Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan Pada Perusahaan Properti Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Kasus Pada Perusahaan Properti Yang Terdaftar di BEI)

Alvianita Febri Kemalasari(1*) , Rina Ani Sapariyah(2)


(1) Program Studi S1 Akuntansi, STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(2) Program Studi S1 Akuntansi, STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh yang signifikan variabel profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan properti yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sedangkan sampel yang diperoleh melalui metode purposive sampling berjumlah 20 sampel. Analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Berdasarkan hasil asumsi klasik menyatakan bahwa sudah berditribusi normal dan lolos uji asumsi klasik, hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan CSR, sedangkan leverage berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap pengungkapan CSR dan ukuran perusahaan berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap pengungkapan CSR. Koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,023 artinya bahwa 2,3% pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen yaitu : profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan, sedangkan sisanya sebesar 97,7% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords


CSR; Profitabilitas; Leverage; Ukuran Perusahaan

Full Text:

PDF

References


(n.d.). Retrieved from www.idx.co.id.

Anggraini, & Retno, F. R. (23-26 Agustus 2006). Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunan (Studi Empiris Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta). Simposium Nasional Akuntansi IX Padang .

Brighman, F., & Houston, J. (2006). Fundamentals of financials management. Jakarta : Salemba Empat: Buku satu. Edisi kesepuluh.

F., P. (2014). Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis. Universitas Dian Nuswantoro, Semarang .

Fahmi, I. (2011). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Ghozali. (2011). Applikasi Multivariate dengan Progam IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Ghozali, Imam, & Anis, d. C. (2007). Teori Akuntansi , Semarang Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

GRI. (2011). Sustainability Reporting Guildelines. Retrieved September 27, 2012, from www.globalreporting.org.

Hartono, J. (2010). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta : BPFE Yogyakarta.

Kasmir. (2013). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi Revisi, Cetakan 12. Jakarta: Rajawali Pres.

Kusumadilangga, R. (2010). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Kusumawati, A. (2013). Pengaruh Leverage dan Earning per Share terhadap Rentabilitas modal sendiri pada perusahaan farmasi. journal accounting .

Maulana, F. (2013). Penerapan Corporate Social Responsibility oleh perusahaan dapat diwujudkan dengan pengungkapan CSR yang dilaporkan dalam laporan tahunan perusahaan .

Munsaidah, S., Andini, & Supriyanto. (2016). Analisis pengaruh firm size,age,profitabilitas,leverage, dan growth perusahaan terhadap corporate socialresponsibility pada perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di BEI tahun 2010-2014. Journal of Accounting, 2.

Moeljadi, 2006. Manajemen Keuangan. Pendekatan Kuantitatif dan Kualitataif. Edisi pertama. Bayu Media Publishing, Malang.

Permatasari. (2014). Pengaruh Leverage, Tipe Industri, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Corporate Social Responsibility. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Rahmah, A. M., Cipta, W., & Yudiatmaja, F. (2016). Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, dan Aktivitas terhadap Profitabilitas pada perusahaan otomotif yang terdaftar di BEI periode 2012-2014. Journal Accounting .

Sari, R. A. (2011). Karakteristik perusahaan terhadap corporate social responsibility pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. jurnal akuntansi .

Sembiring, & Rimanda, E. (2005). Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Studi Empiris Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi VIII .

Sriayu, G. A. (2013). Pengaruh Karakteristik perusahaan terhadap corporate social responsibilitydisclosure pada perusahaan property dan real estate di BEI tahun . jurnal akuntansi .

Subiantoro, & Mildawati. (2015). Pengaruh karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan CSR. jurnal ekonomi dan bisnis .

Triseptya, & Ghaliyah, N. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi Penerimaan Opini Audit Going Concern (studi empiris pada Perusahaan Manufaktur dan Perdagangan, Jasa, dan Investasi) di Bursa Efek Indonesia 2009-2012.

Veronica, T. M. (2009). Pengaruh karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI tahun 2007-2008.

Wibisono, Y. (2007). Membedah Aplikasi dan Konsep Corporate Social Responsibility. Jakarta: Fascho Publising.

Wulandari, a. (2017). faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. seminar nasional IENACO, 2337-4349.


Article Metrics

Abstract views: 748 | PDF views: 444

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



AKTUAL ©  Jurnal of Accounting and Financial