Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pedagang Kuliner Pasca Dibukanya Jalan Tol di Wilayah Surakarta
(1) STIE AUB Surakarta
(2) STIE AUB Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) peran pengembangan kewirausahaan dalam meningkatkan kinerja usaha. Apakah modal, lama usaha, jumlah tenaga kerja, lokasi dapat mempengaruhi pendapatan pedagang Kuliner pasca dibukanya jalan tol di Wilayah Surakarta, 2) dari variabel diatas manakah yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap variabel pendapatan pedagang Kuliner pasca dibukanya jalan tol di Wilayah Surakarta
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah pedagang kuliner yang berada di dekat jalan tol Boyolali-Solo. Sampel penelitian ini sebanyak 70 responden dengan menggunakan sampel random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) modal memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan usaha 0,000, 2) Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi dapat dikatakan bahwa 92,3% kinerja usaha dapat dipengaruhi oleh variabel modal, lama usaha, jumlah tenaga kerja dan lokasi. Selanjutnya sisanya yaitu 7,2% dipengaruhi oleh faktor lain yaitu faktor sosio demografi, faktor sikap, dan faktor kontekstual.
Keywords
Full Text:
UntitledReferences
Baker, W. E., and Sinkula, J. M. 2009. “The Complementary Effects of Market Orientation and Entrepreneurial Orientation on Profitability in Small Business”. Journal of Small Business Management, 47 (4), 443-464.
Deshpande, R., Farley, J. U., Webster, F. E. 1993. “Corporate Culture, Customer Orientation, and Innovativeness in Japanese Firms: A quadrad Analysis”, Journal of marketing, 57: 23-37.
Ferdinand, Augusty. 2000. “Manajemen Pemasaran: Sebuah Pendekatan Strategy”. Research Paper Series. No.01 Program Magister Manajemen Universitas Diponegoro.
Ghobadian, A. and Gallear, D.N. 1996. “Total quality management in SMEs”, Omega International. Journal Management Sciences, 24(1): 83-106.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penelitian Universitas Diponegoro.
Gumirlang Wicaksono (2012), “Meningkatkan Kinerja UMKM Industri Kreatif Melalui Pengembangan Kewirausahaan Dan Orientasi Pasar: Kajian Pada Peran Serta Wirausaha Wanita Di Kabupaten Sleman, Propinsi DIY”, Jurnal Sosio Humaniora Vol. 3 No. 4.
Gupta, M. and Cawthon, G. 1996. “Managerial implications of flexible manufacturing for small/medium-sized enterprises”, Technovation, 16 (2): 77-83.
Hajipour, B., Bagheri, M., Ghanavati, M. 2010. “The Impact of Socio-Cultural Innovation and Brand Management on Financial Performance and Brand Performance of the Companies Listed in Tehran Stock Exchange”, Research Journal of International Studies, 15: 55- 68.
Hajipour, B., Bagheri, Mehdi, Ghanavati, M. 2011. “The Impact of Market Orientation and Organizational Culture on the Performance: Case Study of SMEs”, Journal of Contemporary Management, p: 83- 95.
I Gede Riana (2011), “Dampak Penerapan Kultur Lokal Tri Hita Karana terhadap Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar”, Jurnal Teknik Industri, Vol. 13, No. 1.
Kohli, A.K. and Jaworski, B.J. 1993. “Market Orientation: Antecedents and Consequences”. Journal of Marketing, 57 (3), 53-70.
Kohli, A. K., and Jaworski, B. J. 1990. “Market Orientation: The Construct, Research Propositions, and Managerial Implications”, Journal of Marketing, 54, 2: 1−18.
Kohli, A. K. and Jaworski, B. J. 1999. “Market orientation: Antecedents and consequences”, Journal of Marketing, 57(3): 53−70.
Koh, Hian Chye. 1997. “Testing Hypothesis of Entrepreneurial Characteristics: A Study of Hongkong MBA Students”. Journal of Managerial Psychology. p.1-11.
Kuncoro, Mudrajad. 2006. Strategi:Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Jakarta: Erlangga.
Kusyk, S. M. and Lozano, J. M. 2007. “Corporate Responsibility in Small and Medium-sized Enterprises SME Social Performance: a Four-cell Typology of Key Drivers and Barriers on Social Issues and Their Implications for Stakeholder Theory”, Corporate Governance, 7(4): 502-515.
Setiawan H (2013), “Pengaruh Orientasi Pasar, Budaya Organisasi dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha (Studi pada Usaha Kecil Pengolahan di Kota Palembang)”, Jurnal Manajemen dan Bisnis Politeknik Sriwijaya Vol.11 No. 3.
Wilson Bangun (2008), “Budaya Organisasi: Dampaknya Pada Peningkatan Daya Saing Perusahaan. Budaya perusahaan kuat akan dapat berpengaruh terhadap kinerja
Article Metrics
Abstract views: 160 | Untitled views: 133Refbacks
- There are currently no refbacks.
AKTUAL © Jurnal of Accounting and Financial |