan bahwa terdapat keeratan hubungan dari variabel independen terhadap variabel dependen (7)Tingkat suku bunga menjadi variabel paling berpengaruh positif dan signifikan berdasarkan nilai koefisien regresi dan nilai uji t

Kata kunci : Lokasi, Pelayanan, Jaminan kredit, Tingkat Suku Bunga dan Keputusan Pengambilan kredit 


Full Text:

Untitled

References


DAFTAR PUSTAKA

Achmad & Ainaini, 2006, Analisis Kualitas Pelayanan Pada Pasien Puskesmas di Surakarta, Empirika: Jurnal Penelitian Ekonomi, Bisnis dan Pembangunan, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Adi,Sulis Pamungkas (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah memilih kredit pada bank MT Ahmad Dahlan di cawas.

Agilwaseso, Satriyo, Drs. Saryadi, M.Si., & Dra. Sri Suryoko, M.Si., 2004, Pengaruh Kualitas Pelayanan, Suku Bunga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pengambilan Kredit di PD BKK Pemalang, http://ejournals1.undip.ac.id/index.php/, 3 April 2015.

Badrul Huda, Sukidin, Sri Wahyuni (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Prosedur Kredit, dan Tingkat Suku Bunga terhadap keputusan nasabah dalam mengambil kredit pada PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT Sukowono Arthajaya Jember

Caruana, Robert, Arthur H. Money dan Pierre R. Berthon. (2000). Service Quality And Satisfaction-The Moderating Role Of Value. European Journal of Marketing

Butar, Tumpal. Faktor-Faktor yang mempengaruhi Keputusan Nasabah dalam memilih Kredit Perbankan. Skripsi penelitian.2014.

Christopher Lovelock, Jochen Wirtz dan Jacky Mussry. (2010). Pemasaran Jasa

Manusia, Teknologi, Strategi Edisi 7 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Dedi Wahyu Nugroho. (2012). “Pengaruh Lokasi, Pelayanan dan Prosedur Kredit terhadap Keputusan Nasabah dalam Mengambil Kredit pada PD. BPR Boyolali”. Yogyakarta: Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Dian efriyenti dan viola 2016. Analisis faktor yang mempengaruhi pengambilan kredit pelaku UKM pada Debitur BPR kota batam. Jurnal fakultas ekonomi,Universitas putera batam.

Fajar Kartika Sari (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Prosedur Kredit Terhadap Keputusan Pengambilan kredit dengan reference group sebagai variabel moderating pada badan kredit desa (BKD) Gombong

Gadhang Pengenggar, Wahyu Hidayat, Sendhang Nurseto (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi, dan Fasilitas terhadap Keputusan Pembelian

Ida Liza. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam memilih produk pembiayaan musyarakah. Universitas islam negeri raden intan lampung: Skripsi S1

Indra, H dan Gunarsih, T. 2007. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Kredit Perorangan dan Kelompok: Studi Kasus pada PD BPR Bank Pasar Kabupaten Karanganyar. Skripsi. Tidak dipublikasikan.

Kasmir, (2003). Bank Dan Lembaga Keuangan lainya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Kotler, Philip. (1988). Manajemen Pemasaran Edisi 6 Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. (2008). Manajemen Pemasaran 1. PT. Prenhallindo: Jakarta

Kotler, P.dan Amstrong. 2014. Manajemen Pemasaran. Jilid pertama. Edisi bahasa Indonesia. PT. Prenhallindo. Jakarta.

Lucano Giovani Lokman, Devi Kristanto, Monika Kristanti (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Promosi,dan Interior terhadap Keputusan Pembelian Konsumen

Lupiyoadi dan Hamdani, 2006. Manajemen Pemasaran Jasa edisi kedua. Penerbit Salemba Empat: Jakarta

M. Arja Minangun (2014). Pengaruh Kelompok Referensi, Personal Selling dan Motivasi terhadap Keputusan Nasabah Mengambil Pembiayaan di BMT Bina Ihsanul Fikri (BIF) Cabang Gedongkuning Yogyakarta. Yogyakarta: Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Mimi SA (2015). “Pengaruh Harga,Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Keragaman Produk terhadap Keputusan Pembelian di Ranch Marke

Muvika Perdana Putra. (2015). “Pengaruh Citra Perbankan Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Mengambil Kredit Dengan Pelayanan dan Prosedur Kredit sebagai Variabel Moderating Pada BPR Bank Bantul”. Yogyakarta: Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Newfriend N. Sambe (2016). Fungsi Jaminan Terhadap Pemberian Kredit Oleh Pihak Bank Menurut Undang-Undang Nomor 10 Tahun 19981

Permana, Putra. 2008. Pengaruh Tingkat Suku Bunga, Lokasi, Pelayanan dan Prosedur Kredit terhadap Keputusan Nasabah dalam Pengambilan Kredit pada PD BPR BKK Semarang Tengah Cabang Banyumanik. Skripsi

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta:

Erlangga.

Raymond P.Kent. (2000). Money and Banking

Rihasto Mega Saputro, Mustofa Kamal (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian

Sapto Nowo Asmoro (2012). Pengaruh tingkat suku bunga,lokasi dan pelayanan terhadap keputusan nasabah dalam pengambilan kredit (Studi Kasus BPR BKK Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang)

Schiffman, L.G. (2010) Consumer Behavior. 8th Ed. New Jersey: Prentice-Hall.

Tjiptono, Fandi, 2015, Pemasaran Jasa, Malang: Bayumedia Publishing.

Walsh S. (2016) Five trends that will change consumer behavior in 2016, The globe and Mail http://www.theglobeandmail.com/report-on-business/small-business/sb-growth/five-trends-that-will-change-consumer-behaviour-in-2016/article28019355/


Article Metrics

Abstract views: 1306 | Untitled views: 879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



AKTUAL ©  Jurnal of Accounting and Financial